Kamis, Oktober 5, 2023
Lainnya
    Tips & TrikIni Dampak Kalau Terlalu Sering Pakai Standar Samping saat Parkir Motor

    Ini Dampak Kalau Terlalu Sering Pakai Standar Samping saat Parkir Motor

    Terlalu sering menggunakan standar samping saat parkir bisa memberikan dampak buruk pada motor kamu, lho!

    Seperti yang OLXer tahu, motor memiliki 2 standar yaitu standar 1 (standar samping) dan standar 2 (standar tengah). Kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah saat memarkirkan motor sering menggunakan standar samping daripada standar tengah.

    Terlalu sering menggunakan standar samping saat parkir motor bisa memiliki beberapa dampak negatif. Meskipun standar samping adalah fitur yang berguna untuk menopang motor saat diparkir, penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan masalah.

    Baca juga: 7 Alasan Sepeda Motor Jadi Pilihan Masyarakat Indonesia

    OLXer, agar standar motor kamu bisa bertahan lama dan tidak menyebabkan masalah yang berkelanjutan, kenali dan pahami beberapa masalah yang bisa terjadi jika kamu sering menggunakan standar samping.

    1. Resiko motor mudah jatuh

    Standar samping

    Salah satu dampak paling jelas adalah motor mudah jatuh saat diparkir. Standar samping dirancang untuk menopang motor saat berhenti sejenak, bukan untuk menopang beban penuh motor dalam jangka waktu yang lama.

    Sehingga, keseimbangan pada motor menjadi berat sebelah dan ringkih. Jika kamu sering meninggalkan motor dalam posisi berdiri dengan standar samping, terutama di permukaan yang tidak rata atau angin kencang, motor bisa jatuh, mengakibatkan kerusakan pada motor dan bahkan cedera jika ada orang yang berada di sekitar motor.

    2. Aus pada sistem Standar Samping

    Penggunaan berlebihan dari standar samping dapat menyebabkan aus atau kerusakan pada sistem standar samping itu sendiri. Ini mungkin memerlukan perbaikan atau penggantian yang dapat mengeluarkan biaya.

    Baca juga: 13 Gaya Pengendara Motor yang Mengesalkan, Mana Paling Menyebalkan?

    Sebaiknya, jika kamu ingin memarkirkan motor, OLXer bisa menimbang terlebih dahulu untuk jangka waktu berapa lama motor tidak akan dipakai. Sehingga kamu bisa menggunakan standar yang tepat dan menjaga kualitas pada kedua standar di motor.

    3. Overloading

    Jika kamu membawa beban terlalu banyak pada motor, lalu kamu memarkirkan motor menggunakan standar samping bisa mengakibatkan motor mudah jatuh karena standar yang digunakan menahan di 1 titik tumpu.

    Terlalu sering menggunakan standar samping juga bisa mengakibatkan overloading pada sisi motor yang berdiri. Hal ini dapat merusak roda, bingkai, dan sistem suspensi pada motor.

    4. Masalah dengan pelumasan di motor

    Saat motor diparkirkan menggunakan standar samping, otomatis arah motor akan lebih berat sebelah dan menyebabkan pelumasan akan mengalir ke satu arah saja.

    Baca juga: 4 Penyebab Bodi Motor Kusam Jadi Tak Sedap Dipandang Mata

    Jika motor dibiarkan terlalu lama dalam posisi tersebut, cairan pelumas pada mesin bisa mengalir ke bawah dan menyebabkan masalah pada sistem pelumasan.

    Lalu, permasalahan selanjutnya dari hal tersebut adalah dapat mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang tidak efisien, masalah mesin, atau bahkan kerusakan lebih lanjut.

    5. Kemacetan pada standar samping

    Kejadian fatal yang bisa terjadi jika sering menggunakan standar samping adalah macet saat menahan beban pada motor. 

    Jika kamu memakai standar samping, otomatis beban akan selalu bertumpu pada bagian standar samping sehingga lama kelamaan motor menjadi tidak seimbang.

    Baca juga: Selain Mencuci, Ini Cara Mudah Merawat Body Motor 

    Karena tumpuan tersebut, standar samping menjadi mudah aus yang berakhir dengan macet dan fungsi pada standar menjadi tidak maksimal. Hal ini bisa menyulitkan Anda saat mencoba menggunakannya pada saat sebenarnya diperlukan.

    Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya gunakan standar samping hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya, seperti saat memarkir motor di permukaan yang rata atau tanah yang keras. 

    Agar kualitas dari kedua standar baik standar samping maupun standar tengah tetap optimal, lebih baik OLXer bisa bergantian menggunakan kedua standar tersebut saat memarkirkan motor kesayangan. 

    Baca juga: Asyiknya Touring Berkelompok, Biker Harus Perhatikan 7 Hal Ini!

    Jika kamu akan meninggalkan motor dalam waktu yang lama, lebih baik menggunakan standar tengah agar tumpuan pada motor menjadi seimbang dan tidak berat sebelah. Hindari juga menaruh beban berat jika ingin diparkirkan dalam waktu yang lama.

    Selalu periksa standar samping untuk memastikan bahwa itu dalam kondisi baik dan tidak ada masalah yang terlihat sebelum Anda menggunakannya. Pastikan kamu merawatnya secara berkala di rumah.

    Atau lebih baik, saat kamu ke bengkel langganan kamu, OLXer bisa meminta tolong kepada teknisi untuk diskusi waktu yang tepat untuk merawat standar samping ataupun standar tengah agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait