Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    BeritaBukan BMW atau Mercy, Ini Mobil Pertama di Bumi dengan GPS

    Bukan BMW atau Mercy, Ini Mobil Pertama di Bumi dengan GPS

    Global Positioning System (GPS) pada mobil menjadi peranti sangat penting karena mampu memudahkan kita bernavigasi saat berkendara. Saat pertama kali GPS diterapkan pada kendaraan, maka bisa disebut sebagai barang mewah.

    Di era orang masih banyak yang tersesat di jalan karena malu bertanya, mereka yang mengendarai mobil dengan GPS akan selamat tanpa nyasar sampai tujuan. Tapi ternyata bukan mobil dari raksasa Eropa seperti BMW atau Mercedes-Benz yang jadi pionir GPS built-in pertama di mobil.

    Ada satu masa di Jepang yang dikenal sebagai 'Bubble Era', ketika ekonomi Jepang sedang melesat dan pabrikan Negeri Sakura berlomba-lomba bereksperimen membuat mobil dengan desain nyeleneh hingga teknologi canggih yang bisa dibilang mendahului masanya.

    Salah satunya yang begitu menggila dengan lini produknya adalah Mazda. Selain melahirkan mobil dengan desain ajaib seperti Autozam AZ-1, mobil sport RX-7 (FD), roadster laris MX-5 (NA) dan lainnya, Mazda nyaris melahirkan sub-brand mewah seperti Lexus-nya Toyota. Namanya Amati. 

    Amati sudah menyiapkan mobil super mewah, sedan dengan V12 4.000cc yang konon bakal dinamai Amati 1000. Namun sialnya ekonomi Jepang kolaps dihantam resesi panjang dan proyek Amati batal. Akan tetapi setidaknya ada dua model yang sebelumnya diproyeksikan masuk lini produk Amati dan kemudian diselamatkan Mazda untuk tetap diproduksi.

    Pertama, ada Mazda Millenia. Cikal bakal Amati 1000 yang juga batal mendapat mesin V12. Kemudian model kedua adalah mobil pertama di bumi yang mendapat built-in GPS, Mazda Eunos Cosmo.

    mobil pertama dengan gps
    Sumber: Mazda

    Mazda Eunos Cosmo diproduksi pertama kali pada 1990 dan berakhir pada 1996. Mobil mengadopsi gaya bodi coupe 2+2 namun lebih cocok disebut grand tourer. Varian tertinggi Cosmo mendapat built in GPS dengan layar sentuh yang disebut Car Control System (CCS).

    Antena GPS dibuat tersembunyi di atap mobil dan layar sentuh digunakan untuk mengontrol dan memonitor semua fungsi seperti ABS, climate control, car phone, CD player bahkan TV. Mazda mengklaim GPS di Eunos Cosmo akurat sampai jarak sedekat 45 meter. 

    mobil pertama dengan gps
    Sumber: Mazda

    Selain Built-in GPS, Apa Lagi yang Spesial dari Mazda Eunos Cosmo?

    Eunos Cosmo dibangun di atas platform JC. Platform ini begitu spesial. Tidak pernah lagi digunakan Mazda untuk mobil lain selain Eunos Cosmo. Beranjak ke dapur pacu, ada dua opsi mesin yang ditawarkan dengan konfigurasi yang juga disebut pertama kali di bumi.

    Dua opsi mesin tersebut adalah mesin 13B-RE dan 20B-REW. Eunos Cosmo juga menjadi mobil pertama dengan mesin rotary yang dijejali twin sequential turbo yang dapat mengeliminasi turbo lag. Versi mesin 13B-REW twin-turbo bahkan baru mendarat di RX-7 FD pada awal 1992.

    mobil pertama dengan GPS
    Sumber: Mazda

    Adapun versi Eunos Cosmo yang dijejali mesin 20B-REW adalah versi yang lebih langka. Berkapasitas 2.000cc, mesin ini diklaim Mazda memuntahkan daya sekitar 280 Tk, sesuai gentlemen's agreement di Jepang soal pembatasan output mobil.

    Akan tetapi, sebenarnya mesin mobil ini mampu melontarkan tenaga hingga 300 Tk dan bisa melesat hingga kecepatan 255 km/jam, meskipun dibatasi secara elektronik mentok di 180 km/jam.

    Bukan hanya mesin yang spesial, konfigurasi suspensinya juga unik. Hal ini berkat suspensi belakang mobil yang menggunakan empat peredam kejut, alih-alih dua seperti biasanya.

    Nah jika itu masih belum cukup untuk menunjukkan betapa gilanya Mazda pada mobil ini di zaman itu, ada fitur sport mode berupa tombol yang disebut NRM/PWR. Tombol ini berfungsi untuk menahan gigi lebih lama dengan menaikkan titik perpindahan gigi, sistem yang diklaim Mazda juga sebagai yang pertama ada di bumi.

    Sumber: Mazda

    Mobil Hebat di Waktu yang Salah

    Selama siklus produksinya, Mazda Eunos Cosmo dibanderol pada titik harga yang sama dengan BMW dan Mercedes-Benz. Mobil hanya diproduksi sebanyak 8.853 unit dan dianggap sebagai pesaing berat mobil semacam Lexus SC 400 hingga Jaguar XJS. 

    Eunos Cosmo layak disebut sebagai mobil hebat Mazda di waktu yang salah. Saat skala perusahaan masih kecil, kurang beruntung akibat merosotnya ekonomi Jepang dan belum mengalihkan fokusnya ke segmen pasar yang lebih tinggi seperti sekarang.

    Semoga saja ketika generasi baru mesin rotary Mazda sudah masuk jalur produksi nanti, raksasa Hiroshima itu tak hanya melahirkan kembali RX-7, tetapi juga membuat model baru lain yang membuat dunia bisa mengingat kembali akan eksistensi si mobil canggih yang kurang beruntung, Eunos Cosmo. (Dhan/Her)

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here