Jumat, Desember 9, 2022
More
    MotorHarga Honda Scoopy 2022 dan Spesifikasi Lengkapnya!

    Harga Honda Scoopy 2022 dan Spesifikasi Lengkapnya!

    Scoopy sebagai skuter matic andalan Honda dirilis versi terbarunya di tahun 2022. Spesifikasi Honda Scoopy dilengkapi dengan banyak pembaharuan untuk memanjakan pengguna dan semakin bersaing di kelasnya.

    Honda Scoopy memang populer dengan keunikannya. Selain cukup efisien dalam penggunaan bahan bakar, desain dari motor ini tampak kekinian dengan desain retro modern dengan lekukan yang membulat.

    Untuk itu, News OLX merangkum spesifikasi lengkap Honda Scoopy, harga, dan kelebihan serta kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan anda untuk memboyong motor ini!

    Harga Honda Scoopy 2022

    Lalu, berapa harga Honda Scoopy keluaran terbaru? Untuk unit baru, Honda merilis harga lengkap Honda Scoopy 2022 dengan beberapa pilihan harga berdasarkan 4 tipe. Harga Scoopy 2022 sebagai berikut:

    ModelHarga (OTR DKI Jakarta)
    Honda Scoopy FashionRp. 21,353,000
    Honda Scoopy SportyRp. 21,353,000
    Honda Scoopy PrestigeRp. 22,115,000
    Honda Scoopy StylishRp. 22,115,000

    Dengan upgrade di beberapa spesifikasi dan fitur, tentu saja harga Scoopy  model terbaru lebih mahal harganya. Harga Scoopy 2017, atau generasi terakhir sebelum meluncurnya generasi ke 5 ini, dipatok di kisaran Rp 20.349.000 OTR DKI Jakarta.

    Scoopy terbaru 2022 warna apa saja? Untuk generasi terbaru ini, Scoopy hadir dengan beberapa opsi pilihan warna dan tipe berdasarkan kelengkapan fitur. Pilihannya yakni tipe fashion dengan warna hitam dan biru. Kemudian tipe sporty dengan warna merah dan hitam.

    Untuk selanjutnya tipe prestige dan stylish yang perbedaannya ada pada fitur smart key dan lebih mahal sekitar Rp 800 ribu. Warna putih dan hitam untuk prestige, kemudian warna coklat dan merah untuk tipe stylish.

    Baca juga: Tampilan Honda Vario 125 Baru Sekarang Lebih Berkelas

    Spesifikasi Mesin Honda Scoopy 2022

    Untuk mesin Honda Scoopy 2022, disematkan penggerak dengan spesifikasi kapasitas silinder 109,5 cc. Mesin bertipe 4 – Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP ini mampu menyemburkan tenaga 6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm dan torsi puncak di 9,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.

    Dari segi transmisi, motor ini mengadopsi teknologi V-Matic. Jenis Transmisi V-Matic adalah transmisi belt-converter dengan operasi tiga tahap yang canggih memberikan perpindahan gigi yang mulus di berbagai kecepatan.

    Dari segi penggunaan bahan bakar, Honda Scoopy cukup irit dengan pembaharuan rasio kompresi mesin yang menyebabkan performanya semakin baik namun juga semakin irit. Penggunaan bahan bakar Scoopy 2022 di klaim Honda mampu berjalan sejauh 59 km / liter.

    Spesifikasi Honda Scoopy 2022
    Tipe Mesin4 – Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP
    Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
    Diameter X Langkah47 x 63,1 mm
    Tipe TranmisiOtomatis, V-Matic
    Rasio Kompresi10 : 1
    Daya Maksimum6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm
    Torsi Maksimum9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm
    Tipe StarterElektrik & kick Starter / Elektrik (Tipe Smart Key)
    Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Yamaha Fazzio 2022

    Eksterior Honda Scoopy 2022

    Berbicara tentang spesifikasi, Honda Scoopy diusung dengan desain eksterior yang cukup menarik. Pendekatan klasik diterapkan dengan kembali memisahkan headlamp dengan lampu sein. 

    Berikut spesifikasi lengkap dari bodi Honda Scoopy 2022

    Ukuran dan Dimensi Scoopy 2022

    Secara teknis, berikut ringkasan ukuran dimensi dari Honda Scoopy 2022

    Spesifikasi Honda Scoopy 2022
    Panjang X Lebar X Tinggi1.864 x 683 x 1.075 mm
    Tinggi Tempat Duduk746 mm
    Jarak Sumbu Roda1.251 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah145 mm
    Curb Weight95 kg dan 94 kg (tipe SmartKey)
    Panjang X Lebar X Tinggi1.864 x 683 x 1.075 mm
    Tinggi Tempat Duduk746 mm

    Desain Bodi

    Hal yang mencolok dari pembaruan Scoopy terbaru, adalah desain dan garis bodi S-shape. Lekukan motor ini terlihat modern seperti terlihat pada lampu depan berbentuk oval yang mengandalkan LED dengan lensa proyektor. 

    Dibagian pinggir headlamp juga dilengkapi LED DRL berbentuk lingkaran. Di samping kanan dan kiri, juga dilengkapi dengan lampu sein dengan desain yang melingkar.

    Bodi S-Shape ini bisa diperhatikan dari lekukan samping, mulai dari bodi depan, bawah hingga belakang dengan lengkungan huruf S.  Untuk menambah kesan modern, juga dilengkapi dengan striping yang sesuai karakter dari setiap tipenya.

    Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Inden Motor Honda Jadi Lama

    Bodi eksterior Honda Scoopy 2022

    Fitur Honda Scoopy 2022

    Berbicara mengenai spesifikasi motor, tentunya tidak bisa lepas dari fitur-fiturnya. Dengan teknologi yang semakin modern, sepeda motor kini tak cukup hanya irit dan bertenaga. 

    Honda Scoopy kini disematkan dengan berbagai macam fitur baru untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan dari pengemudi. Berikut detail fitur Honda Scoopy 2022:
     

    1. Smart Key

    Sebagai motor dengan kelas low-end, menyematkan fitur ini bisa dikatakan sangat menjadi kelebihan bagi Scoopy 2022. Fitur smart key umumnya hanya ada pada motor dengan kelas menengah hingga high-end. 

    Fitur ini hanya terdapat pada 2 varian Scoopy yakni tipe Scoopy Prestige dan Scoopy Stylish. Pengguna motor bisa lebih mudah untuk menyalakan atau mematikan mesin tanpa harus menancapkan kunci fisik. 

    2. Answer Back System

    Tak berhenti hanya di fungsi menyalakan dan mematikan motor, Smart key ini juga berfungsi untuk menemukan motor jika diparkir di keramaian. 

    Dengan fitur Answer back system, dengan sekali tekan tombol, motor akan menyala lampunya dan bisa Anda temukan dengan mudah. Fitur ini bekerja dengan radius maksimal jarak remot dengan motor sejauh 20 meter.

    3. USB Port

    Salah satu fitur unggulan lainnya, yakni disematkan port socket charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya. 

    Ditujukan untuk pengguna dengan mobilitas tinggi dan tetap terhubung, Motor ini menjawab kebutuhan tersebut sehingga pengemudi tidak perlu takut kehabisan baterai diperjalanan.

    Port ini support untuk pengecasan dengan daya 5V 2.1 A. Untuk itu, socket ini hanya ditujukan untuk pengisian smartphone atau HP.

    4. Digital Panel Meter

    Dari segi fitur panelnya, Scoopy tampak klasik sekaligus modern, dengan menggabungkan panel digital dan analog dalam sebuah panel yang mungil di tengah-tengah stang motor.

    Berbagai macam indikator disematkan. Misalnya speedometer analog, odometer, dan juga indikator bahan bakar digital, indikator mesin, ISS, dan lampu jauh dan jumlah jarak tempuh motor.

    5. Bagasi Luas

    Untuk fitur selanjutnya, Scoopy juga mendengar masukan pengguna pada komplain ukuran bagasi yang kecil. Bagasi di Scoopy keluaran baru semakin lega dengan bentuk U-Shape.

    Bagasi ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang harus dibawa saat perjalanan, atau mungkin menyimpan elektronik kecil anda saat hujan. Kapasitasnya sebesar 15.4 Liter.  

    6. Alarm Anti Pencurian

    Fitur yang bisa di highlight berikutnya ialah anti-theft alarm yang bisa di set untuk menghindari pencurian. Paket ini sudah tergabung bersamaan dengan smart key system yang disematkan pada 2 tipe teratas dari Scoopy 2022.

