Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Akibatnya Jika Mobil Keluaran Terbaru Sering Pakai BBM Premium

    Ini Akibatnya Jika Mobil Keluaran Terbaru Sering Pakai BBM Premium

    Bahan bakar minyak (BBM) jenis premium sempat dikabarkan akan dihapus. Namun kabar tersebut hanya isapan jempol, karena langsung ditepis pihak PT Pertamina Tbk (Persero) dan diungkapkan melalui Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

    “Saat ini, sesuai ketentuan yang ada, Pertamina masih menyalurkan Premium di SPBU,” jelas Fajriyah dalam keterangan tertulis. 

    Dihapus atau tidak, OLXer harus tau jika Premium merupakan jenis BBM yang memiliki nilai oktan atau Research Octane Number (RON) 88 atau paling rendah yang dijual Pertamina.

    Adapun nilai oktan yang terkandung dalam sebuah BBM semakin tinggi, maka BBM lebih lambat terbakar, sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang bisa mengganggu kinerjanya. 

    Oia, BBM dengan oktan tinggi juga cocok digunakan dengan kendaraan yang menggunakan kompresi tinggi seperti  atas 9. (biasanya digunakan pada sepeda motor dan mobil terbaru).

    Sementara Pertalite sendiri memiliki RON 90 dan Pertamax RON 9, dan Pertamax Plus Ron 95.

    Nah, OLXer juga harus tau, ternyata pabrikan otomotif jaman now sudah melakukan berbagai pengujian untuk penggunaan jenis bahan bakar minyak. Hasilnya, mereka ingin produk yang ditawarkan menggunakan minimal RON 92 atau pertamax.

    Sebaliknya, jika mobil-mobil terbaru masih menggunakan bahan dengan kadar oktan rendah dan tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan, termasuk yang tidak tercantum dalam sebuah buku manual. Artinya mobil atau sepeda motor OLXer siap-siap mengalami masalah. Hal ini pun diakui Service Manager Plaza Toyota, Parman Suanda.

    “Jika mobil menggunakan RON atau angka Oktane rendah dipasti performance akan berkurang,” ungkap Parman dalam pesan tertulisnya.

    Parman juga menyatakan, masalah lainnya yang akan terjadi jika mobil baru menggunakan BBM dengan kadar oktan lebih rendah, yaitu ruang bakar menjadi cepat berkerak dan mesin akan mengeluarkan suara mengelitik.

    Sedangkan paling parah, bukan tak mungkin masalah yang timbul berupa piston jebol atau stang seher jadi masalah.

    Sekadar informasi, jika mobil OLXer diianjurkan memiminum oktan minimal 92 atau pertamax, maka tingkat rasio kompresi kendaraan terbaru  minimal sudah mencapai 10:1.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here