Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Alasan Jendela Mobil Menggunakan Material Kaca, Bukan Plastik

    Ini Alasan Jendela Mobil Menggunakan Material Kaca, Bukan Plastik

    Sebuah mobil yang dibuat sejumlah perusahaan otomotif pasti sudah melalui proses panjang agar menghasilkan produk yang berkualitas dan tentunya mengedepankan rasa aman dan nyaman.Termasuk adanya sebuah jendela pada mobil.

    Keberadaan jendela memang bukan sekadar hiasan, tetapi menjadi hal penting agar terhindar dari debu, puing-puing, dan elemen lainnya dari luar. 

    Asal OLXer tahu, jendela mobil memang dibuat dari material kaca. Tapi tahu nggak kenapa dipilih kaca untuk jendela, kenapa tidak plastik atau lainnya?

    Nah, berdasarkan berbagai sumber, artikel ini akan membahas alasan kenapa jendela mobil menggunakan kaca material kaca, yaitu:

    1. Visibilitas

    Visibilitas atau dalam kamus besar bahasa Indonesia artinya keadaan dapat dilihat dan diamati. Ya, kejelasan jarak pandang menjadi hal penting ketika berkendara. Itulah salah satu poin utama jendela mobil menggunakan bahan kaca.

    Dengan menggunakan bahan kaca, maka pengemudi dan penumpang di dalam mobil akan mudah melihat ke berbagai arah, sehingga akan memberikan rasa nyaman di dalam.

    2. Keamanan

    Kaca jendela mobil juga dianggap lebih aman. Perlu dicatat, kaca jendela mobil tidak sama seperti kaca botol atau jendela rumah. Sebab, di zaman saat ini kaca jendela mobil dianggap lebih kuat dan dibuat dengan formula yang tepat dan prosesnya cukup lama.

    Ya, kaca mobil biasanya terbuat dari bahan temper, dimana kaca sulit pecah apabila terkena benda. Jika pun pecah, kaca tidak akan berbahaya seperti kaca piring atau botol. Sebaliknya bentuknya akan menjadi bagian kecil dan sisinya tumpul sehingga tidak mudah melukai pengemudi atau penumpang apabila terjadi kecelakaan.

    3. Terlihat cantik

    Jendela mobil berbahan kaca juga dapat terlihat lebih estetik dan sedap dipandang. Apalagi, kaca jendela yang digunakan bersih terhindar dari debu dan goresan.

    Akhirnya kaca terlihat cantik. Interior banyak mobil modern merupakan bagian dari pernyataan fesyen, dan kaca yang digunakan pada jendela memungkinkan para desainer untuk mengintegrasikan desain interior dan eksterior menjadi satu kesatuan yang utuh dan menyenangkan mata.

    Kaca plastik 

    Memang kaca sangat berat tidak seperti plastik. Padahal, plastik yang lebih ringan juga bisa digunakan untuk jendela. Ya, itu tentu saja benar, terlebih saat ini bisa menggunakan kaca plexiglass atau akrilik.

    Tetapi, perlu OLXer ketahui, kaca plexiglass dengan bahan material plastik justru lebih berbahaya. Lantas apa yang membuatnya bahaya?

    Pertama, kaca akrilik menghasilkan zat beracun apalagi jika terkena panas. Ya, walau murah namun kaca akrilik tidak cocok untuk jendela mobil.

    Kedua, kualitas di luar standar. Kaca akrilik dapat meleleh pada suhu 160 derajat. Alhasil, jika mobil dijemur di atas panas matahari bisa memuai. Apalagi, jika terjadi mobil kecelakaan kemudian timbul kebakaran, maka kaca ini akan cepat meleleh.

    Ketiga, mudah tergores. Kaca akrilik memang memiliki daya tahan lebih rendah, sehingga jika terkena barang akan mudah tergores.

    Keempat, tidak dapat didaur ulang. Karena bahan kaca akrilik terbuat dari larutan kimia, maka jika didaur ulang akan lebih sulit dan tidak sehat.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here