Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MotorHonda Scoopy 2021, Cek Detail Spesifikasi dan Harganya

    Honda Scoopy 2021, Cek Detail Spesifikasi dan Harganya

    Honda Scoopy 2021, skuter matik yang satu ini memang memiliki desain unik, karena bentuknya retro seperti motor-motor lawas. Meski begitu, Honda Scoopy telah banyak dibenamkan berbagai teknologi dan fitur modern. 

    Maka dari itu, saat ini Honda Scoopy jadi andalan PT Astra Honda Motor (AHM), karena motor tersebut jadi salah satu motor yang cukup laris di pasar sepeda motor di Tanah Air bahkan disukai anak muda.

    Honda Scoopy dari Generasi ke Generasi

    Honda Scoopy sendiri saat ini sudah memasuki generasi keempat. Ya, awal kemunculanya skuter matik ini di Indonesia dimulai pada 20 Mei 2010, dimana skuter matik ini diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen pemegang merek motor Honda di Tanah Air yang dipasarkan tahun 2010-2013.

    Oia, sebelum meluncur di Tanah Air, Honda Scoopy lebih dulu dikenal di Thailand, dimana kala itu di negeri Gajah Putih banyak memiliki kendaraan bermotor dengan tampilan unik tidak seperti skutik-skutik yang pernah ada di Indonesia.

    Sejak pertama kali Honda Scoopy diluncurkan, skuter matik ini mengusung mesin berkapasitas 110cc berpendingin udara dan masih mengandalkan pengabutan bahan bakar karburator yang mengusung mesin 8,28 Ps pada 8.000 rpm dan torsi 8,32 Nm pada 5.500 rpm.

    Selang tiga tahun atau tepat pada 6 Februari 2013, Honda Scoopy generasi kedua yang lebih modern, karena selain dengan tampilan baru, sistem pengapian menggunakan karburator diganti menjadi sistem injeksi yang mereka sebut Honda PGM-FI. 

    Tidak sampai disitu, kala itu Honda Scoopy ju dilengkapi dengan tempat penyimpanan helm half face dan sistem pengereman menggunakan Combi Brake System (CBS). Untuk jantung pacunya masih sama, namun tenaganya sedikit ditingkatkan menjadi 8,52 Ps dan torsi 8,68 Nm. 

    Nah, pada 2015, Honda Scoopy kembali dengan wajah baru dimana selain sistem injeksi Honda PGM-FI sebagai teknologi unggulan dalam hal mesin, motor ini memiliki tambahan fitur baru berupa Enhanced Smart Power (ESP) dan Idling Stop System (ISS).

    Pada 29 Maret 2017, Honda Scoopy generasi ketiga akhirnya meluncur selain adanya ESP dan ISS, bagian lampu utama sudah menggunakan LED. Selang dua tahun kemudian atau 20 Februari 2019, Honda Scoopy kembali melakukan penyegaran pada striping dan grafis baru. 

    Selain itu, Honda Scoopy juga tetap mempertahankan penggunaan velg 12 inci dan fitur unggulan yang memuaskan pengendara motor zaman serba digital saat ini, salah satunya adalah power charger untuk mengecas hp saat berkendara. 

    Nah, pada 2019, Honda Scoopy memiliki soket listrik yang biasa digunakan untuk melakukan isi ulang telepon genggam pintar dan ngecas hp saat berkendara, sehingga jadi kekinian. 

    Masuk tahun 2020, Honda Scoopy generasi keempat hadir dengan fitur lebih lengkap. Ya, selain fitur ESP dan ISS, serta lampu penerangan utama LED atau tipe rangka menggunakan Enhance Smart Architecture Frame (ESAF) untuk varian Stylish dan Prestige tipe Smart Key menggunakan Kunci Smart Key System, Answer Back System dan Anti Theft Alarm tidak memakai starter kaki.

    Honda Scoopy yang memiliki berat kosong 95 kg untuk varian Sporty dan Fashion tipe CBS menggunakan Kunci Kontak Bermagnet Otomatis memakai starter kaki, berat kosong 94 kg.

    Jenis-Jenis Honda Scoopy

    Honda Scoopy
    Honda Scoopy. 

    Honda Scoopy 2021 kini pada dasarnya hadir dengan empat varian yang sekilas sama, namun berbeda, yaitu terdiri dari tipe Fashion, Sporty, Prestige dan Stylish. 

    Keempat varian ini disebut-sebut sesuai dengan target pengguna Honda Scoopy yang mencintai motor skuter matik dan fashionable. 

    Dari empat varian Honda Scoopy 2021, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat mencolok memang cukup terlihat dari desain dan warnanya.

    Untuk tipe fashion hadir dengan Fashion Blue dan Fashion Cream, dimana warna cream terlihat jadi warna dasar, sehingga terlihat lebih kalem.

    Sedangkan untuk tipe Sporty setidaknya ada dua pilihan warna yaitu Sporty Red dan Sporty Black. Warna hitam menjadi warna dasar untuk tipe ini termasuk jok dan velg.

