Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Alasan Lampu Hazard Jangan Digunakan Saat Hujan

    Ini Alasan Lampu Hazard Jangan Digunakan Saat Hujan

    Sudah sewajarnya jika mengemudi pada saat kondisi hujan, kita harus ekstra berhati-hati dan tetap konsentrasi. Pasalnya, saat hujan jalanan akan menjadi lebih licin dan juga genangan air semakin melebar hingga menutupi jalan.

    Selain itu, ketika OLXer berkendara kemudian hujan turun, ada baiknya jangan ngebut dan tetap waspada dengan kondisi di sekitar.

    Nah, bicara soal berkendara pada saat hujan turun ada yang perlu OLXer ketahui yaitu jangan jadikan kebiasaan menggunakan lampu hazard. Sebab, jika tetap menggunakannya saat hujan itu adalah salah.

    Seperti diketahui, fungsi lampu hazard bukan digunakan ketika saat hujan turun. Sebaliknya, lampu sein yang berkedip bersamaan ini dipakai sebagai penanda keadaan darurat atau isyarat peringatan bahaya.

    Fungsi lampu hazard untuk kondisi darurat ini tertuang dalam pasal 121 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang berbunyi:

    1. Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau Parkir dalam keadaan darurat di Jalan.

    2. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku untuk Pengemudi Sepeda Motor tanpa kereta samping.

    Adapun penggunaan lampu darurat ini artinya, ketika mobil dalam keadaan darurat, seperti saat mogok, kecelakan lalu lintas, atau berhenti di tepi jalan karena untuk memperbaiki

    Jika OLXer menggunakan lampu hazard, maka otomatis pengendara lain yang paham soal UU No 22 Tahun 2009 akan menyangka mobil yang dikendarai bermasalah dan pengemudi lain akan memperlambat laju kendaraan yang justru sangat membahayakan pengendara lainnya.

    Oleh karena itu, jika masih menggunakan lampu hazard, maka pengemudi yang berada di belakang akan merasa terganggu dan was was.

    Tidak hanya itu, jika menggunakan lampu hazard, hal tersebut dapat membuat pengendara yang ada di belakang menjadi tidak tahu, apabila OLXer ingin berbelok arah. Akan tetapi, jika OLXer memang ingin berhenti karena hujan sangat deras, pastikan berhenti di tempat aman dan baru nyalakan lampu hazard. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here