Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruHyundai Palisade, Pilihan Luxury SUV Paling Menjanjikan

    Hyundai Palisade, Pilihan Luxury SUV Paling Menjanjikan

    Komitmen pabrikan mobil Hyundai untuk menggarap pasar kendaraan roda empat di Indonesia memang tidak bisa dibilang main-main. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya fasilitas produksi di kawasan Deltamas, Cikarang, Jawa Barat serta keragaman jenis kendaraan yang mereka jual di Indonesia. 

    Usai membuat heboh dengan kehadiran dua model mobil listrik, Ioniq dan Kona, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga mencoba peruntungannya di  segmen pasar SUV mewah dengan memboyong SUV “bongsor” dimana belum terlalu banyak merek lain bermain di sana. 

    Masuk di segmen tersebut, sejatinya Hyundai Palisade langsung berhadapan dengan beberapa merek mobil yang juga meniagakan beberapa tipe SUV mewah, sebut saja Mazda CX-9 dan Toyota Land Cruiser. Semuanya merupakan jenis SUV dengan banderol rata-rata mencapai Rp 750 juta ke atas. 

    Luxury SUV milik pabrikan asal Korea Selatan itu sendiri ditawarkan dalam tiga varian berbeda, Prime, Signature dan Signature AWD dengan rentang harga mulai dari Rp 777 juta hingga Rp 1,08 miliar untuk varian teratas.

    Tetapi Hyundai Palisade hadir dengan mengusung ciri khas-nya sendiri, berdimensi besar, punya desain mewah dan menarik, serta dijejali berbagai teknologi terkini yang diantaranya tidak ditemukan di kompetitor.

    Eksterior Hyundai Palisade Mengagumkan, Besar dan Kokoh

    Dari tampilan terlihat Palisade memang sengaja di desain untuk memenuhi selera bos-bos yang menyukai body mobil bongsor. Jika dibandingkan dengan Mazda CX-9 yang berdimensi P : 5.075 mm x L : 1.969 mm x T : 1.747 mm, Palisade memang kalah panjang, namun lebih lebar dan lebih tinggi karena dimensinya P : 4.980 mm x L : 1.975 mm x T : 1.750 mm.

    Dengan Toyota Land Cruiser yang berdimensi P : 4.950 mm x L : 1.970 mm x dan T : 1.905 mm, Hyundai Palisade kalah tinggi, tapi untuk panjang dan lebarnya masih unggul. 

    Secara pandangan umum, diantara ketiga luxury SUV tersebut, Palisade memang bisa diklaim lebih luas dan sedikit lebih boxy, tetapi tidak mengurangi kesan modern. Kesan “kotak” tersebut berhasil diimbangi dengan bentuk grille yang juga besar dipadu LED headlamp composite yang terpisah dengan kap berbentuk tipis dan panjang serta model lampu penunjuk arah yang dibuat atraktif, membuatnya terlihat modern dan juga mewah. 

    Dari sisi samping, kesan bongsor jadi lebih terasa berkat perpaduan velg ukuran 20 inci dengan over fender yang juga besar. Sedikit dipermanis dengan adanya roof rail sebagai ciri SUV modern dengan side skirt, cukup meyakinkan Hyundai Palisade sebagai mobil SUV yang kokoh tak terbantahkan. 

    Kabin Hyundai Palisade Mewah dan Lega

    Sudah disinggung sebelumnya, bahwa dimensi Hyundai Palisade unggul dibanding SUV mewah lainnya. Ini memberikan keleluasaan di dalam kabin yang lebih dari kata cukup. 

    Apalagi kesan mewah bisa langsung tertangkap pandangan sejak awal masuk ke bagian kabinnya. Dimulai dari jok berbungkus bahan kulit Nappa yang dipermanis sentuhan jahitan untuk memberi kesan sporty juga mewah, hingga bangku baris kedua yang mengusung konsep captain seat untuk menambah kenyamanan penumpang meraih kursi di baris ketiga. 

    Hal ini juga yang membedakannya dengan Mazda CX-9 ataupun Toyota Land Cruiser yang sama-sama berkapasitas 7 penumpang, karena hanya Hyundai Palisade yang mengadopsi jok captain seat di baris kedua.

    Keunggulan lainnya adalah jok di baris pertama dan baris kedua sudah dibekali sistem ventilasi yang bisa meniupkan hawa hangat atau dingin ke punggung belakang sesuai kebutuhan dan tentunya menjadikan perjalanan jarak jauh menjadi begitu nyaman. 

    Hyundai Palisade juga menampilkan bentuk dashboard yang tidak kalah menarik, tampak minimalis di sisi sebelah kiri depan, sedangkan sisi tengah dan sebelah kanan dibuat menjadi satu panel untuk dijejali layar entertainment sistem touchscreen berukuran 8 inci dan layar MID berpadu lingkar kemudi dengan berbagai tombol pengaturan di sisi kanan dan kiri. 

