Jumat, September 30, 2022
More
    MobilHonda Nouva Mobil Jadul yang Kini Banyak Diburu

    Honda Nouva Mobil Jadul yang Kini Banyak Diburu

    Honda Nouva merupakan mobil yang saat ini banyak diburu para pecinta otomotif. Padahal, Honda Nouva sendiri merupakan bagian dari keluarga Honda Civic generasi keempat yang hadir pada tahun 1987-1981.

    Di Indonesia, Honda Nouva memang cukup digandrungi apalagi mereka yang ingin bernostalgia ke masa lalu. Belum lagi, mereka yang dahulu hanya sekadar melihat di jalana, dan saat ini baru kesampaian, serta terkumpul dananya.

    Bagi kalangan anak muda kelahiran 90’an atau 2000’an, Honda Nouvo yang memiliki bentuk hatchback dan tiga pintu ala mobil coupe, cocok untuk dimodifikasi bergaya mobil sport maupun sekadar mobil harian.

    Di masanya, Honda Nouva cukup bersaing dengan beberapa kompetitor,  seperti Suzuki Forsa, Daihatsu Charade, Toyota Starlet, hingga Mazda Trendy/MR90. Mobil ini disebut sebagai suksesor dari Honda Civic Wonder atau dikenal dengan sebutan Civic Setrika.

    Di platform jual beli mobil bekas OLX, ada sejumlah Honda Nouva. Benar saja, mobil ini harganya gelap. Meski ada tahun produksinya sama bahkan ada yang lebih tua dan lebih muda, namun harganya bisa beda jauh.

    Bahkan ada Honda Nouva lansiran 1990, harga jualnya saat ini tembus di angka Rp 199 juta. Namun ada juga yang tahun produksinya sama harganya lebih murah sekitar Rp 85 jutaan.

    Adapun untuk harga Honda Nouvo termurah saat ini dijual dengan harga Rp 55 juta. Itupun tahun produksi mobilnya tahun 1989. Di tahun yang sama, ada juga Honda Nouva dijual Rp 85 jutaan.

    Spesifikasi Honda Nouva

    Honda Nouva

    Seperti disebutkan di atas, Honda Nouva ini memiliki bentuk yang menarik, dimana desain seperti mobil hatchback dengan tiga pintu ala mobil coupe.

    Oia, sejatinya Honda Civic generasi keempat ini hadir dalam empat pilihan mesin, yaitu 1,3 liter SOHC, Dual karburator 1,5 liter SOHC, 1.6L injeksi PGM-Fi SOHC dan 1,6 liter PGM-Fi DOHC.

    Akan tetapi, untuk pasar Indonesia pilihan mesinnya dijejali mesin berkode D15B2, 4 silinder, SOHC, 16 katup, berkapasitas 1.5 liter, yang menyemburkan daya 92 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 119 Nm pada 4.500 rpm.

    Honda Nouva memiliki Bore x Stroke yaitu 75 mm dan 84,5 mm. serta Rasio kompresinya adalah 9,2:1.

    Untuk memberikan rasa nyaman ketika berkendara, Honda Nouva ini sudah menggunakan suspensi depan double wishbone, dan suspensi belakang multilink.

    Hal wajib jika membeli mobil lawas 

    Jika menyukai mobil lawas seperti Honda Nouva, setidaknya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, khususnya dalam cara melakukan perawatan setelah membelinya.

    Mau tahu caranya berikut ulasannya:

    Pertama, rajin melakukan perawatan, terlebih bagian jeroan mesin. Saat membeli, OLXer langsung lakukan tune up atau servis bengkel terpercaya dan memang sanggup menanganinya

    Kedua, ganti oli dan filter oli rutin. Apabila mobil pada umumnya dilakukan penggantian oli setiap 10.000 km, maka untuk mobil lawas bisa lebih cepat. Penggantian filter untuk mencegah bagian mesin tersumbat kotoran.

    Ketiga, lakukan pengecekan pada komponen berbahan karet, kabel, ring, dan karet penyangga serta bushing. Komponen dengan berbahan karet mempunyai batas pakai, apalagi sudah lebih dari 10 tahun. Jika tidak diganti karet akan getas dan retak.

    Keempat, perhatikan kaki-kaki. Mobil dengan usia lebih di atas 10 tahun wajib melakukan pengecekan rutin bahkan penggantian pada bagian bawah mobil, mulai dari gardan, suspense, pelek, ban, sistem pengereman, Bearing atau laher, serta tie rod dan ball joint.

    Kelima, periksa bagian kelistrikan. Bukan tak mungkin mobil jadul  mengalami masalah mulai dari aki soak, kabel-kabel terkelupas, hingga aliran  pada bagian lampu-lampu.

    Keenam, cek pada bagian sistem pendingin mesin seperti radiator, thermostat, water pump hingga timing belt. Pastikan mesin tidak akan overheat saat digunakan. Pasalnya, mobil overheat akan membuat mobil mogok, bahkan bukan tak mungkin penyebab kebakaran.

    Ketujuh, lakukan Spooring dan Balancing pada semua roda. Pada dasarnya setiap mobil termasuk mobil lawas pasti pernah mengalami sulitnya lingkar kemudi dikendalikan atau menjadi bergetar dan terasa berubah jalur dengan sendirinya.

    Kedelapan, rajin dibersihkan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel. Bisa juga melakukan poles atau waxing mobil agar tetap terlihat kinclong.

    Kesembilan, simpan mobil di tempat tertutup dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung, agar terhindari dari penyebab cat body kusam.

    OLXers yang mau mencari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here