    Mesin Honda Scoopy 2022

    Kelebihan Honda Scoopy 2022

    Jika ingin membanding-bandingkan motor ini dengan kompetitornya di brand lain seperti Yamaha Fazzio, berikut kelebihan Scoopy 2022:

    1. Pilihan Warna Bervariasi

    Jika ingin pilihan yang lengkap dari warna pada sebuah motor, Scoopy menyediakan banyak pilihan variatif untuk dipilih.

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Honda Scoopy menyediakan berbagai warna, yakni warna elegan seperti hitam, putih, dan coklat. Sementara untuk warna cerah tersedia putih, merah, dan biru. 

    2. Irit BBM

    Dengan harga BBM yang kini semakin naik, alternatif mencari motor yang lebih irit kini mulai di pandang. Honda Scoopy bisa menjadi kandidat terkuat untuk motor skuter irit yang bisa Anda pilih.

    Dari klaim Honda, konsumsi bahan bakar motor ini sebesar 59 km/liter. Unggul tipis dari kompetitornya di brand lain. Hal ini didukung karena sistem PGM FI atau full injection yang bisa mengontrol penggunaan bahan bakar dengan lebih efisien.

    Selain itu, fitur idling stop juga sangat membantu penggunaan harian misalkan di perkotaan, dimana kondisi motor sering berhenti. ISS bisa meminimalisir putaran mesin dengan mematikan motor saat tidak berjalan.

    3. Power Charger

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, motor ini dilengkapi dengan power charger sehingga pengemudi tidak perlu takut kehabisan baterai gadget di tengah perjalanan. Sangat efisien pada keseharian dimana bisa ngecas sambil melaju di perjalanan.

    4. Lampu Depan LED

    Dari segi penerangan, Honda Scoopy 2022 menyematkan fitur yang premium dengan lampu depan LED. Disamping itu, dilengkapi pula dengan DRL yang semakin menambah nilai positif pada penampilan motor dan sebagai penunjang faktor keamanan.

     Baca juga: 7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak Menyesal

    Kekurangan Honda Scoopy 2022 

    1. Kapasitas Bagasi Lebih Kecil

    Walau fitur bagasi perlahan semakin luas di setiap generasinya, nyatanya hal ini tidak lebih baik dari kompetitor misalnya Yamaha Fazzio. Untuk bagasi Scoopy mampu menampung barang hingga 15.4 L. Sementara itu, di Fazzio kapasitasnya mencapai 17.8 L

    2. Tangki Bahan Bakar

    Selain faktor bagasi, faktor kapasitas tangki bahan bakar juga tidak sebesar dari kompetitor terdekatnya. Scoopy hanya menampung hingga 4.2 liter BBM. Sementara kompetitornya seperti Fazzio bisa hingga 5.1 liter. 

    Untuk jangka panjang, bila Anda benci untuk mengantri di SPBU, hal ini bisa menjadi kekurangan. Disamping dari segi efisiensi Scoopy 2022 tidak benar-benar unggul.

    3. Performa Mesin Tidak Lebih Baik

     Walaupun tidak menjadi prioritas dari sebuah skuter matic, namun performa mesin yang gahar merupakan faktor yang “nice to have” pada sebuah motor. Tenaga Scoopy 2022 bila dibandingkan dengan kompetitor dibawahnya misal Yamaha Fino, masih kalah.

    Fino bisa mencapai 9,3 dk sementara Scoopy di kisaran 8,8 dk. Dari segi torsi, juga tidak sebaik Fazzio, dimana motor klasik keluaran terbaru dari Yamaha tersebut bisa menyentuh angka 10,6 Nm sementara Scoopy di angka 9,3 Nm.

    Demikian artikel mengenai harga Honda Scoopy 2022 dan spesifikasi lengkapnya! Semoga bermanfaat untuk pengetahuan riset Anda mengenai sepeda motor matik dari Honda yang satu ini.

    Jika anda ingin opsi yang lebih murah dan tidak perlu menunggu inden scoopy lama, bisa mempertimbangkan opsi untuk membeli Scoopy bekas di OLX. Cek harga Scoopy bekas terbaik di sekitar dengan klik disini!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here