Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasHonda Jazz Generasi Pertama: Mobil Anak Gaul yang Harganya Masih Bikin Penasaran

    Honda Jazz Generasi Pertama: Mobil Anak Gaul yang Harganya Masih Bikin Penasaran

    Siapa yang tak kenal Honda Jazz, mobil hatchback ini jadi salah satu mobil yang cukup laris di Indonesia. Memiliki desain kompak, Honda Jazz yang muncul pada di Jepang pada 2001 dan di Indonesia pada 2003 langsung menyedot perhatian.

    Menariknya, di awal kemunculan Honda Jazz, sedan tak berbuntut ini jadi salah satu mobil favorit kaum muda di masanya, menyaingi Toyota Starlet. Tak heran kalau Honda Jazz kerap jadi mobil yang sering diadu dalam ajang modifikasi maupun berlaga di arena balapan.

    Bukan hanya karena desain, performa Honda Jazz generasi pertama dianggap cukup mumpuni, berkat jeroan mesin injeksi 4 silinder SOHC berkapasitas 1.500 cc, i-DSI yang mampu menghasilkan daya hingga 85 Tenaga kuda (Tk) pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm.

    Honda Jazz juga memiliki mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang.

    Sedangkan untuk mesin VTEC  berkapasitas 1.5 liter mampu menyemburkan daya hingga 108 Tk pada 5.800 rpm dengan torsi 143 Nm pada 4.800 rpm. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi.

    Satu hal lagi yang paling lucu ketika Honda Jazz masuk Indonesia, yaitu lingkaran bulat yang merupakan sebuah titik (.) di huruf J pada tulisan ‘jazz’ di bagian belakang sering hilang, lantaran dianggap mengandung emas putih bahkan ada juga yang menyebut berlian.

    Nah, jika OLXer pernah bermimpi ingin punya mobil Honda Jazz seperti anak gaul dengan tahun produksi 2001-2007 atau generasi pertama nggak ada salahnya saat ini untuk mewujudkannya. Tentu saja cara mendapatkannya dengan status bekas.

    Kebetulan di situs OLX.co.id, terdapat Honda Jazz generasi pertama yang dijual mulai dari Rp 45 jutaan sampai Rp 110 jutaan.

    Apabila ada pertanyaan mengapa Honda Jazz generasi pertama tapi harganya bisa berbeda-beda meskipun tahun produksinya sama? Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang membuat harga mobil bekas bisa tinggi atau rendah, seperti kondisi mobil, hingga kelengkapan surat-surat.

    Akan tetapi, jika OLXer ingin membeli mobil bekas, pastikan dilakukan berbagai pengecekan dengan bantuan mekanik ahli dan juga lakukan test drive untuk merasakan performanya.

    Mau lihat detail Honda Jazz generasi pertama? Lihat di sini.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here