Jumat, Mei 20, 2022
More
    BeritaHyundai Ioniq 5 Termurah Tembus Rp 718 Jutaan, Apa Saja Keuntungannya?

    Hyundai Ioniq 5 Termurah Tembus Rp 718 Jutaan, Apa Saja Keuntungannya?

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akhirnya resmi merilis harga mobil listrik Hyundai Ioniq 5 ke pasar otomotif nasional dengan banderol termurah Rp 718 juta on the road Jakarta.

    Disebutkan, Hyundai Ioniq 5 yang dirakit secara lokal di Cikarang, Jawa Barat, setidaknya sudah lebih dari 1.400 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), bahkan sebelum harga resminya diumumkan.

    Menurut President Director of PT HMID SungJong Ha, keberadaan Hyundai Ioniq 5, ini menjadi milestone yang akan mendukung Indonesia menjadi pemimpin era elektrifikasi di Asia Tenggara.

    “Hyundai juga menjawab isu lingkungan melalui elektrifikasi berupa mobilitas canggih yang bertujuan untuk membantu melestarikan alam,” ungkap Ha dalam keterangannya.

    Ha mengatakan kehadiran yang diterima pasar merupakan suantu pencapaian yang tidak terlepas dari dukungan dan masukan berharga dari para pelanggan di Tanah Air.

    Daftar Harga Hyundai Ioniq 5

    Hyundai Ioniq 5 Made in Cikarang ini tersedia dalam empat tipe pilihan yaitu, Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range

    Semua tipe yang dipasarkan, hadir dalam lima pilihan warna, yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic, Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte.

    Semua warna tersebut dikombinasikan dengan kelir pada bagian interior, berupa Black 1-tone.

    Berikut ini daftar harga Hyundai Ioniq 5:

    Tipe Hyundai Ioniq 5Harga
    Prime Standard Range Rp 718.000.000
    Prime Long RangeRp 759.000.000
    Signature Standard RangeRp 779.000.000
    Signature Long RangeRp 829.000.000

    Semua harga yang disebutkan di atas statusnya on the road Jakarta. Artinya, harga tersebut sudah termasuk pajak dan berlaku di wilayah Jakarta. Untuk wilayah lainnya, harga menyesuaikan kebijakan masih-masing daerah.

    Keuntungan Beli Hyundai Ioniq 5

    Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5 diperkenalkan di ajang IIMS Hybrid 2022. (Herdi Muhardi)

    Jika OLXers memang berniat membeli Hyundai Ioniq 5, tentunya harus mengetahui pula bagaimana dengan aftersales atau purna jual Hyundai Ioniq 5.

    Nah, HMID memberikan program purna jual Ioniq 5 yang bisa dinikmati konsumen di Indonesia, seperti:

    1. Hyundai Call Center selama 24 jam di 0-800-1-878-878.

    2. Garansi dasar 3 tahun atau 100.000 km (yang mana tercapai lebih dulu).

    3. Gratis biaya jasa perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & hanya untuk biaya jasa).

    4. Gratis 24 jam Roadside Assistance (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878).

    5. Program Layanan Hyundai Datang ke Mana Saja (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878).

    6. Gratis 24 jam Emergency Mobile Charging Service selama masa garansi (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 & berlaku di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya).

    7. Gratis suku cadang hingga 3 tahun atau 45.000 km (yang mana tercapai lebih dulu & sesuai jadwal perawatan rutin).

    8. Gratis Pick Up & Delivery Service (melalui Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 & berlaku di Jabodetabek).

    9. Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun/160,000 km.

    10. Gratis AC Home Charger dan Biaya Instalasi.

    11. Gratis portable charger.

    Detail Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

    Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5 banyak diujii coba pengunjung IIMS Hybrid 2022. (Herdi Muhardi)

    Eksterior

    Hyundai Ioniq 5 memang memiliki tampang futuristik dan mewah. Secara tampilan depan, mobil memiliki Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LEDs. Bahkan kap mesin terlihat aerodinamis berkat tipe clamshell.

    Di sisi belakang, Ioniq 5 berdesain modern dengan Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps* disertai dengan bentuk spoiler yang aerodinamis.

