Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasHonda Tak Mau Semua Fitur Bisa Dioperasikan Pakai Layar Sentuh

    Honda Tak Mau Semua Fitur Bisa Dioperasikan Pakai Layar Sentuh

    Mobil yang dilengkapi fitur layar sentuh pada bagian sistem hiburan di dalam kabin kerap dianggap lebih keren, canggih, modern dan kekinian. Pasalnya fitur layar sentuh yang saat ini ada pada sebuah mobil bisa mengoperasikan apapun mulai dari memutar lagu, AC, dan lainnya hanya dengan satu sentuhan. 

    Tak pelak, teknologi layar sentuh terus dikembangkan sejumlah pabrikan otomotif dunia agar produknya terlihat lebih update dan disukai konsumen. Namun, tren mobil dengan layar sentuh multifungsi rupanya tak ingin selalu diterapkan pabrikan mobil asal Jepang, yaitu Honda.

    Dilansir Autocar, Rabu (1/4/2020) Honda beranggapan, teknologi baru seperti layar sentuh cukup sulit dioperasikan secara intuitif, seperti halnya untuk fitur AC. Tentu saja hal ini bertentangan dengan perkembangan industri otomotif.

    Setidaknya, mobil Honda Jazz terbaru saat ini pada bagian dashboardnya mengkombinasikan antara sistem layar sentuh dan juga tombol-tombol analog. Honda Jazz terbaru ini layar sentuhnya tidak dibuat besar dan multi fungsi, bahkan kontrol AC yang tidak dibenamkan pada sistem touchscreen, melainkan masih diputar secara manual.  

    Menurut Project Leader Honda Jazz Takeki Tanaka, alasan hilangnya fungsi yang menyeluruh pada layar sentuh sangat sederhana, yaitu Honda ingin meminimalisir gangguan yang terjadi pada pengemudi ketika hendak mengoperasikan beberapa fitur, khususnya pada sistem pemanas untuk jok dan penyejuk udara atau AC.

    “Kami mengubahnya dari layar sentuh ke dial operation, karena kami menerima feedback dari pelanggan, bahwa mereka sulit mengoperasikannya secara intuitif. (Contoh) Anda harus melihat layar terlebih dahulu untuk mengubah pemanas tempat duduk (hal ini dikhawatirkan akan salah mengoperasikan). Karena itu, kami mengubahnya sehingga orang dapat mengoperasikannya tanpa melihat, dan lebih percaya diri ketika dibalik lingkar kemudi,” jelasnya.

    Hal berbeda justru dilakukan pabrikan mobil premium asal Jerman, yaitu Audi. Menurut Boss Audi A3 Electronics Melanie Limmer, saat ini beberapa tombol fisik pada mobil Audi sudah dihapus.

    “Semakin banyak orang yang terbuka dengan fungsi layar sentuh seperti yang digunakan pada smartphone. Dengan teknologi ini orang lebih mudah dalam mengoperasikannya dibandingkan sebelumnya,” ucapnya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here