Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MotorHonda CBR600RR Tricolor Meluncur di Indonesia, Ini Kehebatannya

    Honda CBR600RR Tricolor Meluncur di Indonesia, Ini Kehebatannya

    PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan motor sport berperforma tinggi terbaru yaitu CBR600RR. Menariknya motor ini karena dibalut dengan pilihan warna Tricolor, sehingga lebih terkesan aura balap.

    Ya, penggunaan warna tricolor berupa merah, biru dan dan putih ini juga sempat dihadirkan pada sosok Honda CBR1000RR-R Fireblade pada tahun lalu. 

    Namun yang harus OLXer garis bawahi adalah, jangan fokus akan warnanya saja, sebab Honda CBR600RR ini diklaim mampu memberikan sebuah energi dan gaya baru dalam revolusi desain, teknologi dan fitur canggih yang disematkan sesuai gaya berkendara masa kini. 

    Menurut President Director PT AHM Keiichi Yasuda, dengan berbagai inovasi desain, teknologi, dan fitur yang dikembangkan dari konsep Awaken The Race, maka CBR600RR bisa menjadi motor impian dari para pecinta big bike yang menginginkan performa tinggi.

    “Melalui CBR600RR ini, kami ingin mengajak Anda semua untuk merasakan kesenangan hidup terbaik dengan perpaduan sempurna dari kegembiraan, adrenalin, dan kepuasan berkendara dengan semangat balap yang dirasakan secara bersamaan saat berkendara,” ungkap Yasuda dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

    Nah, OLXer yang mau tahu sepeda motor sport CBR600RR yang cocok dipakai para sultan, berikut penjelasannya:

    Honda CBR600RR dilengkapi dengan kontrol elektronik terbaru dan teknologi aerodinamis untuk mewujudkan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

    Dengan teknologi ini, motor super sport tersebut memiliki karakteristik performa tinggi yang mudah dikontrol dan pengendalian yang lincah, sekaligus mampu menaklukkan lintasan sirkuit dengan performa terbaik dan tetap menyenangkan dikendarai di jalan umum, termasuk jalan berliku pada kecepatan tinggi.

    Pertama, desain supersport CBR600RR dilengkapi desain fairing dengan headlight baru yang lebih agresif dengan minim area frontal untuk menghadirkan koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin. 

    Penyematan winglet dengan teknologi aerodinamis yang terinspirasi dari motor balap RC213V di MotoGP, secara efektif memberikan downforce saat berakselerasi. Bagian ini juga berguna untuk memberikan stabilitas lebih saat melakukan pengereman dan tikungan. Pada tengah lampu, terdapat lubang udara yang langsung terhubung dengan air intake guna memaksimalkan performa.

    Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah untuk memberikan area yang makin luas bagi pengendara saat menunduk guna meningkatkan aerodinamika, menghadirkan stabilitas dalam penanganan, dan mendapatkan down force maksimum saat akselerasi, pengereman, dan menikung. Posisi berkendara ini tetap nyaman dan fleksibel untuk penggunaan di trek balap ataupun berkendara di jalanan kota.

    Di area belakang, model ini memiliki desain knalpot yang compact dengan posisi lubang knalpot yang terletak di tengah untuk memberikan kesan ramping sekaligus menjadi ciri khas CBR600RR.

    Kedua, fitur. Penyematan lampu menggunakan teknologi LED, didesain semakin tajam yang mengesankan agresivitas. Model ini juga dilengkapi dengan panel meter besar layar TFT full digital menjanjikan visibilitas yang semakin mudah berkat tingkat penerangan layar yang otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar. 

    Layar penunjuk informasi ini mampu menampilkan dua mode yang bisa dipilih, yakni Street dan Circuit.

    Dilengkapi assist/ slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat pengendara menurunkan gigi transmisi. Throttle by wire menjadi peranti wajib sepeda motor sport premium Honda, guna mendapatkan bukaan gas yang makin presisi.

    Honda CBR600RR juga sudah dibekali sensor Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Selain itu ada juga Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), yang berfungsi menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.

    Honda CBR600RR dapat membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

    Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

    Pada peranti rem, pada bagian posisi depan sudah dilengkapi double disc brake diameter 310 mm plus Antilock-Braking System (ABS), dengan kaliper 4 piston. Sedangkan pada posisi belakang juga dilengkapi rem cakram diameter 220 mm berkaliper piston tunggal, plus ABS.

    Honda CBR600RR juga dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Komponen ini bekerja bersama IMU dan sensor kecepatan untuk menambah kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.

    Kekayaan fitur lainnya pada lengan ayun (swing arm) terbuat dari bahan aluminium yang memberikan bobot ringan dan rigid sehingga memberikan kenyamanan handling dalam melakukan manuver berkendara. Kestabilan juga didukung suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber. Semua suspensi dapat disesuaikan kompresi dan rebound-nya.

    Performa mesin 

    Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta motor super sport, performa tinggi dan teknologi fitur canggih yang disematkan menjadi penyempurna CBR600RR. Mesin baru DOHC 599cc 4-silinder tercatat mempunyai tenaga maksimal 121 PS pada 14.000 rpm. Model ini memiliki torsi puncak yang sangat besar mencapai 64 Nm/ 11.500 rpm. 

    Beberapa perubahan pada komponen mesin termasuk di antaranya mengubah desain camshaft dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup (valve timing) menjadikan CBR600RR semakin bertenaga di sepanjang sejarahnya.

    Harga 

    Honda CBR600RR hadir dengan warna legendaris Tricolor. Warna ini memang suka digunakan pada Rp 550 juta On the Road Jakarta.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here