Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaIni Dia Wanita Pertama yang Mengendarai Mobil Jarak Jauh

    Ini Dia Wanita Pertama yang Mengendarai Mobil Jarak Jauh

    Dunia otomotif kerap identik dengan pria. Apalagi mereka yang doyan bepergian jarak jauh mengendarai mobil, para pria paling menyukai hal tersebut.

    Namun bertepatan dengan International Women’s Day  yang jatuh pada 8 Maret 2021, OLXer harus tahu bahwa dari dulu kemampuan seorang wanita tak perlu diragukan lagi. Bahkan bisa menjadi sebuah kunci kesuksesan. 

    Setidaknya, orang yang pertama kali mengemudi mobil otomatis jarak jauh adalah seorang wanita bernama, Bertha Benz.

    Ya, sejatinya Bertha Benz merupakan istri dari Karl Benz yang tak lain pencipta merek mobil asal Jerman, Mercedes-Benz. Hanya saja, perjalanan Bertha mengendarai mobil sejauh 105 km pada tahun 1888 itu disebut-sebut dilakukan tanpa sepengetahuan sang suami.

    Bertha Benz
    Bertha Benz saat berusia 18 tahun. (Wikipedia)

    Sebaliknya, perjalanan Bertha menunggangi Benz Patent-Motorwagen dari Mannheim sampai Pforzheim dengan tujuan rumah sang ibu, hanya ditemani kedua anaknya, yaitu Richard berusia 13 tahun dan Eugen 15 tahun.

    Meski perjalanan tersebut bisa disebut tergolong cukup pendek, namun tidak bisa disamakan seperti saat ini. Hal ini karena sudah pasti kondisi jalanan belum semulus sekarang. Akan tetapi perlu diketahui, salah satu apotek di Wiesloch pun kini dijadikan sebagai SPBU pertama di dunia.

    Selain pengendaraan, semangat Bertha untuk memotivasi suamianya, Karl, adalah untuk memastikan bahan bakar yang tepat pada Bens Patent-Motorwagen Numer 3. Tanpa sengaja, akhirnya ia menjadikan alkohol sebagai bahan bakar yang tepat,” tulis Wikipedia.

    Karena hanya bermodal alkohol, Bertha rupanya tak terlalu ambil pusing. Sebab, ketika bahan bakar habis dan terpaksa didorong, wanita kelahiran 1871 itu cukup menghampiri apotek untuk sekedar isi bensin.

    Akan tetapi OLXer juga jangan beranggapan perjalanan Bertha dan dua anak lancar jaya. Sebaliknya, mobil mereka sempat mengalami masalah teknis, mulai dari rantai putus, kerusakan ban, saluran bahan bakar mampet, hingga radiator cepat menguap.

    Bertha Benz
    Ilustrasi Bertha Benz dan anaknya. (mercedes-benz)

    Bagi Bertha, dengan perjalanan panjang tersebut menjadi bukti pengujian dan untuk memberikan motivasi untuk mewujudkan visi Karl Benz menjadi kenyataan. Hal ini terbukti, Mercedes-benz jadi salah satu brand otomotif ternama dimana produknya ada di sejumlah wilayah di dunia. 

    Kehebatan Benz Patent-Motorwagen

    Diketahui pula, mobil Benz Patent-Motorwagen yang dikendarai Bertha, sejatinya sudah dibuat pada 1885 atau tiga tahun sebelum dikendarainya hingga ratusan km.

    Untuk jantung pacu,  Benz Patent-Motorwagen  mobil 1 silinder yang mampu memuntahkan daya hanya 2,5 Tenaga kuda. Mobil memiliki 3 roda, 1 di depan dan 2 di belakang dengan kecepatan maksimum 40 km per jam sama.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here