Rabu, Juni 29, 2022
More
    TipsIngin Beli Mobil Bekas? Cek Bushing Arm Mobil dengan Cara Mudah Ini

    Ingin Beli Mobil Bekas? Cek Bushing Arm Mobil dengan Cara Mudah Ini

    Sebagai pengendara, maka tentunya OLXers harus mengetahui dengan pasti cara untuk cek bushing arm mobil. Komponen ini mengambil bagian penting dalam kendaraan.

    Alhasil, Anda harus menjaga bushing arm untuk keselamatan. Selain itu, mengetahui keadaan bushing arm mobil juga berguna ketika OLXers ingin membeli mobil bekas.

    Sebab, bushing arm yang merupakan komponen pada kaki-kaki mobil memiliki fungsi yang sangat penting sehingga kondisinya harus terjaga.

    Mudahnya Cek Bushing Arm Mobil

    Kaki-kaki mobil merupakan bagian terpenting, apalagi bagi OLXers yang berencana cari mobil bekas di OLX Autos. 

    Terdapat berbagai jenis komponen yang ada di bagian kendaraan roda empat ini. Tentu saja setiap komponen yang ada di kaki mobil tersebut berguna.

    Mereka memiliki fungsinya masing-masing. Sehingga, setiap komponen di dalamnya tersebut juga harus mendapat perawatan tersendiri. Salah satu komponen yang ada di dalam kaki mobil adalah bushing arm.

    Dikutip dari harapanrakyat.com, bushing arm berfungsi untuk menyerap berbagai getaran dari jalanan. Selain itu, komponen satu ini juga berperan sebagai pendukung kinerja pada bagian kaki mobil.

    Apabila Anda akan membeli mobil bekas, maka hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari kaki mobil tersebut, termasuk bushing arm. Jika kaki mobil masih baik, maka artinya masih sangat layak untuk dibeli.

    Sebaliknya, jika tidak, maka berarti mobil tersebut sudah tidak layak dibeli karena bisa jadi menimbulkan penyesalan. 

    Pasalnya, kaki mobil menerima tekanan yang paling besar. Oleh karena itu, komponen ini akan sangat mempengaruhi aspek kenyamanan hingga keselamatan pengguna.

    Baca Juga Artikel Tips & Trik Menarik Lainnya DISINI

    Perhatikan Arah Laju Mobil

    Mengetahui kondisi bushing arm mobil tidaklah sulit. OLXers bahkan bisa melakukan pengecekan dengan langkah mudah, yakni memperhatikan arah laju mereka.

    Ketika mobil bergerak, maka OLXers bisa memperhatikan ke mana mereka melaju. Apabila arahnya sedikit melenceng ke arah kanan maupun kiri, maka sebaiknya OLXers bisa langsung bagian bushing arm karena itu bisa menjadi indikasi kerusakan.

    Arah mobil yang tidak stabil tersebut terjadi karena pada dasarnya bushing arm ini berguna sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkram roda mobil. Jadi, apabila mereka rusak, maka tidak ada yang menjadi titik tumpu roda.

    Selain melihat arah laju mobil, Anda juga bisa mengecek keadaan bushing arm dengan mendengarkan suara. Biasanya bushing arm yang rusak akan menimbulkan suara yang bising dan mengganggu sehingga menjadi tidak nyaman.

    Apakah Perlu Merawatnya?

    Bushing arm yang rusak akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman untuk para penggunanya. Jika ingin tetap nyaman dan aman saat berkendara, maka tentu saja Anda wajib merawatnya.

    Ketika karet bushing sudah mulai getas, maka akan timbul bunyi kasar. Bunyi juga bisa muncul akibat karet bushing yang pecah-pecah sehingga bagian arm mobil oblak.

    Baca juga  Kenali Tanda Mobil Mau Mogok Dengan Cara Melihat Lampu Indikator

    Jika Anda sudah merasakan ciri-ciri tersebut, maka segera saja lakukan perawatan agar kerusakan tidak semakin parah dan biaya yang dikeluarkan juga tidak membengkak.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here