Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriIngin Bisnis Transportasi, Hino Punya R260 Dengan Fitur Air Suspension

    Ingin Bisnis Transportasi, Hino Punya R260 Dengan Fitur Air Suspension

    Tidak hanya sektor logistic, bisnis transportasi di tengah pandemic Covid-19 diharapkan kembali mengalami peningkatan. Apalagi, vaksin sudah disebar, serta salah satu syarat untuk dapat bepergian yaitu wajib membawa surat rapid test antigen atau tes GeNose C19, maksimal digunakan dalam kurun waktu 3×24 jam sebagai bukti bebas Covid-19.

    Nah, adanya regulasi ini mungkin jadi kesempatan bagi bisnis transportasi khususnya sejenis bus untuk kembali bergerak maju. Hal ini pula dimanfaatkan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang meluncurkan bus Hino R260 AS (Air Suspension) yang mampu meningkatkan kenyamanan di dalamnya saat bus melaju. 

    Sebagai bukti ketangguhan busnya, President Director HMSI, Masato Uchida, mengatakan, bahwa Hino R260 AS sudah banyak digunakan perusahaan otobus untuk menjalankan bisnis transportasi. 

    Baca juga: Lebih Intim Dengan Bus Hino Mewah yang Ramah Lingkungan

     “Produk ini merupakan kolaborasi pengembangan antara Hino dan Adiputro, dimana proses produksi air suspension dan quality control-nya telah disesuaikan dengan standar Hino,” ungkap Uchida dalam keterangannya. 

    Hino R260 AS
    Ilustrasi Hino R260 AS

    Adapun sebagai market leader, kata Uchida, dengan keberadaan Hino R260 AS, maka semakin memperlengkap jajaran line up bus yang terkenal kuat, bertenaga dan memiliki biaya operasional yang efisien termasuk suku cadang yang terjangkau.

    “Tentunya hal ini menjadi nilai tambah untuk bisnis para pengusaha otobus,” sambung Uchida.

    Sementara itu, COO Director HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan, bahwa Hino Bus R 260 AS memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan yang tinggi, serta tidak mengurangi performa saat melaju. 

    “Terutama dalam perjalanan jarak jauh ,” ujar Santiko.

    Baca juga: Hino Punya Fasilitas Pelatihan Pengemudi Truk dan Bus, Satu-Satunya di Indonesia

    Kelebihan Hino R260

    Adapun beberapa hal yang membuat Hino R260 AS ini perlu menjadi armada transportasi umum, tak lain karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

    Mesin Tangguh

    Hino Bus R 260 AS yang termasuk big bus dibekali mesin tangguh yang mampu menghasilkan tenaga 260 PS dan torsi 76 kgm / 1.500-rpm yang dialirkan melewati transmisi 6-percepatan. 

    Sistem Suspensi

    Sesuai dengan nama belakang AS atau Air Suspension, kelebihan utama bus ini terletak pada sistem suspensi yang sudah menggunakan Wide air suspension, sehingga menjawab kebutuhan konsumen terhadap transportasi yang nyaman bagi penumpang dan terutama untuk jarak tempuh yang jauh. 

    Selain itu dengan disematkan air suspension pada Hino Bus R 260 AS, maka menghasilkan peredaman getaran yang lebih baik karena menggunakan udara sebagai fluidanya sehingga mengurangi kebisingan dan getaran dan menambah kenyamanan selama perjalanan.

    Leveling Valve

    Hino Bus R 260 AS dilengkapi dengan Leveling valve untuk menyamakan ketinggian air bagian kiri dan kanan, sehingga membuat operasional kendaraan dapat lebih stabil dan nyaman. 

    Baca juga: Hino Klaim Sebagai Pionir Teknologi Common Rail dan Siap Hadapi Kebijakan Standar Euro 4

    Dilengkapi dengan Height Leveling Valve Air Bag

    Bus ini turut dilengkapi dengan switch pengatur ketinggian Height leveling valve air bag yang berfungsi untuk mengatur ketinggian air bag secara elektrikal pada kendaraan agar bumper depan dan belakang tidak terbentur jalan.

    Kapasitas cukup banyak

    Yang terakhir perlu dicatat, Hino Bus R 260 AS dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan transportasi seperti armada antar kota antar propinsi, transportasi dalam kota, pariwisata, dan antar jemput karyawan karena bus ini memiliki kapasitas hingga 56 tempat duduk.

    Nah, itulah beberapa kehebatan Hino Bus R 260 AS yang cocok untuk dipakai saat bepergian jarak jauh dengan menggunakan bus.

    Di atas kertas, Hino Bus R 260 AS yang memiliki mesin 7.684cc ini dilengkapi 4 stroke engine, turbocharger, intercooler, yang mampu menghasilkan daya 260 Ps pada 2.500 rpm dan torsi 76 kg.m pada 1.500 rpm. Dengan mesin tersebut, bus ini mampu melaju hingga 116 km per jam.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait