Ini Hebatnya Busi NGK G-Power, Performa Lebih Maksimal, Harga Lebih Ekonomis

0
88

News.OLX.co.id – Saat membahas jenis busi tentu pemilik kendaraan dihadapkan pada banyaknya pilihan jenis-jenis busi yang semua menawarkan berbagai keunggulannya. Ini memang bukan topik yang pantas dikesampingkan, mengingat pentingnya fungsi busi di berbagai model kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Busi berfungsi untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna pada mesin bensin agar performa kendaraan menjadi lebih baik.

NGK Busi Indonesia merupakan salah satu produsen busi di Tanah Air punya produk unggulan bernama NGK G-Power yang menggunakan material logam mulia jenis platinum di pusat elektroda-nya. 

Jenis platinum ini diklaim bekerja lebih baik dibanding dengan busi berbahan nikel dalam menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna serta lebih maksimal menahan panas hingga 21 persen.

Titik leburnya juga lebih tinggi dari nikel, serta harga lebih murah dibanding iridium.

“Dibandingkan dengan busi berbahan nickel alloy, bahan dari platinum ini punya lifetime lebih lama, lebih rendah emisi, dan yang pasti lebih hemat bahan bakar,” jelas Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia beberapa waktu lalu.

“Karena termasuk dalam golongan logam mulia, platinum punya daya tahan terhadap korosi bahkan pada suhu tinggi sekalipun. Bisa mencegah terjadinya proses karbon sehingga kinerja busi semakin maksimal,” lanjut Diko Oktaviano.

Sempat disinggung bahwa material platinum harganya lebih ekonomis dibandingkan bahan iridium. Meski lebih murah, kinerja central electrode yang menggunakan material platinum tidak kalah dengan yang iridium.

Tersedia untuk berbagai jenis dan merek kendaraan, NGK G-Power dipasarkan dengan harga mulai Rp30 ribu sampai Rp50 ribu/pcs. Peruntukan mesin mobil yang membutuhkan 4 buah busi sekali penggantian, pemilik mobil cukup mengeluarkan sekitar Rp200 ribu, jauh lebih irit jika harus menggunakan busi iridium. 

“NGK G-Power memiliki trapezoidal ground electrode di bagian ujungnya, sengaja didesain seperti itu untuk mengurangi efek quenching (hambatan perambatan api) serta meningkatkan area pembentukan energi atau ledakan,” tambahnya.

Selain itu ukuran diameter central electrode-nya juga lebih tipis membuat percikan listrik lebih konsisten, lebih fokus serta stabil. Hasilnya, daya pengapian busi pun lebih meningkat.

Dari seluruh keunggulan yang ditawarkan busi NGK G-Power adalah kemampuannya melakukan self cleaning berkat teknologi thermo edge. Hadirnya celah khusus dengan ukuran yang lebih besar dibanding busi nikel menjadikan karbon tidak sempat menempel di kepala busi karena sudah lebih dulu habis terbakar sambaran listrik. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here