Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaIndonesia Mulai Uji Coba Biodiesel B30, Thailand Baru Kampanye Penggunaan B10

    Indonesia Mulai Uji Coba Biodiesel B30, Thailand Baru Kampanye Penggunaan B10

    Pertamina akhirnya melakukan persiapan uji coba bahan bakar diesel B30 di sejumlah Terminal Bahan Bakar Minyak atau TBBM pada hari ini, Kamis, 21 November 2019 menindaklanjuti kebijakan Pemerintah untuk menetapkan mandatori B30 di awal tahun ini.

    Uji coba ini berlangsung hingga 31 Desember 2019 mendatang dan dilaksanakan berdasarkan acuan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 227/2019. Angka kenaikan penyerapan FAME atau Fatty Acid Methyl Ester dalam beberapa tahun terakhir ini meningkat seiring upaya PT Pertamina (Persero) untuk memasok seluruh industri dengan biosolar sesuai regulasi. 

    Di 2017 angka penyerapan FAME mencapai 2,51 juta KL. Dan di tahun lalu angka ini naik menjadi 3,2 juta KL, terakhir hingga Oktober 2019, total penyerapannya sudahmencapai 4,493 juta KL.

    “Uji Coba ini akan dilakukan secara bertahap sebelum akhirnya diterapkan secara menyeluruh. Pada 21 November 2019 akan diterapkan di 2 Terminal BBM yaitu Boyolali dan Rewulu. Selanjutnya pada akhir November akan diberlakukan di TBBM Balikpapan dan Desember 2019 akan dilanjutkan di TBBM Medan Group, Jakarta Group dan TBBM Panjang, RU III Plaju dan RU VII Kasim. Sehingga pada Januari 2020, sebanyak 8 titik Pertamina sudah siap melakukan pencampuran B30,” jelas VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangan tertulis hari ini, Kamis (21/11/2019).

    Lebih jauh Fajriyah Usman juga menyebutkan bahwa TBBM ini akan menjadi pilot project pencampuran FAME dengan Solar.

    Menurutnya, Pertamina terus mendukung kebijakan pemerintah untuk menerapkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Selain menyediakan B30, pihaknya juga aktif dalam mengembangkan energi baru dan terbarukan lainnya seperti geothermal (panas bumi), panel surya yang sudah menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Listrik di Kuningan, Jakarta.

    “Ini menunjukkan bahwa kami berperan aktif dalam pengembangan energi alternatif. Karena kami melihat ke depannya akan terjadi transisi energi yang cukup masif, dan kami percaya Pertamina siap menghadapinya,” tambahnya.

    Thailand Bersama Mitsubishi Motors Mulai Promosikan Penggunaan B10

    Langkah Indonesia dalam menguji coba B30 terbilang selangkah lebih maju daripada Thailand yang baru-baru ini saja mempromosikan penggunaan bahan bakar diesel B10 yang dimotori oleh Mitsubishi Motors. 

    Pemerintah Thailand bersama Mitsubishi Motors (Thailand) Co., Ltd. melakukan acara seremoni penempelan stiker B10 di Mitsubishi Pajero Sport produksi terbaru. 

    Hadir dalam acara tersebut, Vice President Mitsubishi Motors (Thailand) Co., Ltd. Terut Butloetcharoen bersama Menteri Energi Thailand, Sontirat Sontijirawong yang berkenan menempelkan langsung stiker B10.

    Kampanye penggunaan biodiesel B10 di Thailand sebelumnya sudah diatur oleh Departemen Bisnis Energi Thailand. Tujuannya untuk mendorong penggunaan B10 di masyarakat demi berkontribusi pada pengurangan biaya produksi bahan bakar diesel sekaligus upaya untuk peningkatan kualitas udara.

    Disebutkan bahwa biodiesel B10 sangat kompatibel dengan pick-up serta SUV Mitsubishi seperti Triton lansiran 2007 hingga yang terbaru dan Pajero Sport lansiran 2009 sampai yang terbaru. 

    Lebih jauh, Mitsubishi Motors Thailand juga telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung langkah Pemerintah Thailand dalam upaya pelestarian energi dan penggunaan bahan bakar alternatif, dengan mengkonfirmasikan produk terbaru Triton dan Pajero Sport juga kompetibel untuk ‘minum’ biodiesel B20. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here