Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Alasan Pentingnya Servis 1.000 Km di Mobil Baru

    Ini Alasan Pentingnya Servis 1.000 Km di Mobil Baru

    Jakarta – Setiap pemilik mobil baru sudah pasti akan selalu mendapat perhatian dari tim customer service merek mobil yang dibelinya. Tujuannya untuk menanyakan kepuasan konsumen serta tentunya mengingatkan urusan servis di bengkel resmi.

    Apalagi kalau usia mobil belum sebulan atau masih di bawah 1.000 km, tim CS wajib mengingatkan pemilik mobil untuk segera melakukan servis pertama. Dan OLXer sebagai pemilik mobil juga jangan sampai mengabaikan hal ini. Akan fatal dan kalian berpotensi rugi.

    Secara logika pasti kalian bertanya, untuk apa mobil baru yang jarak tempuhnya juga belum seberapa wajib untuk di servis?

    OLXer harus tahu, kebutuhan servis pertama atau servis 1.000 km itu sifatnya wajib karena erat kaitannya dengan urusan warranty.

    Bukan berarti mobil yang OLXer beli itu jelek. Tujuannya cuma untuk memastikan kalau kondisi mobil kalian sesuai dengan standar dan keseluruhan bagian dan fiturnya berfungsi secara optimal.

    Saat servis berkala, maka seluruh komponen bergerak di mobil OLXer akan diperiksa secara detail. Bila ditemukan gejala-gejala yang tidak semestinya, maka bisa diantisipasi atau dilakukan penggantian karena masih dalam masa warranty.

    Salah satu syarat warranty berlaku adalah rutin melakukan servis dan pengecekan berkala di⁠ bengkel resmi merek mobil yang OLXer beli. Bila kalian sampai lupa atau malas karena tak punya waktu ke bengkel resmi untuk servis sesuai aturan di buku manual kendaraan, jangan pernah menyalahkan pabrikan atau tim sales tempat membeli mobil saat klaim warranty kerusakan mobil kalian akan ditolak.

    Lalu apa saja sih yang biasanya diperiksa saat kita melakukan servis 1.000 km?

    Tentunya berbagai fungsi mulai dari eksterior, interior sampai ke mesin. Mulai dari sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, head unit, bodi, pintu, lampu-lampu, wiper, oli mesin, fan belt, volume air radiator, minyak rem, hingga baut baut yang menempel. 

    Selanjutnya transmisi, kopling serta kaki-kaki seperti sokbreker, dan juga fungsi rem, semua harus dipastikan berfungsi atau beroperasi sesuai standar. 

    Ganti oli mesin juga menjadi treatment wajib saat servis 1.000 km. Mengapa? Mesin mobil baru memerlukan waktu untuk penyesuaian. Serpihan metal dari hasil kerja (gesekan) di mesin berisiko muncul dan tercampur oli.

    Sudah pasti oli mobil dari kilometer awal ke 1.000 km itu akan sangat kotor dan wajib untuk diganti. Kalau tidak, muncul risiko menggores ruang pembakaran dan bahkan merusaknya. Kalau sampai kejadian seperti ini, siap-siap saja rogoh kocek dalam-dalam.

    Hal terakhir yang harus diperhatikan dan juga tidak kalah penting adalah pastikan OLXer melakukan servis pertama atau servis-servis berikutnya di bengkel resmi. Kenapa? karena dengan melakukan servis di Beres maka service record kendaraan OLXer akan selalu tercatat, baik itu di bengkel maupun di buku servis yang selalu ada di dalam mobil.

    Ini juga termasuk langkah menguntungkan bagi kalian bila ke depannya punya rencana untuk menjual. Kondisi mulus dengan catatan servis yang tidak pernah terlewat mulai dari 1.000 km hingga seterusnya sampai OLXer menjual, tentu bakal mempengaruhi harga jualnya. 

    Kalau mau cari mobil bekas berkualitas, bisa klik disini. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here