Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaImbas Virus Corona Bakal Pengaruhi Perubahan Desain Mobil di Masa Depan

    Imbas Virus Corona Bakal Pengaruhi Perubahan Desain Mobil di Masa Depan

    Penyebaran Covid-19 mengubah berbagai hal. Termasuk industri otomotif yang ikut terkena imbasnya cukup parah. Bahkan dengan kondisi seperti saat ini para produsen otomotif mencari solusi untuk beradaptasi agar tetap bisa bertahan di tengah surutnya kondisi keuangan akibat pandemi ini.

    Misalnya, penjualan mobil yang kini semakin gencar ditawarkan lewat online. Kemudian servis mobil yang semula dilakukan di bengkel, perlahan-lahan beralih dilakukan menjadi di rumah. 

    Namun yang tak kalah menarik diprediksi, karena virus corona desain mobil juga akan ikut berubah di masa mendatang. Setidaknya hal tersebut terungkap Kepala desain KIA, Karim Habib. 

    Dalam wawancara dengan Car Magazine, Habib menyebut, virus corona membuat KIA dan tim desain untuk memikirkan ulang desain mobil keseluruhan, mulai dari material yang digunakan hingga perubahan struktur untuk mengadaptasi social distancing. 

    “Kami sudah berdiskusi dengan psikolog dan antropolog untuk bisa memahami apa yang ada di benak masyarakat di masa depan,” ungkap Habib yang sebelumnya menjadi Kepala Desain merek Infiniti sebelum bergabung dengan KIA di pertengahan 2019. 

    “Ada beberapa hal yang kami sudah diskusikan, seperti kemungkinan menggunakan anti-viral coating di dalam interior, sinar UV untuk mensanitasi permukaan mobil, dan ini akan menjadi pertimbangan kami ke depannya,” sambung Habib. 

    Habib juga mengulang kembali komentar KIA Motors Eropa soal kesiapan perusahaan asal Korea Selatan tersebut untuk menghadirkan mobil listrik mungil yang mungkin bisa menggantikan penggunaan transportasi umum selama masa-masa isolasi mandiri dan social distancing. 

    “Beberapa tahun belakangan, kami sudah berdiskusi soal transportasi umum, ekonomi berbagi, dan mobilitas. Kami melihatnya ini berkembang terus seiring dengan kampanye social distancing,” sebut Habib. 

    “Apa artinya untuk mobil? Saya pikir kami harus melihat dan menunggu, hingga saat ini kami masih berusaha memahami yang sudah terjadi dari social distancing,” tambah Habib. 

    Sebelum KIA, produsen mobil asal negeri Ginseng lain seperti Hyundai mengakui tengah meracik interior yang bisa kebal akan virus seperti cover jok yang bisa dicuci, menggunakan material khusus pada layar sentuh, hingga menambah lampu UV pada mobil. 

    “Hyundai tengah mengembangkan material yang bisa steril dengan sendirinya agar bisa tetap bersih, dan juga kabin antibakteri,” jelas Hyundai dalam pernyataannya. 

    “Yang paling memungkinkan adalah menggunakan lampu UV. Hyundai berencana untuk mengembangkan kabin interior yang memiliki fitur sterilisasi,” tulis pernyataan tersebut.

    Nah, bagaimana OLXer, kira-kira mobil seperti apa yang cocok dibuat di tengah masa pandemi seperti saat ini?

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here