Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Bahayanya Jika Mobil Kelebihan Muatan

    Ini Bahayanya Jika Mobil Kelebihan Muatan

    Setelah hampir tiga bulan kita menjalani aturan pembatasan sosial yang menghalangi rencana untuk berlibur bersama keluarga, akhirnya pemerintah sudah mulai melonggarkan aturan PSBB yang memungkinkan rencana liburan tertunda tersebut bisa kembali diwujudkan.

    Tentu kalian sudah punya banyak rencana untuk mengunjungi lokasi wisata yang mungkin sudah lama diimpikan. Apalagi kendaraan kalian juga sudah lama tidak kemana-mana, jadi mungkin ini saat yang tepat untuk sejenak menghirup udara segar.

    Nah, saat perjalanan liburan kalian sudah siap, OLX mencoba mengingatkan beberapa hal agar liburan tetap menyenangkan tanpa menemui kendala apapun.

    Yang jelas hal pertama harus diperhatikan adalah kesiapan kendaraan. Jangan lupa untuk membawa mobil kesayangan kalian untuk dilakukan pengecekan di bengkel resmi. Kalau sudah, berarti kamu dan keluarga memang sudah siap untuk berlibur.

    Sekarang saatnya untuk mempersiapkan perjalanan liburan. Tips untuk liburan sudah dibahas dalam artikel sebelumnya. Tinggal bagaimana persiapan saat perjalanan, khususnya yang menyangkut urusan barang bawaan yang bakal dimuat ke dalam mobil. 

    Dalam melakukan perjalanan jauh seringkali kita membawa barang atau penumpang yang melebihi dari kapasitas maksimal mobil yang dikendarai. Dan hal ini ternyata menjadi salah satu pemicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan tanpa disadari oleh banyak orang.

    Kelebihan muatan pada mobil memiliki banyak risiko bagi aspek keselamatan saat berkendara. Hal ini terutama disebabkan karena adanya perubahan berat yang ditopang melebihi kapasitas maksimal pada mobil, sehingga dapat mempengaruhi kondisi-kondisi seperti: 

    • Keseimbangan dan kecepatan mobil saat melaju 
    • Berkurangnya tekanan angin pada ban, 
    • Berkurangnya kekuatan pada mesin 
    • Membuat penggunaan BBM menjadi lebih boros.

    Apalagi kalau muatan tersebut diletakkan di atas mobil menggunakan roof rack dengan kondisi tidak tertutup rapat dan tidak terikat dengan kencang, risiko bahaya yang timbul jauh lebih besar.  

    Titik keseimbangan mobil akan berubah dan mempengaruhi laju mobil saat berkendara, mobil jadi lebih sulit dikendalikan karena hambatan udara yang semakin besar.

    Kelebihan Muatan Bisa Batalkan Klaim Asuransi 

    Kelebihan muatan dan penumpang tidak cuma membahayakan diri kalian dan keluarga, tapi juga membahayakan orang lain yang berada di jalan. Risiko kerugian juga lebih besar lagi. Karena meski mobil kalian dilindungi oleh asuransi, bisa saja klaim kerugian kalian akan ditolak.

    Jika terbukti salah satu penyebab kecelakaan terjadi karena adanya kelebihan muatan seperti contoh kapasitas mobil hanya tujuh seater, namun ternyata saat kecelakaan terjadi penumpang di dalam mobil terdapat 12 orang, maka pihak asuransi tidak dapat membantu untuk klaim asuransi. 

    Pengecualian ini sesuai dengan yang tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II Pengecualian Pasal 3 ayat 1.4 yang berisi:

    “1.4. Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang.”

    Dengan tegasnya aturan asuransi yang sudah tertuang dalam Polis tentu akan membuat kalian bisa berpikir lebih bijak lagi jika mau memuat barang dalam jumlah yang banyak ataupun mengangkut penumpang melebihi kapasitas mobil.

    Informasi lebih jelas soal aturan tersebut bisa kalian akses melalui GardaOto.com atau menghubungi Garda Akses melalui call center Asuransi Astra di nomor 1-500-112. 

    Garda Oto dari Asuransi Astra merupakan asuransi kendaraan terpercaya. Saat ini untuk kalian yang ingin membuka Polis ada spesial promo berupa voucher diskon hingga Rp 4.900.000 + cicilan nol persen dengan kode promo TETAPSIAGA. 

    Jadi sebaiknya jika ingin berlibur tetap utamakan keselamatan, dan ingatlah selalu bahwa keamanan adalah hal terpenting yang harus diutamakan. Dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan, perjalanan pun akan semakin nyaman dan menyenangkan.

    Juga jangan pernah lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah untuk tetap #JagaJarak kapanpun dan dimanapun, demi membantu memperlambat laju penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. 

    Semoga pandemi ini dapat segera diatasi dan kita semua berhasil melewatinya dengan selamat, kita semua kembali beraktivitas normal seperti sedia kala dan bisa berlibur tanpa harus merasa was-was.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here