Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriIndikator Aki Mobil Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Indikator Aki Mobil Menyala? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Sebagai pemilik mobil, Anda pasti tidak asing dengan ragam lampu indikator yang berada di bagian meter cluster kendaraan. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang kesulitan memahami berbagai lampu indikator tersebut.

    Padahal lampu indikator adalah hal yang penting, ibarat salah satu bentuk komunikasi mobil dengan pengendaranya. Setiap lampu indikator memiliki makna tersendiri untuk menginformasikan pengemudi mengenai kondisi mobil sebelum digunakan.

    Jika ada komponen yang bermasalah, biasanya lampu tersebut akan menyala sehingga pengemudi mengetahui bahwa ada masalah pada mobil. Salah satu lampu indikator yang penting untuk diperhatikan adalah gambar aki yang menyala. 

    Menurut Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi, jika indikator bergambar aki menyala, kemungkinan besar ada masalah pada bagian pengisian arus listrik atau aki tidak mau mengisi. Jika hal ini terjadi maka penting untuk Anda melakukan pengecekan ke bengkel resmi.

    Baca juga: 6 Jenis Aki Mobil dan Fungsinya yang Perlu Kalian Pahami

    Penyebab Lampu Indikator Aki Menyala

    Didi Ahadi mengatakan bahwa banyak mobil modern saat ini menggunakan Electronic Control Unit (ECU) yang memudahkan kita untuk mendeteksi masalah di mobil melalui lampu indikator. Nah, terdapat beberapa hal yang menyebabkan lampu indikator Aki menyala, yaitu:

    1. Terdapat Kesalahan pada Sistem Kelistrikan

    Penyebab yang paling umum terjadi adalah kesalahan dalam sistem kelistrikan mobil. Hal ini disebabkan oleh masalah pada pengisian arus listrik atau diakibatkan aki yang tidak mau mengisi.

    Lampu indikator aki menyala biasanya dikarenakan dinamo alternator yang kendur atau carbon brush yang sudah aus karena terlalu lama digunakan. Hal ini yang menyebabkan dinamo alternator tidak mampu menghasilkan listrik.

    2. Dinamo Alternator Undercharged atau Overcharged

    Hal yang harus Anda ketahui adalah kebutuhan listrik harus disesuaikan dengan suplai yang tersedia. Terdapat satu komponen Bernama alternator yang berfungsi mengubah tenaga putar menjadi energi listrik.

    Nah energi listrik yang dikeluarkan biasanya memiliki tegangan 13 volt sampai 15,2 volt.  Jika pasokan listrik dari alternator ada di bawah atau di angka tersebut, maka akan terjadi undercharged atau overcharged.

    Hal ini sama sekali tidak boleh diremehkan, karena jika mobil terus dibiarkan undercharged maka sewaktu-waktu bisa mogok dan tidak dapat distarter. Hal ini dikarenakan mobil membutuhkan energi listrik yang cukup besar untuk dihidupkan.

    Tapi jika terjadi overcharged, accu bisa meledak. Hal ini dikarenakan suplai dari alternator yang berlebihan akan mengakibatkan panas pada accu dan hal yang paling mengerikan dapat terjadi adalah accu meledak karena tekanan dari panas tersebut.

    3. Akumulator Soak

    Kondisi pengisian daya yang tidak ideal juga dapat mengakibatkan akumulator menjadi soal. Umumnya lampu indikator akan mati saat mesin sudah berputar. Artinya sistem pengisian sudah berhasil menghasilkan muatan listrik.

    Apabila lampu indikator aki tetap menyala setelah mesin hidup, Anda harus waspada. Lakukanlah pengecekan pada komponen-komponen yang berkaitan dengan sistem kelistrikan mobil.

    4. Kabel Aki Berkarat atau Longgar

    Faktor lain yang menyebabkan lampu indikator aki menyala adalah kabel aki yang berkarat atau longgar. Jika sudah melakukan pengecekan kepada semua komponen tapi tidak ada masalah, berarti terdapat kesalahan pada aki seperti terminal kabel berkarat atau sel baterai dalam aki rusak.

    Nah, untuk mengetahui secara pasti, lebih baik bawa mobil kamu ke bengkel terdekat agar segera dilakukan perbaikan sebelum berdampak buruk kepada aki.

    Baca juga: Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

    Mengatasi Lampu Indikator Aki Mobil Menyala Terus

    Cara mengatasi lampu indikator aki menyala
    Indikator Aki Mobil Menyala

    Setelah mengetahui penyebab lampu indikator aki menyala, selanjutnya yang penting untuk diketahui adalah cara mengatasinya. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika lampu lampu indikator aki mobil terus menyala.

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi carbon brush yang berada di dynamo alternator. Jika komponen ini sudah habis atau aus, hal yang perlu dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru. 

    Jika yang menyebabkan lampu aki terus menyala adalah akumulator, maka akumulatorlah yang perlu diganti dengan yang baru. Biasanya carbon brush dan akumulator perlu diganti dengan yang baru karena sudah soak.

    Hal kedua yang harus dilakukan adalah mengecek aki mobil secara rutin. Anda bisa dilakukan di rumah atau di bengkel resmi. Hal ini penting untuk dilakukan karena aki memiliki batas waktu pemakaian, apabila telah melewati batas waktu tersebut maka aki tidak dapat lagi bekerja secara maksimal tanpa perawatan atau menggantinya dengan yang baru. Jika mobil menggunakan aki basah, maka Anda bisa mengecek volume cairan akinya.

    Hal ketiga yang perlu dilakukan adalah menjaga penyimpanan listrik pada aki. Anda bisa melakukannya dengan memanaskan mobil 15 menit selama 7 sampai 10 hari dengan rutin. 

    Mobil yang tidak dipanaskan secara rutin dan jarang digunakan akan mengurangi 3 persen pasokan listrik pada aki. Kamu bisa memanaskan mobil di garasi atau menggunakannya untuk berkeliling komplek perumahan selama 15 sampai 30 menit agar aki tetap mendapatkan listrik secara otomatis karena digunakan.

    Baca juga: Catat, Jika Aki Mobil Bermasalah Jangan Lakukan Engine Starter Lebih dari 3 Kali

    Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan pengecekan untuk memastikan apakah terjadi overcharged dan undercharged. Apabila terjadi overcharged, maka ketika aki disentuh akan terasa panas berlebih atau keluar air dari tutup aki. 

    Kalau tidak panas, kemungkinan aki mengalami undercharged. Mobil yang mengalami undercharged harus dimatikan beban-beban listriknya terlebih dahulu.

    Dengan menjaga kondisi aki, maka kinerja aki akan semakin optimal. Hal ini diharapkan mampu mengatasi lampu indikator aki nyala. Merawat mobil dengan baik, tentu akan menjaga harga jualnya agar tetap stabil. Pastikan untuk merawat kendaraan Anda agar harga jualnya tidak jatuh.

    Jangan lupa untuk memilih mitra terpercaya dalam menjual mobil Anda seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan.

    Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti untung dan aman di OLX Autos. Prioritas kami adalah keamanan bertransaksi, sehingga menjual mobil bisa lebih nyaman. Kamu bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait