Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    BeritaIni Dia Pria Dibalik Desain Dynamic Shield Khas Mitsubishi

    Ini Dia Pria Dibalik Desain Dynamic Shield Khas Mitsubishi

    OLXer pasti pernah dong penasaran dengan siapa sih yang mendesain mobil-mobil jaman sekarang. Pasalnya, desain mobil yang dibuat cukup menarik perhatian bahkan produknya dipakai disegala penjuru dunia. 

    Bahkan, Mitsubishi jadi salah satu brand otomotif yang punya gaya bahasa desain sendiri dan diklaim khas yaitu Dynamic Shield.

    Nah ternyata asal muasal hadirnya desain Dynamic Shield ini lahir dari tangan seseorang bernama Tsunehiro Kunimoto. Pria ini ternyata jadi orang yang bertanggung jawab soal desain kendaraan penumpang Mitsubishi Motor.

    Menurut Kunimoto, desain Dynamic Shield lahir karena adanya perbedaan desain mobil jaman now dengan zaman ketika dia pertama kali sebagai desainer mobil. 

    Kata dia, pada awal karirnya mendesain mobil, konsumen akan melihat pada desain yang unik, inovatif dan sangat berbeda. Namun sekarang, dengan adanya ekspansi di industri otomotif, selain desain yang berbeda, unik dan inovatif, konsumen juga memikirkan fungsi dan daya tahan serta keamanan kendaraan. 

    “Perubahan seperti itu membuat saya berkembang, sekarang satu brand dapat membuat satu desain utama yang dapat diaplikasikan terhadap banyak kendaraan mereka, demikian juga dengan Mitsubishi. Disinilah tercipta konsep Dynamic Shield, yang akan terus bertahan sebagai ciri khas desain Mitsubishi hingga ke depan,” ungkap Kunimoto dalam keterangan tertulis, Rabu (12/2/2020).

    Kunimoto menjelaskan jika Dynamic Shield bukan sekedar nama desain, namun lebih ke filosofi berkendara yang memberikan perlindungan bagi pengemudi dan juga orang lain di sekitarnya, dengan mempertahankan tampilan sporty dengan performa tinggi. 

    “Dynamic Shield itu dikembangkan dari warisan Mitsubishi yang sudah mengakar sejak dulu. Jadi filosofi saya membuat desain berdasarkan dari warisan tersebut dan menciptakan sebuah identitas dari Mitsubishi. Satu-satunya cara memperkenalkannya adalah melalui tampilan depan dari kendaraan kita,” terangnya.

    Saat ini, bahasa desain Dynamic Shield telah dipergunakan pada setiap mobil baru Mitsubishi, mulai dari Xpander, Pajero Sport serta Triton yang kini sangat popular di Indonesia. 

    Awal Mula Kecintaan Akan Desain

    Kesuksesan Kunimoto dalam desain mobil-mobil Mitsubishi ternyata tak lepas dari pedoman yang dipegang teguh, yaitu :

    “Seorang desainer mobil itu harus bisa membuat sebuah karya yang benar-benar baru dan inovatif tapi tetap bisa menerjemahkan ekspektasi dari konsumen. Itu merupakan sudut pandang yang fundamental bagi seorang desainer”. 

    Pria yang menyelesaikan pendidikan di Musashino Art University, Jepang, ini bercerita, ketertarikan akan dunia desain berawal saat ia masih muda. Saat itu sang ayah seringkali bepergian keluar negeri dan membawa berbagai peralatan serta perkakas dari Eropa dan Amerika. 

    Kunimoto melihat barang-barang yang dibawa ayahnya memiliki desain yang sangat indah, berbeda dengan barang yang ada di Jepang saat itu. 

    “Dari peralatan yang dibawa oleh ayah, memicu saya menyukai dunia desain. Karena produk yang memiliki desain indah itu ternyata juga fungsional. Desain yang ergonomis dan fungsional itu benar-benar berkualitas bagus dan sejak itulah saya memutuskan untuk menjadi seorang desainer,” jelasnyanya.

    Ketika kuliah, Kunimoto juga pernah merasakan krisis minyak di era 1970-an di mana industri otomotif kala itu terkena dampaknya. Namun, Kunimoto percaya jika industri otomotif ini akan tetap bertahan dan terus berkembang, dan saat itulah ia memutuskan bahwa otomotif-lah yang akan menjadi fokus desainnya. 

    “Saya percaya di masa depan orang tetap membutuhkan pengalaman berkendara meski teknologi mobil sudah lebih canggih. Mobil di masa depan tetap akan memiliki desain yang bagus dan juga sistem yang modern. Hal-hal seperti ini yang membuat saya tertarik menjadi desainer mobil,” jelasnya.

    Bergabung dengan Mitsubishi

    Kecintaan akan sebuah desain membuat Kunimoto akhirnya berlabuh di perusahaan otomotif Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di pada 2014. Saat mengawali pekerjaannya itu, Kunimoto langsung berinteraksi dengan konsumen Mitsubishi di seluruh dunia.  Tujuannya hanya satu, ia ingin mengetahui apa ekspektasi konsumen terhadap produk Mitsubishi nantinya. 

    “Saat saya baru bergabung dengan Mitsubishi saya langsung mengunjungi negara di mana penjualan Mitsubishi sangat kuat, seperti Eropa, Asia, termasuk Indonesia. Di situlah saya menemukan kunci penting dalam kendaraan Mitsubishi, yaitu tangguh dan perawatannya mudah,” tutup Kunimoto.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here