Jumat, Desember 9, 2022
More
    BeritaMesinnya Sama, Pilih Mana, Honda ADV 160 atau Honda PCX 160?

    Mesinnya Sama, Pilih Mana, Honda ADV 160 atau Honda PCX 160?

    Honda PCX 160 dan Honda ADV 160 juga telah dibekali dengan speedometer digital. Beberapa fitur kekinian Honda juga sudah disematkan pada kedua skutik ini.

    JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) merilis Honda ADV 160 sebagai skutik dengan style advanture menggantikan posisi ADV 150 yang kapasitas mesinnya sedikit lebih kecil. 

    Secara spesifikasi Honda ADV 160 memang lebih mumpuni dan dari soal harga tidak terpaut jauh. 

    Honda ADV terbaru mengalami beberapa perubahan dan improvement, di antaranya speedometer berdesain baru, jok yang lebih rendah, pengecasan USB di konsol depan, serta Honda Selectable Torque Control (HSTC).

    Namun perubahan paling utama terletak pada bagian mesinnya. Honda mengganti mesin model lama dengan jantung pacu cc 4 valve esp+ dengan output tenaga 11.8 kw dengan torsi 14.7 Nm.

    Dan nyatanya mesin ini juga adalah mesin yang sama menempel di Honda PCX. Lalu adakah Komparasi PCX CBS dan ADV?

    New Honda ADV basisnya adalah dari All New Honda PCX, rangka yang digunakan sama, cuma beda dudukan body saja, begitu juga dengan mesin. Sama persis 157 cc esp yang punya tenaga maksimal 15,8 dk dan torsi 14,7 Nm.

    Perbedaannya tentu dari desain bodi, karena keduanya beda genre. Selain itu, di bagian kaki-kaki yaitu suspensi, pelek dan ban keduanya ternyata berbeda signifikan.

    PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki platform mesin baru untuk kelas matic. Yaitu mesin cc esp+, SOHC 4 katup, dan pendingin cairan. Mesin ini pertama kali digunakan pada Honda PCX .

    Kemudian berlanjut pada Honda Vario , dan akhirnya sampai ke Honda ADV . Beberapa ciri dari mesin ini adalah konfigurasinya bore dan stroke yang berubah total.

    Kini bisa dikatakan overbore, karena menggunakan diameter piston 60 mm dan stroke 55,5 mm. Yang paling khas adalah penggunaan engine mounting tipe gantung, bukan lagi di rangka sisi bawah, ini membuat rangka Honda ADV sedikit berubah.

    Kemudian ada penggunaan hydraulic cam chain tensioner, menggantikan tensioner mekanikal di generasi sebelumnya. Klaimnya bisa membuat suara mesin lebih halus, minim friksi, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

    Fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) hadir di Honda PCX dan turut disematkan pada Honda ADV. Dengan begitu kedua matic ini bisa tetap mendapatkan traksi meski berada di jalur licin.

    Identik Mesin Honda PCX

    Saat peluncuran Honda ADV, dalam presentasinya dijelaskan kalau mesin yang digunakan mirip dengan yang dipakai Honda PCX . Tidak hanya mesin, tapi rangkanya juga punya desain yang mirip dengan produk tersebut.

    Basic mesin sampai komponen di CVT seperti roller dan pulley sama dengan Honda PCX , rasio juga sama. Hanya ada beda sedikit di engine mapping saja, karena kedua motor ini karakternya berbeda.

    Itu berarti Honda ADV juga menggunakan bobot roller yang sama dengan Honda , yaitu roller dengan berat 19 gram. Walau mesin yang digunakan cukup identik, ternyata ada sedikit perbedaan pada kedua mesin ini. Baca informasi lainnya tentang motor ini di nambomotor.com.

    Perbedaan Kecil Honda PCX 160 dan Honda ADV 160

    Setelah ditelisik, ternyata ada perbedaan kecil antara mesin Honda PCX dengan Honda ADV. Tepatnya ada pada secondary drive shaft atau biasa disebut as pulley belakang.

    Perbedaan as ini ada pada diameter yang digunakan, di mana diameter as pulley belakang Honda ADV lebih kecil dibanding Honda PCX . Lebih kecilnya as pulley belakang ini ternyata pengaruh pada sektor performa.

    Dari depan nampak jelas Honda ADV lebih jangkung, dengan as shock depan yeng kentara panjang ditambah ban dual purpose yang lebih lebar. Ditambah velg depan yang lebih lebar dari honda PCX, namun body atas headlamp memang lebih nampak lebar honda PCX karena honda ADV macam robot yang langsing. Jelas stangnya tegak honda adv daripada honda pcx.

    Urusan tampak belakang juga honda ADV nampak lebih gambot saja, maklum ban lebih lebar, cuma memang nungging karena memang tinggi ADV juga stoplamp lednya tidak selebar honda PCX, ingat, ADV kan tinggi langsing. Perihal jok, nampaknya 11-12 antara honda PCX dan Honda ADV, seingat kami desain bagasi jok juga 11-12 mirip.

    Lalu perbedaan berikutnya adalah mapping ECM atau electronic control module, otak yang mengatur jumlah semprotan bahan bakar. Terakhir adalah seting pada continuously variable transmission atau transmisi CVT-nya, ternyata milik ADV ini memang banyak bedanya jika dibanding PCX.

    Secara dimensi serta mesin, ADV dibangun dari basis yang serupa pendahulunya, Honda PCX, Tapi gaya jauh berbeda. Beralih ke PCX, mungkin Anda sudah familiar dengan skutik gambot Honda ini.

    Seperti menjadi menu wajib pada skutik modern, Honda PCX pun juga telah dibekali dengan speedometer digital. Beberapa fitur kekinian Honda juga sudah disematkan pada kedua skutik ini.

    Namun pada bagian windshield ADV memiliki keunggulan karena bisa dinaikturunkan secara manual. Sementara itu, Honda PCX memiliki roda dengan lingkar 14 inci, baik depan maupun belakang. Tetap menggunakan racikan enhanced Smart Power (esp) dengan komposisi ruang bakar serta kompresi berbeda.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here