Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasIni Mobil Pertama Mercedes-Benz yang Masuk ke di Indonesia

    Ini Mobil Pertama Mercedes-Benz yang Masuk ke di Indonesia

    Mercedes-Benz jadi salah satu brand otomotif premium yang ada di dunia. Namun OLXer juga harus tau, ternyata keberadaan si Mercy di Tanah Air secara khusus ternyata sudah lama juga lho.

    Mau tau seberapa lama? Usut punya usut, merek mobil asal Jerman ini ternyata sudah ada di pulau Jawa sejak 1894. Kala itu mobil pertama Mercedes-Benz berupa Benz Victoria Phaeton yang dimiliki Sultan Soerakarta (Solo), Pakoe Boewono X.

    Kehadiran Benz Victoria Phaeton ternyata hanya selang delapan tahun setelah sang penciptanya Carl Benz membangun mobil pertamanya yang dikenal sebagai mobil pertama di dunia.

    “Pakoe Boewono X memesan mobil Benz dari Pröttle & Co., sebuah perusahaan yang berlokasi di Passer Besar di Surabaya,” tulis keterangan resmi Mercedes-Benz, Minggu (9/2/2020).

    Perlu diketahui, Pakoe Boewono X membeli Benz Victoria Phaeton diimpor dari Eropa dan bernilai 10.000 Gulden. Tentu saja kala itu harganya cukup mahal.

    Jika dibayangkan di zaman dulu, tentu saja Pakoe Boewono bisa disebut sangat update, modern dan kaya raya. Pasalnya, di era saat itu sebagian besar transportasi darat terdiri dari sebuah kereta yang ditarik oleh kuda, maka kereta yang berjalan sendiri dan tanpa seekor kuda dianggap unik. Banyak orang di Jawa menyebutnya ‘Kreta Setan’.

    Benz Patent Motorwagen Roman Belogorodov / Shutterstock.com

    Sekadar informasi, mobil Benz Victoria Phaeton sendiri merupakan mobil roda tiga yang memiliki mesin satu silinder berkapasitas 2,0 liter yang mampu memuntahkan daya 5 hp. Mobil ini dilengkapi dengan ban karet yang keras.

    Oia, Pakoe Boewono juga punya mobil hebat lainnya saat dia menjadi sultan, yaitu Britze Daimler. Mobil Daimler ini hadir pertama kali 13 tahun kemudian atau 1907. Britze Daimler sendiri yang ditenagai mesin 4-silinder 45 hp.

    Adapun Mercedes-Benz hadir melalui agen resmi di Indonesia ternyata masuk pada 1970. Nah, bertepatan dengan 50 tahun Mercedes-Benz di Tanah Air, mereka mendonasikan replika mobil pertama di dunia, bernama Benz Patent-Motorwagen (Mobil Benz Patent Motor) kepada Museum Nasional Indonesia.

    Menurut Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun, Mercedes-Benz sangat gembira dapat mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen, kepada Museum Nasional Indonesia.

    “Mercedes-Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz. Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia dalam menjalankan misinya untuk mengedukasi mengenai wilayah Indonesia dan sejarahnya,” ungkap Choi.

    Nah, replika mobil Benz Patent-Motorwagen dipajang dalam pameran sementara yang bertajuk “Perjalanan menuju 50 tahun kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia” di Museum Nasional Indonesia, mulai dari 8-5 Februari 2020.

    “Oleh karena itu, kami bangga untuk merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upayanya dalam bidang pendidikan dan budaya transportasi,” ucap Choi.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here