Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriHonda Resmi Jual Mobil Listrik, Harganya Hampir Setengah Miliar

    Honda Resmi Jual Mobil Listrik, Harganya Hampir Setengah Miliar

    Setelah hanya sekadar pamer diri, pabrikan mobil asal Jepang, Honda, akhirnya resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya yaitu Honda e.  Peluncuran Honda e yang siap diproduksi secara masal ini dilakukan di pameran otomotif Frankfurt Motor Show, Jerman.

    Ya, mobil listrik memang tengah menjadi perbincangan hangat. Sejumlah produsen otomotif kini berlomba mengembangkan kendaraan bermotor listrik.

    Hal ini pula dilakukan Honda dengan meluncurkan Honda e. Meski berpenampilan retro ini dianggap sengaja hadir dengan teknologi tinggi untuk memenuhi gaya hidup modern khususnya di perkotaan.

    Gaya retro ini juga terlihat pada sektor eksterior, di mana spion sudah menerapkan Side Camera Mirror System, di mana ada kamera berukuran kecil terhubung langsung dengan layar berukuran 6 inci di dalam dashboard. 

    Hal unik lainnya dari Honda e yatu gagang pintu berbentuk pop-out. Nah, untuk gagang pintu ini rupanya akan menjadi tren. Hal ini juga dilakukan mobil listrik Tesla. 

    Sementara itu, pada bagian interior, setidaknya terdapat lima buah layar terpampang di dashboard, dimana salah satunya adalah layar sentuh LCD selebar 12,3 inci yang terhubung dengan sistem infotainment, serta dilengkapi kabin bernuansa modern dengan material diklaim berkualitas.

    Honda listrik Honda e kabin - engadget.jpg
    Kabin mobil listrik Honda e kabin – engadget.jpg

    Kecanggihan dari Honda e ini berkat Honda Personal Assistant, dimana mesin mobil dapat diaktifkan dengan mengatakan, “OK Honda” diikuti dengan sebuah pertanyaan atau instruksi. 

    Menariknya lagi, seiring waktu, Honda Personal Assistant juga dapat semakin mengenali suara dari setiap individu untuk memberikan respon yang lebih akurat. 

    Tidak hanya itu, para pemilik Honda e juga dapat selalu terhubung dengan mobilnya melalui aplikasi smartphone My Honda+. Diluncurkan sejak 2017, aplikasi tersebut telah mendapatkan berbagai pembaruan untuk menyediakan fungsi yang lebih banyak, meliputi laporan kondisi kendaraan, remot untuk mengatur fitur climate control, serta memonitor lokasi kendaraan. 

    Akses terhadap aplikasi maupun layanan online di layar dashboard juga dapat dilakukan dengan komando suara melalui teknologi Honda Personal Assistant, sebuah kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) yang dapat melakukan percakapan secara natural dengan pengendara dan penumpang untuk akses yang lebih mudah. 

    Tambahan fungsi yang dikhususkan untuk kendaraan listrik juga telah ditambahkan, meliputi kontrol pengisian daya dan monitor terhadap sisa energi yang tersedia, serta dapat membantu mencari stasiun pengisian daya terdekat.

    Honda listrik Honda e kabin
    Mobil listrik Honda e 

    Untuk meningkatkan keamanan, Honda e juga dapat diakses menggunakan kunci digital untuk mengunci dan membuka kunci kendaraan melalui aplikasi di smartphone.

    Sedangkan untuk jantung pacu, Honda e sudah dilengkapi motor penggerak listrik yang menghasilkan dua besaran tenaga. Hal ini karena Honda e memang ada dua varian yang masing-masing memiliki daya 134 Tk dan 151 Tk, serta torsi maksimal 315 Nm. 

    Untuk mengisi daya baterai berkapasitas 35,5 kWh hingga mencapai 80 persen, maka cukup membutuhkan waktu 30 menit saja. Jika sudah terisi penuh, Honda e dianggap mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu delapan menit dan melesat hingga jarak maksimal sebesar 220 km.

    Menyoal harga, Honda e dilepas dengan banderol US$ 32.000 atau sekitar Rp 446 juta untuk versi termudah dan sekitar US$ 35.500 atau sekitar Rp 495 juta. 

    Nah, menurut OLXer jika masuk Indonesia berapa ya harganya? (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait