Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaHonda Tutup Pabrik 2 Minggu, Gaji 4.000 Karyawan Tetap DIbayar Penuh

    Honda Tutup Pabrik 2 Minggu, Gaji 4.000 Karyawan Tetap DIbayar Penuh

    PT Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan menutup sementara pabriknya selama dua minggu menyusul penyebaran wabah COVID-19 di Tanah Air. Rencananya pabrik yang terletak di Karawang, Jawa Barat ini akan beroperasi kembali pada 13 April 2020 mendatang.

    “Berdasarkan kondisi saat ini, kami memutuskan untuk menghentikan kegiatan produksi sementara, selama dua pekan,” jelas Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor, Yusak Billy, Kamis (2/4/2020).

    Pabrik mobil Honda di Karawang, Jawa Barat seperti diketahui menjadi tempat lahirnya model-model andalan Honda di pasar domestik dan juga pasar ekspor seperti Brio, Mobilio, BR-V, Jazz, CR-V dan HR-V 

    Banyak faktor yang akhirnya menegaskan perusahaan untuk mengambil kebijakan menutup pabrik. Dampak COVID-19 membuat permintaan menurun. Sementara pasokan komponen supplier juga terkendala, sehingga sulit melanjutkan produksi secara normal. 

    Namun penutupan pabrik selama dua minggu ini disebut Yusak tidak mengganggu stok unit di dealer karena sebelum keputusan untuk stop berproduksi pihaknya sudah menyesuaikan tingkat produksi sebelumnya dengan permintaan pasar. 

    Penutupan sementara pabrik Honda juga tidak akan memengaruhi kesejahteraan sekitar 4.000 karyawan pabrik yang dirumahkan, karena untuk pembayaran upah tetap berjalan seperti biasa, penuh tanpa potongan. 

    “Kami dengan tegas meminta karyawan yang sudah dirumahkan sementara, untuk mengikuti peraturan dan arahan pemerintah pusat dan daerah. Untuk menghindari risiko terinfeksi. Selama periode itu, mereka tetap mendapat gaji penuh sesuai aturan berlaku,” jelas Yusak.

    Dengan kebijakan yang diambil, HPM akan terus memantau kondisi. Apabila kemungkinan terburuknya pabrik kembali harus ditutup karena kondisi pandemi semakin parah, maka pihaknya perlu mempersiapkan strategi agar kebutuhan konsumen tetap terpenuhi, tidak hanya untuk domestik, tapi sekaligus pasar ekspor. 

    “Kami akan memantau kondisi setiap hari dan meninjau semua opsi berdasarkan perkembangan terakhir,” pungkasnya.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here