Minggu, Januari 16, 2022
More
    BeritaIni Mobil Masa Depan Toyota yang Buat Anak Presiden RI Kesemsem

    Ini Mobil Masa Depan Toyota yang Buat Anak Presiden RI Kesemsem

    Dari 23 line up Toyota yang hadir dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ada mobil yang cukup unik dan terasa asing. Ya, mobil tersebut adalah Fine Comfort Ride (FCR) Concept.

    Pada dasarnya, FCR ini bukan mobil yang dijual Toyota selama GIIAS 2019. Sebaliknya, mobil tersebut merupakan sebuah purwarupa yang digadang-gadang bakal jadi mobil masa depan yang ramah lingkungan berkat teknologi terkini milik Toyota.

    FCR Concept sendiri bukan mobil listrik, hybrid atau hibrida apalagi bensin atau diesel sebagai sumber tenaga penggerak, melainkan mobil ini berbahan bakar hidrogen atau fuel cell. Lantas apa kelebihan dari mobil fuel cell? Ternyata, dengan bahan bakar ini mobil ini tidak mengeluarkan asap atau polusi, apalagi hitam seperti mesin diesel, melainkan hasil pembakaran mesin justru menghasilkan air.

    Tak hanya soal bahan bakar, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menyatakan, mobil ini juga dilengkapi sejumlah fitur masa depan.

    Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, bersama sejumlah menteri dan pejabat Toyota berpose di samping mobil konsep Toyota  FCR disela acara GIIAS 2019.

    “Dia otonomos (tanpa sopir), dia (FCR) bisa kursinya di-arrange secara fleksibel. Sehingga mendukung mobility, misalnya orang mau meeting di mobil selama berkendara,” jelas Henry saat ditemui di acara GIIAS 2019 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

    Bicara soal meeting di dalam mobil. Bahkan, anak bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep juga sempat terlihat melakukan pembicaraan sambil duduk di dalam kabin FCR Concept saat berkunjung ke booth Toyota.

    “Ketika sedang menjajal duduk di dalam kendaraan konsep Fine Comfort Ride berteknologi FCV, sempat dijelaskan konsep mengenai kendaraan masa depan yang ramah lingkungan dan juga multi fungsi,” ucap Executive General Manager Marketing Planning PT TAM Franciscus Soerjopranoto.

    Kaesang Pangarep berbincang dengan  Executive General Manager Marketing Planning PT TAM Franciscus Soerjopranoto di mobil konsep Toyota FCR. (Toyota)

    Nah, OLXer pasti nggak mau ketinggalan dari Kaesang yang sudah lebih dulu dikasih tau soal FCR Concept. Memang tak banyak informasi hal mobil tersebut, hanya saja FCR Concept ini pertama kali hadir di ajang Tokyo Motor Show 2017 lalu.

    FCR Concept sendiri merupakan mobil berdimensi panjang 4.830 mm, lebar 1.950 mm, tinggi 1.650 mm, dengan jarak sumbu roda 3.450 mm. Dengan ukuran panjang, ternyata mobil ini mampu menampung enam orang penumpang. Cukup besarkan.

    Seperti disebutkan di atas, FCR Concept ini mengusung teknologi Fuel Cell. Meski sangat jarang untuk sebuah kendaraan di jalan raya dengan bahan bakar tersebut, namun Toyota mengklaim, FCR mampu melaju hingga 1.000 km dengan kecepatan maksimum 220 km/ jam, dan pengisian bahan bakarnya hanya memerlukan waktu 3.5 menit.

    Apakah mobil ini hanya sekadar mimpi? Usut punya usut, bahwa kabar yang beredar, Toyota FCR direncanakan akan diproduksi pada 2025 mendatang. (Her)

    Baca juga  Begini Cara Adaptasi Mitsubishi Fuso Terhadap Pandemi

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here