Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    LainnyaHoreee, WhatsApp Kini Bisa Pakai Fingerprint Lock

    Horeee, WhatsApp Kini Bisa Pakai Fingerprint Lock

    Untuk kalian para pengguna aplikasi WhatsApp, khawatir semua pembicaraan kalian lewat fitur ini terbaca oleh orang lain? 

    Ada kabar yang mungkin bisa bikin OLXer bisa bernapas lega nih. Akhirnya aplikasi Whatsapp kini semakin nyaman dan aman. Pasalnya pada hari Kamis kemarin, WhatsApp sudah mulai mengaplikasikan fitur Fingerprint Lock atau Kunci Sidik Jari.

    Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp di Android sekarang bisa mengunci aplikasi secara otomatis, dan membukanya dengan sidik jari pemilik handphone itu sendiri.  

    Yang artinya, kalian gak perlu khawatir lagi rahasia-rahasia percakapan kalian melalui WhatsApp bakal terbaca orang lain. Apalagi dibaca sama pasangan kalian, pastinya bakal jadi neraka banget kan?

    Langkah ini diambil demi semakin menjaga keamanan dari pengguna WhatsApp yang akhir-akhir ini banyak diretas lewat aplikasi mirroring. 

    Sama seperti fitur Touch ID yang diaktifkan untuk pengguna iPhone, pengguna WhatsApp untuk Android kini dapat memilih untuk mengunci aplikasi dengan sidik jari sebagai otentikasi untuk membukanya kembali. 

    Kalian juga bisa memilih berapa lama aplikasi akan terkunci secara otomatis, mulai dari setelah ditutup, atau diberi jeda waktu 1 menit setelah ditutup, sampai 30 menit setelah ditutup. 

    Kalian juga bisa memilih konten pesan terkirim bisa dilihat dalam notifikasi, termasuk siapa yang mengirim pesan. 

    Fitur ini akan segera mulai diluncurkan untuk pengguna Android di seluruh dunia.

    Sementara untuk pengguna WhatsApp lewat iOS juga mendapatkan fitur keamanan tambahan, yaitu membuka WhatsApp menggunakan Face ID sebagai sarana otentikasi biometrik mereka. 

    Untuk diketahui, fitur Touch ID dan Face ID diaktifkan untuk pengguna iPhone pada bulan Februari. Sedangkan untuk Android, fitur ini pertama kali muncul dalam versi beta pada bulan Agustus. Dan sekarang semua sudah bisa digunakan dalam versi yang sebenarnya. 

    Cara Mengaktifkan Fingerprint Lock

    Cara mengaktifkan Fingerprint Lock di WhatsApp (Sumber: in.pcmag)
    • Fitur ini (fingerprint lock) di WhatsApp bisa ditemukan di menu “Privacy” yang bisa diakses di dalam menu “Account” pada halaman pengaturan WhatsApp. 
    • Setelah masuk ke halaman “Privacy”, pilih menu “Fingerprint lock” dan aktifkan opsi “Unlock with fingerprint”. 
    • Perlu dicatat, sebelum mengaktifkan fitur ini, pengguna harus mendaftarkan sidik jari mereka lebih dulu. Caranya hampir sama dengan menyetel pengaturan pemindai sidik jari di dalam ponsel. 
    • Kemudian, pengguna akan diminta memilih fitur keamanan lain sebelum mendaftarkan sidik jarinya, yakni dengan memilih fitur kemanan pola, PIN, atau password
    • Setelah mendaftarkan pola, PIN, atau password, barulah pengguna akan diminta untuk mendaftarkan sidik jari yang akan digunakan untuk membuka WhatsApp. 
    • Pilih jeda waktu untuk mengunci WhatsApp. 1 menit, hingga 30 menit setelah aplikasi ditutup. 
    • Pengguna bisa mengatur lebih lanjut apakah isi chat baru yang masuk bersamaan dengan notifikasi masih bisa terbaca atau tidak. Dengan demikian, tingkat keamanan WhatsApp dari keisengan orang-orang sekitar akan terminimalisir. 

    Yang harus diperhatikan adalah aplikasi tidak akan meminta verifikasi sidik jari jika pengguna mengaktifkan fitur “quick reply” dimana pengguna masih bisa membalas pesan lewat notifikasi tanpa harus membuka platform WhatsApp. 

    Untuk menjawab panggilan WhatsApp masuk, pengguna juga bisa langsung tanpa harus membuka WhatsApp dengan sidik jari.

    Jadi pastikan yang menghubungi kalian lewat WhatsApp bukan orang-orang yang kalian sembunyikan dari pasangan masing-masing yaaaa. Mending ditelpon sama calon pembeli mobil bekas atau produk yang kalian jual di OLX aja. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here