Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    TipsIngin Beli Mobil Baru? Coba Lakukan 5 Hal Ini

    Ingin Beli Mobil Baru? Coba Lakukan 5 Hal Ini

    Akibat pandemi Covid-19, penjualan otomotif khususnya roda empat memang kurang begitu seksi. Hanya saja, bagi sebagian orang tak ada alasan bagi dirinya untuk tetap membeli mobil di tengah pandemi.

    Bahkan, ada juga yang merasa, membeli mobil baru di awal tahun seperti saat ini, bisa menjadi momen yang tepat, yang tentunya tak bisa dijabarkan alasannya.

    Namun begitu, jika OLXer memang berniat membeli mobil baru di awal 2021, maka seperti dalam keterangan resmi Auto2000, ada beberapa hal harus dipertimbangkan, supaya mobil baru yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan tidak memberatkan keuangan.

    Nah, mau tau apa saja langkah yang harus diperhatikan ketika membeli mobil baru di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, berikut ulasannya.

    1. Perhitungan Budget

    Perhitungan budget merupakan langkah paling penting yang akan menentukan arah kebijakan keuangan keluarga ke depan. Khususnya ketika memutuskan untuk membeli mobil baru secara kredit dengan kewajiban rutin mencicil selama sekian tahun.

    Di antaranya yang harus diperhatikan adalah cicilan perbulan tidak boleh lebih dari 30 persen pendapatan bulanan. Itupun sudah termasuk pembayaran lain seperti cicilan rumah atau kartu kredit.

    Pertimbangkan down payment atau DP karena semakin besar DP akan meringankan beban pengeluaran bulanan. Perhitungkan pula tenor karena akan berpengaruh ke besar cicilan perbulan.

    Pelajari metode pembayaran yang tersedia, dimana Auto2000 bisa menerima pembayaran secara tunai, kredit, atau trade-in (tukar tambah). Selain itu, bisa mempelajari metode mana yang paling pas untuk dijalankan.

    2. Pilih Model yang Sesuai

    Saat ini memang ragam opsi mobil baru bisa dipilih. Misal, jika kebutuhannya untuk membelikan anak kesayangan, bisa dipilih Toyota Yaris. Sementara jika ingin merintis usaha penyewaan mobil online, bisa melirik Toyota Calya yang lebih terjangkau dengan kapasitas lebih besar.

    Sedangkan jika hobi bepergian ke luar kota, Toyota Rush bisa dimasukkan ke dalam wish list.

    3. Minta Penawaran

    Setelah menghitung biaya dan mendapatkan model yang sesuai kebutuhan, OLXer bisa meminta. Di sini OLXer juga bisa meminta perhitungan lebih lengkap jika ingin membeli secara kredit atau trade-in sehingga bisa mendapatkan skema pembelian yang paling pas.

    4. Ajukan Test Drive

    Jika ingin membeli mobil baru, sudah sewajarnya jika melakukan test drive terlebih dahulu. Dengan test drive, setidaknya OLXer bisa melihat dan merasakan langsung mobil yang ingin dibeli.

    5. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan

    Kemudahan dan kenyamanan merupakan kunci utama pembelian mobil baru. Namun yang tidak kalah penting, tersedia banyak program promo yang bisa dimanfaatkan. OLXer bisa memilih program promo yang paling menguntungkan.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here