    Tampilan dashboard ini jadi terlihat begitu mewah karena dibalut dengan aksen woodgrain yang memberikan kesan luas. Interior Hyundai Palisade bisa dipersonalisasi sesuai selera dengan pilihan warna Black Burgundy, Navy Warm Grey, serta Black Mono Tone.

    Tidak ketinggalan fitur double sunroof di bagian atap mobil yang semakin mempertegas kelasnya sebagai mobil SUV mewah. 

    Namun yang paling menonjol dari interior Hyundai Palisade ini ada di bagian konsol tengah, dimana tidak terdapat tuas transmisi maupun tuas hand brake yang sekarang fungsinya dialihkan ke tombol-tombol dengan penunjuk fungsi R (mundur), N (netral), D (drive) segaris dan tombol fungsi P (parkir) di sebelah kiri. 

    Teknologi yang disebut shift by wire ini merupakan fitur paling menarik di interior Palisade yang membuatnya ringkas sekaligus sangat futuristik. Teknologi ini juga tidak dimiliki oleh kompetitor, baik itu Mazda CX-9 maupun Toyota Land Cruiser.

    Beberapa fitur lain yang hadir untuk memanjakan para pemilik mobil adalah pilihan mode berkendara, Comfort, Eco, Sport, dan Smart, kemudian Multi-Terrain Control untuk proses peralihan dari Drive Mode dan Terrain Mode.

    Sedangkan untuk fitur keselamatan aktif kita bisa menemukan Blind Spot Collision Warning, Rear Cross Traffic Collision Warning, Safe Exit Assist (SEA) yang bisa mendeteksi kendaraan lain dari arah belakang untuk mencegah pintu dibuka saat bersamaan, serta Rear Occupant Alert (ROA) yang mendeteksi pergerakan di dalam mobil.  

    Hyundai Palisade Dibekali Tenaga Mesin Diesel Melimpah 

    Dengan body-nya yang sangat bongsor, tentu sangat masuk akal jika Hyundai menjejali ruang di bawah kap mesin dengan mesin berkapasitas yang lumayan besar. Pilihan mesin untuk ketiga tipe Hyundai Palisade hanya satu, yakni mesin diesel R 2.2 CRDi empat silinder segaris. 

    Pilihan yang membuat mobil ini memiliki tenaga maksimal hingga 200 PS di putaran mesin 3.800 rpm dengan torsi mencapai 440 Nm di 1.750 hingga 2.750 rpm. Sebuah besaran tenaga dan torsi yang cukup mumpuni untuk membawa Hyundai Palisade melesat di perkotaan. 

    Harga Hyundai Palisade dan Pilihan Warna yang Disediakan

    HMID membawa Palisade masuk ke Indonesia dengan menawarkan tiga pilihan tipe, Prime sebagai tipe paling rendah dijual dengan harga Rp 777 juta, kemudian Signature yang menjadi tipe tengah dibanderol Rp 888 juta, serta tipe yang terakhir sekaligus yang tertinggi adalah Signature AWD dengan banderol mencapai Rp 1,08 miliar.

    Pilihan warna eksterior yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari White Cream, Steel Graphite, Timeless Black, dan Moonlight Cloud.

    List Dealer Hyundai

     

    Nama Dealer

    Alamat

    Telpon

    Hyundai Simprug

    Jl. Teuku Nyak Arif No. 14, Simprug, Jakarta Selatan

    (021) 72895555 – 72896666

    Hyundai Cibubur

    Jl. Alternatif Cibubur Transyogi No. 25, Bekasi

    (021) 84312000 (Hunting)

    Hyundai Cihampelas

    Jl. Cihampelas No. 6, Bandung

    (022) 4265555

    Hyundai Cilandak

    Jl. Raya Karang Tengah 11D, Lebak Bulus, Jakarta Selatan

    (021) 75908666

    Hyundai Ciputat

    Jl. Ir. H. Juanda No. 76, Ciputat, Tangerang Selatan

    (021) 7490999

    Hyundai Gatsu

    Jl. Gatot Subroto Barat No. 188, Kuta Utara, Badung, Bali

    (0361) 9009000

    Hyundai Kalimalang

    Jl. Raya Kalimalang, Billy & Moon, Jakarta Timur

    (021) 8656868

    Hyundai Serpong

    Jl. Raya Serpong Km. 7 No. 32, Tangerang Selatan

    (021) 5397689 – 53127778

    Hyundai Soekarno Hatta

    Jl. Soekarno Hatta No. 625, Bandung

    (022) 73512999

    Hyundai Sunter

    Jl. Danau Sunter Barat Blok A1/7 & A2/7, Jakarta Utara

    (021) 6518565

    Hyundai Kelapa Gading

    Plaza Kelapa Gading Ruko Blok A Unit 31, 31A, 32, 32A, Jakarta Utara

    (021) 45851313

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here