Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsIngin Punya APAR Untuk Mobil? Kenali Jenis-Jenisnya

    Ingin Punya APAR Untuk Mobil? Kenali Jenis-Jenisnya

    Mobil-mobil terbaru keluaran 2021 diwajibkan memiliki fitur Alat Pemadam Api Ringan (APAR) atau fire extinguisher yang berguna untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. 

    Seperti OLXer ketahui selama ini, tak sedikit jika ada kecelakaan mobil yang kemudian terbakar, namun penanganan dalam memadamkan api memakan waktu cukup lama, bahkan harus menunggu bantuan pemadam kebakaran. 

    Padahal, bukan tak mungkin jika kita memiliki APAR di dalam mobil, maka api yang kecil tak akan menjadi besar. Karena sebaliknya, bisa dipadamkan dengan mudah. 

    Nah, OLXer juga harus tahu, meski mobil-mobil terbaru sudah dilengkapi APAR, namun saat ini APAR juga dijual di pasaran termasuk di situs jual beli online. 

    Tapi, sebelum OLXer membeli APAR apa yang tepat dibawa, berikut ini kami jelaskan jenis-jenis APAR yang umum digunakan, yaitu :

    1. APAR Air

    APAR air (Water), merupakan jenis APAR yang diisikan oleh air dengan tekanan tinggi. APAR jenis ini dianggap paling Ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang disebabkan bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet, Plastik dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A). 

    Hanya saja, jenis APAR air tidak disarankan atau cukup berbahaya jika dipergunakan pada kebakaran yang dikarenakan Instalasi Listrik bertegangan (Kebakaran Kelas C).

    2. APAR Busa

    APAR busa (FOAM) adalah jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia membentuk busa atau disebut Aqueous Film Forming Foam (AFFF). Jika busa ini menyembur keluar kearah bahan yang terbakar, maka dapat membuat oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran. 

    APAR busa AFFF sangat efektif untuk memadamkan api yang ditimbulkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A) serta kebakaran yang dikarenakan bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak, Alkohol, Solvent dan lain sebagainya (Kebakaran Jenis B).

    3. APAR Serbuk Kimia

    APAR serbuk kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher berisikan serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium dan ammonium sulphate. Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan ke arah benda terbakar dapat memisahkan Oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran. 

    APAR jenis Dry Chemical Powder ini merupakan Alat pemadam api yang serbaguna karena efektif untuk memadamkan kebakaran di hampir semua kelas kebakaran seperti Kelas A, B dan C.

    Hanya saja, APAR ini tidak disarankan untuk digunakan dalam Industri karena akan mengotori dan merusak peralatan produksi di sekitarnya. Nah, APAR serbuk kimia ini sangat umum digunakan pada mobil.

    4. APAR Karbon Dioksida 

    APAR Karbon Dioksida (CO2) adalah jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida atau Carbon Dioxide CO2) sebagai bahan pemadam.  APAR jenis ini cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan).

    OLXer juga harus tahu, saat ini ada empat golongan kebakaran, yang terdiri dari kebakaran kelas A, B, C dan D. 

    Mau tahu penjelasannya? berikut ulasannya:

    – Kebakaran Kelas A

    Kebakaran Kelas A merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Plastik, Kain, Kayu, Karet dan lain sebagainya. 

    Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas A adalah APAR jenis Cairan (Water), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).

    – Kebakaran Kelas B

    Kebakaran Kelas B merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Solvent, Methanol dan lain sebagainya. 

    Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas B adalah  APAR jenis Karbon Dioksida (CO2), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).

    – Kebakaran Kelas C

    Kebakaran Kelas C merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan.

    Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas C adalah APAR jenis Karbon Dioksida (CO2) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).

    – Kebakaran Kelas D

    Kebakaran Kelas D merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium. Kebakaran Jenis ini perlu APAR khusus dalam memadamkannya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here