Senin, Agustus 8, 2022
More
    MobilHyundai Stargazer Mirip Xpander, Apa Benar?

    Hyundai Stargazer Mirip Xpander, Apa Benar?

    Hyundai Stargazer, mobil keluarga yang masuk segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV) berkapasitas tujuh penumpang ini sudah bisa dipesan dengan banderol mulai dari Rp 243 juta sampai Rp 307 jutaan.

    Kehadiran Hyundai Stargazer sendiri digadang-gadang akan bersaing dengan Toyota Avanza-Veloz, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan juga Mitsubishi Xpander.

    Bicara soal Hyundai Stargazer, saat pertama kali sketsa dan wujud aslinya pertamanya diungkap di internet beberapa waktu, banyak yang menyebutkan desain mobil ini ‘mirip’ dengan Mitsubishi Xpander.

    Ehm, apakah benar Hyundai mencomot desain dari Xpander?

    Menanggapi hal tersebut, Head of Hyundai Style Hyundai Motor Company Simon Loasby, langsung angkat bicara.

    Menurut dia, pada dasarnya desain Hyundai Stargazer maupun Mitsubishi Xpander jika dilihat secara berdampingan sangat berbeda dengan yang ada di pasar otomotif saat ini.

    “Tentunya kami benar-benar melihat dengan hati-hati para kompetitor dan apa yang terjadi adalah kami punya kualitas maupun desain yang unik. Jadi kami sangat percaya diri,” ungkap Simon dalam wawancara virtual, Kamis (21/7/2022).

    Meski ada yang menganggap sama, Simon rupanya tak ambil pusing, karena pada kenyataanya Hyundai Stargazer tetap berbeda.

    Dia menyebut, Stargazer yang disebut mobil ‘Bintang Baru Keluarga’ memiliki desain di luar ekspektasi dari yang dipikirkan masyarakat, mulai dari eksterior, interior, performa serta fitur dan teknologinya.

    “Jadi, saya rasa mobil ini satu atau dua langkah berbeda, satu atau dua langkah di depan,” ujarnya.

    Hyundai Stargazer berbeda dengan Mitsubishi Xpander

    Mitsubishi Xpander

    Saat wujud Hyundai Stargazer pertama muncul beberapa waktu lalu, mobil ramai disebut-sebut mirip dengan Mitsubishi Xpander.

    Bagian yang sama tersebut yaitu terletak, pada bagian depan, khususnya posisi lampu dimana sekilas bumper menyilang mirip sebuah huruf X yang merupakan bahasa desain Dynamic Shield dari Xpander generasi awal. Demikian juga bagian baris ketiga antara pilar C dan D yang dianggap mirip kompetitor.

    Memang jika melihat dari beberapa sudut apalagi hanya menatap gambar di layar, ditambah omongan-omongan yang beredar, Stargazer terlihat mirip Xpander.

    Tapi, saat News OLX melihat lebih dekat dan secara langsung rasanya tetap saja berbeda, karena Hyundai Stargazer bisa jadi solusi buat mereka yang merasa sudah bosan melihat desain mobil MPV saat ini.

    Sebaliknya, daripada dibandingkan mirip Xpander,  Hyundai Stargazer justru cenderung lebih mirip saudaranya yaitu Hyundai Staria dimana bonet depan lebih landai.

    Ya, ini karena Hyundai yang memproduksi dan merakit Stargazer di Indonesia ingin menawarkan mobil aerodinamis agar dapat membelah angin saat dipacu di jalan.

    Selain itu pada bagian lampu depan, Stargazer juga justru terlihat mirip saudara yang lainnya, yaitu Creta. Tapi, jika dilihat secara detail dan lebih seksama tetap saja berbeda.

    Secara dimensi pun Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander sangat berbeda, dimana Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.695 mm, serta wheelbase 2.780 mm

    Sementara Mitsubishi Xpander sendiri dimensi panjangnya 4.595 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.730-1.750 mm, serta wheelbase 2.775 mm.

    Perbandingan harga

    Mobil Hyundai Stargazer hadir dalam empat varian, yaitu Active, Trend, Style, dan Prime.

    Hyundai Stargazer

    Stargazer Active MT: Rp 243.300.000

    Stargazer Active IVT: Rp 255.900.000

    Stargazer Trend MT: Rp 263.300.000

    Stargazer Trend IVT: Rp 275.900.000

    Stargazer Style IVT: Rp 296.300.000

    Stargazer Prime IVT: Rp 307.100.000.

    Mitsubishi Xpander

    Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander

    Xpander GLS M/T: Rp 253.400.000

    Xpander GLS CVT: Rp 262.600.000

    Xpander Exceed M/T: Rp 266.700.000

    Xpander Exceed CVT: Rp 275.900.000

    Xpander Sport M/T: Rp 290.050.000

    Xpander Sport CVT: Rp 304.700.000

    Xpander Ultimate CVT: Rp 307.100.000.

    Kedua harga ini berstatus on the road Jakarta per Juli 2022.

    OLXers mau cari dan beli mobil bekas berkualitas, #PilihYangPasti di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here