Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Sekadar Gaya Tapi...

    Ini Fungsi Spoiler Mobil, Bukan Sekadar Gaya Tapi…

    Spoiler, merupakan komponen yang ada pada mobil ini sering kali menempel di belakang mobil jenis sedan tepatnya di atas bagasi. Hanya saja, belakangan ini spoiler juga kerap kali ditemukan menempel pada mobil jenis hatchback hingga Multi Purpose Vehicle (MPV). 

    Ya, penggunaan spoiler mobil bagi orang awam memang mampu membuat tampilan tunggangannya jadi lebih menarik, karena terlihat sporty, keren dan pastinya estetika bagian bokong mobil tidak tepos.

    Namun OLXer juga harus tau apa itu fungsi spoiler mobil sesungguhnya?

    Sejatinya, keberadaan spoiler ini bukan sekadar aksesori atau cuma pemanis pada bagian eksterior mobil. Sebaliknya, fungsi aksesoris yang juga disebut sayap mobil ini berguna untuk mempengaruhi gaya angkat aerodinamis pada mobil. 

    Keberadaan spoiler sendiri akan sangat berguna jika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, dimana saat mobil melesat cepat sejatinya mobil bisa terangkat, sehingga terasa melayang, yang bisa berakibat mobil jadi tidak stabil atau hilang kendali. 

    Oleh karena itu, dengan adanya spoiler akan memberikan efek downforce atau tekanan ke bawah pada mobil, sehingga mobil akan mudah dikendalikan. 

    Hal ini pula menjadi alasan kalau mobil-mobil balap pasti menggunakan spoiler. Akan tetapi, untuk mobil balap spoiler tidak hanya ada di belakang, tetapi juga diterapkan di depan dan juga samping. 

    Lantas apakah masih perlu menggunakan spoiler?

    Perlu atau tidaknya, kembali lagi bagaimana tujuan si pengemudi. Apabila berkendara santai tanpa melaju terlalu cepat, sebaiknya tidak menggunakan spoiler. Namun, jika menginginkan mobil yang sporty dan mengedepankan kecepatan, sebaiknya selalu perhatikan spoiler yang dipasang dengan baik. Ini akan membuat mobil stabil dalam kecepatan tinggi.

    Oia, karena tingginya peminat spoiler, saat ini produk aftermarket komponen ini memang banyak dijual bebas. Hanya saja, jika ingin menggunakan spoiler pastikan pemasangannya dilakukan dengan benar. 

    Menurut Nissan, kesalahan dalam memasang spoiler yang asal-asalan justru dapat menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar. Jadi, pastikan untuk memasang spoiler secara baik dan benar di tempat yang terpercaya

    Adapun spoiler sendiri memang kerap dipasang pada mobil-mobil modifikasi dengan tema sporty. penggunaan Spoiler memang akan jadi lebih sedap dipandang mata. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here