Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni 3 Alasan Pentingnya Service Mobil di Satu Bulan atau 1.000 Km...

    Ini 3 Alasan Pentingnya Service Mobil di Satu Bulan atau 1.000 Km Pertama

    Membeli mobil baru memang seperti mimpi menjadi kenyataan. Apalagi mobil yang kita miliki memang benar-benar sudah lama diinginkan sejak lama. 

    Namun OLXer harus tahu, ketika membeli mobil baru, maka wajib melakukan service berkala internal (SBI) secara rutin, terlebih ketika satu bulan pertama pemakaian atau jarak tempuh sudah mencapai 1.000 km. 

    Kira-kira kenapa yah service berkala di satu bulan atau jarak tempuh 1.000 km menjadi sangat penting?

    Menurut After Sales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, servis berkala satu bulan atau jarak tempuh sudah mencapai 1.000 km pertama untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil selalu dalam kondisi prima mulai dari awal penggunaan. 

    “Semakin penting lantaran saat ini sedang musim hujan sehingga mobil dituntut agar selalu siap dalam segala kondisi jalan,” ungkap Imansyah dalam keterangan tertulis.

    Ya, kata Iman, seperti kondisi saat ini dimana musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu dengan service di bulan pertama bisa membuat mobil selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis.

    Lebih lanjut Iman menjabarkan lebih detail mengapa servis berkala satu bulan atau jarak tempuh sudah mencapai 1.000 km pertama menjadi menu penting dan tidak boleh diabaikan.

    1. Servis berkala memastikan bagian-bagian mobil berfungsi optimal setelah digunakan dalam kurun waktu satu bulan dari penyerahan. 

    2. Servis berkala juga merupakan deteksi dini kondisi mobil, sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya. Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan terhindar dari pengeluaran biaya perbaikan yang besar. 

    3. Servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel. Tak terkecuali di bengkel mobil Toyota Auto2000.

    Lalu bagian apa saja yang diperiksa ketika servis berkala 1.000 Km pertama?

    Kata Iman, saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail seluruh komponen bergerak di mobil, antara lain:

    1. Pengecekan meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seat belt, dan head unit.

    2. Pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper. 

    3. Pada bagian mesin juga di cek, memastikan menjalankan pemeriksaan oli mesin, kondisi fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis kendaraan. 

    Iman menyatakan, dengan melakukan service bulan pertama atau 1000 km, maka jika terdeteksi ada kerusakan, maka akan segera dilakukan penggantian spare parts secara gratis. Semua pemeriksaanya juga tidak dikenakan biaya.

    Tentu saja, untuk komponen yang diganti juga dijamin kualitasnya dan masih garansi Toyota. Akan tetapi, garansi kerusakan tidak berlaku apabila karena  kesalah perlakuan pemilik

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here