Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaIni Kehebatan Mobil Mercedes-Benz S600 Guard Presiden Jokowi

    Ini Kehebatan Mobil Mercedes-Benz S600 Guard Presiden Jokowi

    Sah, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dipastikan mendapat mobil dinas baru yaitu Mercedes-Benz S600 Guard. Hal ini disampaikan langsung melalui siaran pers Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Kamis (22/8/2019).

    Sejatinya, mobil asal Jerman ini merupakan versi terbaru namun jenis modelnya masih sama seperti yang digunakan presiden, yaitu sama-sama menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard.

    Kabar yang beredar, alasan mobil dinas presiden RI kudu dan mesti diperbarui lantaran model mobil sebelumnya sudah berusia lebih dari 10 tahun dan kerap mengalami mogok. Apalagi ketika mobil mogok, pak presiden ada di dalamnya dan sedang melakukan perjalanan dinas.

    Nah, berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan penggantian. 

    Karena itu, untuk mendukung orang nomor satu di Indonesia menjalankan tugasnya, maka Kemensetneg bertanggung jawab mengelola sarana mobilitas, termasuk pengadaan mobil dinas baru.

    “Dukungan yang prima diwujudkan melalui penggantian sarana mobilitas Kepresidenan yang sangat vital, yakni kendaraan kelas VVIP Kepresidenan yang menjadi kebutuhan pada tahun 2019 ini,” dilansir siaran pers Kemensetneg.

    Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard

    Nah, kalau begitu seberapa hebat mobil Mercedes-Benz S600 Guard, berikut ulasannya:

    Sejatinya, mobil jenis ini tak bisa dijual bebas seperti mobil-mobil mewah pada umumnya. Untuk membelinya sang konsumen harus memenuhi kriteria khusus, termasuk latar belakang. 

    Oia, yang perlu OLXer tau Mercedes-Benz S600 Guard dijejali berbagai fitur perlindungan tingkat tinggi, termasuk sudah mendapatkan sertifikat VR10, dimana sertifikat ini jadi paling tinggi untuk kendaraan non militer. 

    Dengan sertifikat VR10 ini pula mobil tersebut dianggap mampu melindungi dari serbuan peluru sampai kaliber 7,62 mm dan ledakan granat tangan HG 85. Termasuk kaca jendela tahan peluru yang berbahan armaid atau serat sintetis dan komponen polyethylene yang kemudian dilapisi polikarbonat. 

    Kaca tak mudah pecah, sehingga tak akan membuat berbahaya bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya. Bagian kaca depan dan jendela depan juga dibuat tahan panas.

    Pada dasarnya mobil ini memang custom, dan sesuai dengan permintaan konsumen. Artinya, kalau konsumen mau ingin ada segala macam di dalam mobil hal itu bisa saja.

    Fitur hebat lainnya seperti tangki bahan bakar tak mudah pecah jika terkena ledakan dan dilengkapi sistem pemadam kebakaran otomatis.

    Tak sampai disitu, bagian kaki mobil ini dilengkapi ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470 yang mampu melaju di kecepatan 60 km tanpa udara atau ketika ban kempes. Serta dapat  mempertahankan lajunya meski berada di jalur aspal licin atau berkerikil.

    Untuk fitur keamanan dan keselamatan, antara lain Airbags untuk penumpang dan pengemudi, Airbags samping, Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Assist (HA), Electronic Stability Program (ESP), Tractional Control, Engine Immobilizer, Central Locking, Child Safety Lock, Power Door Lock, Automatic Headlamps, Cornering Lights, Turn Indicators On ORVM, Rain Sensing Wipers, Headlight Washers dan Headlamp Beam Adjuster.

    Sedangkan untuk dapur pacu dibenamkan mesin bensin tipe V12 Mesin bensin berkapasitas 5.980cc, 12 silinder yang mampu menghasilkan daya 530 Tk pada 4.900-5.300 rpm dan torsi 830 Nm pada 1900-4000 rpm. 

    Dengan mesin tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik dengan kecepatan 210 km/jam. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here