    Sementara itu, untuk model Stylish dan Prestige, yang merupakan varian teranyar bagi para pengendara yang menyukai kesan unik dan berkelas, ternyata dibuat canggih, salah satunya berkat kehadiran Smart Key system sekaligus tak perlu menggunakan anak kunci untuk menyalakan mesinnya.

    Untuk varian Stylish memiliki pilihan warna Stylish Brown dan Stylish Red, dimana masing-masing warna ini hadir garis berwarna silver di bagian. Belum lagi bagian jok menggunakan warna coklat tua dan velg silver. 

    Sedangkan untuk tipe Prestige, hadir dengan pilihan warna Prestige White dan Prestige Black. Sejatinya kedua warna ini hanya ada pilihan hitam dan putih yang masing-masing dikombinasikan kelir cokelat tua pada jok dan lantai dek, serta penggunaan warna emas pada velg. 

    Detail Honda Scoopy 2021

    Seperti disebutkan di atas, Honda Scoopy 2021 ini sebenarnya merupakan generasi keempat yang diluncurkan pada tahun 2020. Dimana yang paling mencolok ubahannya terdapat pada mesin 110cc eSP (enhanced Smart Power) dan penggunaan  rangka baru eSAF. Teknologi frame baru Honda yang membuat skutik ini lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai. 

    Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari tiga detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

    Model ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2 liter dan mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar mencapai 59 km per liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

    Beragam fitur pada Honda Scoopy 2021 berupa penyematan lampu depan dan belakang dengan desain berbentuk oval yang dikombinasi sistem pencahayaan LED projector.

    Selain itu, adanya Smart Key System untuk tipe Stylish dan Prestige terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm sehingga semakin menunjang keamanan serta kemudahan.

    Belum lagi adanya USB Charger yang disematkan pada console box dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk pengisian baterai ponsel secara lebih praktis tanpa perlu menggunakan tambahan adapter. 

    Oia, panel meter digital juga sudah hadir pada layar LCD yang lebih besar dan mampu menyajikan informasi lebih beragam termasuk penunjuk waktu digital, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, tripmeter, indikator Smart Key dan penggunaan baterai (khusus untuk tipe Smart Key), serta mempertahankan indikator ECO sebagai panduan berkendara efisien. 

    Fitur lainya pada Honda Scoopy yaitu Multi Function Hook yang bermanfaat untuk menggantungkan barang bawaan secara praktis dengan desain dapat ditutup apabila tidak digunakan.

    Fitur unggulan lain pada Honda Scoopy yaitu desain pijakan kaki untuk pembonceng yang terintegrasi dengan bodi, memudahkan pengendara membonceng dengan tetap nyaman dan stylish. 

    Model baru ini juga mengaplikasikan velg dual 5 spokes, berukuran 12 inch dan ban tubeless untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara. 

    Kapasitas bagasi sebesar 15,4 liter dapat menyimpan helm , serta standar samping otomatis (Side Stand Switch), dan tuas pengunci Brake Lock yang mudah dioperasikan saat berhenti di tanjakan.

    Spesifikasi Honda Scoopy

    Dimensi

    – Panjang X Lebar X Tinggi : 1.864 x 683 x 1.075 mm

    – Tinggi Tempat Duduk : 746 mm

    – Jarak Sumbu Roda : 1.251 mm

    – Jarak Terendah Ke Tanah : 145 mm

    – Curb Weight : 95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey)

    Mesin

    – Tipe Mesin : 4 – Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP

    – Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

    – Diameter X Langkah : 47 x 63,1 mm

    – Tipe Transmisi : Otomatis, V-Matic

    – Rasio Kompresi : 10 : 1

    – Daya Maksimum : 6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm

    – Torsi Maksimum : 9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm

    – Tipe Starter : Elektrik & kick Starter / Elektrik (Tipe Smart Key)

    – Tipe Kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering

    Rangka dan Kaki-Kaki

    – Tipe Rangka : Underbone – eSAF (enhance Smart Architecture Frame)

    – Tipe Suspensi Depan : Teleskopik

    – Tipe Suspensi Belakang : Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal

    – Ukuran Ban Depan : 100/90 – 12 59J (Tubeless)

    – Ukuran Ban Belakang : 110/90 – 12 64J (Tubeless)

    – Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal

    – Rem Belakang : Tromol

    – Sistem Pengereman : Combi Brake System

    Kapasitas 

    – Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 4,2 L

    – Kapasitas Minyak Pelumas : 0,65 Liter (Penggantian Periodik)

    Kelistrikan

    – Tipe Baterai Atau Aki MF 12V-5Ah

    – Sistem Pengapian Full Transistorized

    – Tipe Busi NGK MR9C-9N

    Harga Honda Scoopy

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Honda Scoopy 2021 ini memiliki empat varian berbeda, yang ternyata selain membedakan warna dan desain, juga range harganya tak sama.

    Nah, berikut ini daftar harga Honda Scoopy yang dilansir situs resmi Honda Astra Motor per Oktober 2021.

    – Scoopy Fashion Rp 20,325 juta

    – Scoopy Sporty Rp 20,325 juta

    – Scoopy Prestige Rp 21,125 juta

    – Scoopy Stylish Rp 21,125 juta.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here