    Pada bagian  samping, gagang pintu Ioniq 5 menggunakan tipe Flush Door Handle, ini berfungsi secara manual pada tipe Prime dan bekerja otomatis pada tipe Signature.

    Dengan mengusung konsep Parametric Dynamics, mobil ini memiliki desain garis pada bagian pintu baris pertama menyatu dengan pintu baris kedua.

    Bagian samping juga terlihat kekar termasuk, keberadaan kaki-kaki yang menggunakan velg alloy berdiameter 20 inci.

    Interior

    Untuk interior Hyundai Ioniq 5 dilengkapi bahan unik, dimana material jok terbuat dari botol PET daur ulang. Dimana ada 32 botol plastik yang disterilkan, dihancurkan, dan diparut menjadi serpihan plastik. 

    Serpihan itu kemudian dicairkan dan dipintal menjadi benang yang membuat kain pelapis anyaman yang menarik namun tetap nyaman.

    Detail pada pintu IONIQ 5 terbuat dari 100 persen kertas HDPE yang dapat didaur ulang, kertas ini memiliki tekstur ringan yang sama dengan kertas tradisional Korea.

    Pintu serta bantalan benturan atau crash pad dari IONIQ 5 dicat dengan cat berbahan alami mengandung minyak yang diekstrak dari tanaman seperti bunga lobak dan jagung. 

    Tak hanya itu, cover kursi IONIQ 5 menggunakan kain campuran wool yang ramah lingkungan.

    Uniknya mobil ini juga pada bagian konsol tengah dapat dipindahkan serta dapat digeser mundur sejauh 140 mm, dipadukan dengan lantai datar tempat baterai disimpan. 

    Untuk kursi depan dapat disesuaikan dan direbahkan sepenuhnya, memungkinkan lebih banyak kebebasan bergerak di dalam mobil.

    Ruang kabin Ioniq 5 dilengkapi Vision Roof, yaitu panel kaca besar yang memberikan pemandangan luas ke langit untuk penumpang di baris depan hingga baris belakang.

    Di beberapa tipe, setiap kursi pada Ioniq 5 dilengkapi dengan power adjustable, lumbar support, memory function, height adjuster, serta fungsi pendingin dan pemanas kursi. 

    Oia, beberapa tipe Ioniq sudah menawarkan rasa lebih mewah berkat adanya fitur Premium Relaxation Seat, yaitu fitur yang akan menyesuaikan posisi bantalan kursi, sudut sandaran kursi, dan penyangga kaki, ke pengaturan relaksasi yang optimal. 

    Hyundai Ioniq 5 juga dibekali LED ambient mood lighting* dan BOSE Premium Sound System dengan 8 speakers.

    Untuk sistem hiburannya, mobil ini dijejali 12.3-inch Full TFT LCD Touch Audio Display yang terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau kabel USB melalui USB multimedia port

    Baca juga  Kenyamanan Maksimal Punya Mobil Mitsubishi Motors di Era New Normal

    Mobil ini juga memiliki beberapa titik dan tipe pengecasan, yaitu terdiri dari wireless smartphone charging system, dua power outlet 12V, serta USB power outlets yang tersebar di empat titik di area baris depan hingga baris kedua.

    Teknologi dan Fitur

    Hyundai Ioniq 5 sudah dilengkapi Regenerative Braking System, yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi. 

    Sistem ini dapat digunakan untuk membuat mobil berhenti secara sempurna menggunakan dua fitur khusus, yaitu i-Pedal* dan Paddle Shifters.

    Untuk i-Pedal merupakan fitur yang memberikan kontrol kecepatan kendaraan yang meliputi akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan hanya dengan memodulasi pedal akselerasi dan tanpa harus menggunakan paddle shifter secara manual. 

    Dengan adanya, Paddle Shifter memungkinkan pengemudi untuk mengatur tingkat pengereman regeneratif pada saat melakukan deselerasi dengan pilihan dari level 0 ke level 3.

    Di mana semakin tinggi angka pengereman regeneratif, semakin kuat pula pengurangan kecepatannya.

    Hyundai Ioniq 5 memiliki tiga mode berkendara atau Drive Mode yang menyesuaikan karakteristik berkendaranya seperti mode Normal, Sport, dan Eco. 

    Kerennya, mode berkendara ini juga akan mempengaruhi tampilan layar pada 12.3-inch Full TFT LCD instrument cluster yang terlihat menyatu dengan head unit

    Tampilan instrument cluster dapat disesuaikan dengan kondisi waktu berkendara, dimana warna tampilan berubah menjadi cerah jika mode berkendara siang hari atau Day Mode, dan menjadi gelap ketika mode malam hari atau Night Mode.

    Hyundai Ioniq 5 memiliki fitur Vehicle-to-Load atau V2L, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya memperoleh daya listrik mobil sebesar 3,6 kW yang dapat digunakan secara bebas untuk mengisi daya perangkat listrik apapun.

    Arus listrik V2L dapat diperoleh dari dua sumber yang dapat dipakai bersamaan, yaitu dari port pengisian daya di bagian luar yang dapat difungsikan saat mobil dalam kondisi berhenti atau mati.

    Atau dari port yang terletak di bagian dalam atau tepatnya di bawah kursi baris kedua yang tetap bisa digunakan sekalipun mobil tengah dikendarai.

    Dalam situasi tabrakan, penggunaan baut khusus yang terletak di 8 titik di sekitar baterai (2 di depan dan 6 di tengah) mencegah terjadinya deformasi area kabin dan tetap menjaga keselamatan pengemudi juga penumpang.

    Ioniq 5 dilengkapi Hyundai SmartSense, sistem bantuan pengemudi yang diciptakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan agar terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya.

    Salah satu fitur dari Hyundai SmartSense adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), sebuah sistem yang secara otomatis memperingatkan potensi risiko tabrakan dari depan. 

    Jika diperlukan, mobil akan secara otomatis mengerem jika sistem menilai adanya tabrakan yang akan terjadi. 

    Selain itu, ada pula Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA) yang akan membantu mobil tetap berada di dalam marka jalan melalui informasi visual dan audio.

    Ada juga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), yang dapat mendeteksi serta memantau kendaraan yang datang dari arah belakang serta membantu menghindari potensi benturan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. 

    Kemudian ada Blind-Spot View Monitor (BVM) yang menampilkan area blind spot di bagian belakang mobil. 

    Lalu Driver Attention Warning (DAW) yang berfungsi untuk memberi peringatan pada pengendara yang kurang konsentrasi saat berkendara. 

    Adapula Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yang mendeteksi kendaraan mendekat dari arah belakang sebelah kanan maupun kiri.

    Terdapat pula Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G) guna mempertahankan jarak yang ditentukan dari mobil yang berada di depan.

    Secara otomatis mengurangi atau meningkatkan kecepatan ke batas yang telah ditentukan sebelumnya.

    Untuk fitur Hyundai SmartSense lainnya adalah High Beam Assist (HBA), dan Surround View Monitor (SVM),  Brake Assist System (BAS), Vehicle Stability Management (VSM), Emergency Stop Signal (ESS), Rear Occupant Alert (ROA), dan Virtual Engine Sound System (VESS).

    Performa Mesin

    Hyundai Ioniq 5 untuk tipe Prime atau paling murah sudah dijejali Battery type Liquid cooled Lithium Ion yang berkapasitas 58 volt, dan dayanya 522,7 volt yang menghasilkan Power Output 195 kW.

    Dengan baterai tersebut, mobil ini mampu menghasilkan power 125 kWh dan torsi 350 Nm. 

    Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat Hyundai Ioniq 5 melaju dari 0-100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik, dan jika baterai terisi penuh dapat dikendarai sejauh 384 km. 

    Untuk tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi  dari 0-100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik. 

    Jika baterai terisi penuh, tipe Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 Km dan tipe Signature Long Range mencapai 451 Km.

    Untuk pengisian daya memanfaatkan fasilitas wall charger atau AC Charger, membutuhkan waktu 5 jam (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 6 jam (tipe Prime Long Range dan Signature Long Range). 

    Sedangkan pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50 kW membutuhkan 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long range dan Signature Long Range).

    Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe Ioniq 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80 persen hanya dalam kurun waktu 18 menit.

    Mau cari mobil Hyundai bekas berkualitas, cek di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here