Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Bagian Mobil yang Bisa Mengeluarkan Suara Bising

    Ini Bagian Mobil yang Bisa Mengeluarkan Suara Bising

    Salah satu masalah sepele pada sebuah mobil namun harus ditanggapi serius yaitu munculnya suara kasar, berisik atau bising dari bagian mesin. Parahnya, suara yang terdengar hingga ke telinga pengemudi dan penumpang bisa semakin hari, semakin kencang.

    Jika OLXer mendengar suara bising, perlu diketahui munculnya suara berisik di dalam kap mesin sumber utama atau permasalahanya berbeda-beda.

    Seperti dilansir Toyota of Seattle, beberapa suara berisik tersebut bisa jadi sinyal, bahwa ada bagian-bagian komponen tertentu pada mobil mengalami masalah. Nah, berikut ini ulasannya;

    1. Bearing

    Jika ada suara yang cukup terdengar dari mesin seperti mesin cuci bermasalah, kemungkinan akar permasalahannya terjadi pada bagian bearing yang membuat bagian mesin jadi sering bergetar.

    Bearing bisa saja sedang bermasalah atau aus, karena mobil digunakan atau dikendarai hingga jarak jauh dan cukup lama. Jika mobil OLXer mengalami hal ini maka segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa agar terhindar dari masalah yang lebih serius.

    2. Knalpot Rusak

    Suara keras dan berisik tidak selalu muncul pada mesin mobil, akan tetapi bisa saja karena knalpot bermasalah atau rusak. Jika memang benar terjadi pada bagian knalpot, biasanya selain muncul suara bising, maka ada juga asap yang keluar.

    Jika hal ini sering terjadi, maka ada baiknya sesegera mungkin dibawa ke bengkel untuk diperbaiki

    3. Oli Habis

    Suara keras dan berisik juga bisa terjadi pada bagian jantung mesin. Nah, jika mendengar suara gesekan apalagi sangat keras, sebaiknya cek kadar oli mesin.

    Untuk mobil baru mungkin bisa melihat langsung kekurangannya pada oli mesin pada indikator display, sedangkan untuk mobil tua biasanya akan sedikit bermasalah atau tidak berfungsi.

    Perlu dicatat, mesin sangat membutuhkan oli untuk melumasi logam-logam yang saling berbenturan ketika sedang bekerja. Sebaliknya jika oli habis, maka komponen yang berbahan logam akan saling bersinggungan, dan lama kelamaan akan mengalami aus dan menimbulkan mesin menjadi panas.

    4. Konverter Torsi Aus

    Pada mobil transmisi matik biasanya terdapat konverter torsi. Nah, jika oli transmisi matik berkurang, maka lama kelamaan konverter torsi akan rusak sehingga muncul suara berisik hingga sangat kasar, terlebih ketika melakukan pergantian transmisi.

    Jika suara bising tersebut terdengar terlalu lama ada baiknya langsung dilakukan perbaikan. Sebab jika dibiarkan kerusakannya akan bertambah parah.

    OLXer perlu ingat, jika mendengar suara-suara aneh maka hal itu jadi sinyal bahwa mobil sedang mengalami masalah. Sebaiknya lakukan untuk melakukan pengecekan rutin di bengkel resmi.

    Ayo bantu perangi COVID-19 dengan melakukan donasi untuk pembelian APD, caranya klik disini.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here