Kamis, Desember 9, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Penyebab Ban Mobil Meledak di Jalan

    Ini Penyebab Ban Mobil Meledak di Jalan

    OLXer yang setiap hari bepergian menggunakan mobil, sudah seyogyanya melakukan pengecekan pada sejumlah komponen penting pada mobil. Tak terkecuali kondisi ban.

    Ya, ban memang memiliki peran penting. Pasalnya tak sedikit kecelakaan terjadi karena masalah ban. Bahkan, yang lebih terdengar menyeramkan yaitu ban meledak atau pecah dengan mengeluarkan suara sangat keras.

    Perlu diketahui, jika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi dan ban meledak, maka hal tersebut dapat membuat mobil jadi hilang kendali. Bahkan ada juga ban meledak tidak menutup kemungkinan mobil jadi bisa terguling.

    Nah, untuk sebelum menjelaskan soal langkah pencegahan, sebaiknya OLXer mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab ban meledak.

    1. Kurang tekanan angin

    Hal pertama yang membuat ban meledak ternyata karena kurang tekanan angin. Disebutkan, kekurangan angin cenderung jadi membuat ban mudah meledak dibandingkan kelebihan angin.

    Secara teori, ban yang kurang angin membuat bagian dinding ikut melar dan jadi menyentuh aspal.  Lama kelamaan, dinding ban mendapatkan gesekan apalagi ditambah pada kecepatan tinggi.

    Jika itu terjadi, bukan tak mungkin ban akan menjadi panas, hingga ban meledak tak terelakan.

    2. Kelebihan Beban

    Penyebab ban meledak bisa juga karena mobil kelebihan muatan dan diluar ambang batas. Potensi ban meledak biasanya terjadi pada kendaraan angkutan seperti halnya truk.

    Ya, tak sedikit oknum truk sengaja membawa muatan lebih banyak untuk menghemat waktu. Padahal, hal tersebut justru mengabaikan keselamatan.

    Maka dari itu, untuk mengurangi dampak atau resiko kecelakaan karena ban meledak, biasanya model mobil sejeni truk akan memiliki roda lebih banyak.

    3.  Ada Kerusakan

    Menambal ban yang bolong memang sah-sah saja, apalagi saat kondisi darurat. Namun perlu diperhatikan, jika ingin menambal ban pastikan tidak terdapat pada dinding ban, atau tambalan yang sudah banyak dan saling berdekatan.

    Sebab, ban meledak juga bisa karena sebelumnya sudah mengalami kerusakan, termasuk karena menabrak trotoar atau lubang.

    4. Usia  Ban

    OLXer juga harus tahu, jika mobil yang disimpan lama bukan berarti ban akan awet karena jarang dipakai. Sebaliknya, ban memiliki batas usia, mau mobil sering dipakai atau tidak.

    Terkadang, OLXer melihat mobil yang lama terparkir kondisi banya baik-baik saja. Namun satu hal yang pasti, apakah komponen karet ban masih tetap baik-baik saja atau tidak. Hal ini pula yang ternyata bisa membuat ban meledak.

    5. Cuaca Panas

    Yang perlu OLXer ketahui jika terjadi ban meledak, ternyata salah satu faktornya karena cuaca. Ya, jika kondisi cuaca sangat panas bisa mempengaruhi kondisi ban.

    Pasalnya, di sejumlah negara di dunia jika music panas, maka kerap kali terjadi kecelakaan yang disebabkan ban meledak.

    Cara mengatasi ban meledak

    Mengetahui penyebab ban pecah memang penting. Namun, jika itu terjadi pada kita, maka setidaknya OXLer harus mengetahui beberapa cara menanganinya.

    Pertama, jika ban pecah dan OLXer sedang berada dibalik kemudi, maka sebaiknya tetap tenang dan jangan membuat gerakan tiba-tiba. 

    Kedua, angkat kaki dari pedal gas secara bertahap dan jangan menginjak rem. Sebab, jika menginjak rem bukan tak mungkin hal tersebut membuat lingkar kemudi jadi lebih sulit dikendalikan.

    Ketiga, jika ban pecah biasanya lingkar kemudi jadi lebih berat. Maka dari itu pegang kemudi dengan erat dan terus kemudikan kendaraan lurus ke depan.

    Keempat, jika OLXer harus melakukan pengerem pada saat ban depan pecah, maka lakukan secara perlahan agar ketika mobil masih berakselerasi, beban kendaraan tidak terlalu banyak berubah.

    Kelima, jika ban belakang pecah, maka stabilkan arah mobil dan biarkan mobil melambat dengan sendirinya tanpa sengaja mengerem.

    Keenam, amati lalu lintas lain, beri sinyal seperti menyalakan lampu hazard dan keluar dari mobil, kemudian menepi dan cari tempat yang aman.

    Ketujuh, OLXer bisa meninggalkan mobil, namun pastikan bahwa mobil tetap aman selama ditinggalkan. 

    Kedelapan, ambil ban cadangan dan ganti ban rusak. Untuk cara menggantinya bisa melihatnya di buku manual atau mencari  langsung di internet.

    Nah, jika sudah mengetahui penyebabnya, sebaiknya OLXer memahami tips dan trik ban pecah untuk berjaga jika hal itu dialami.

    Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil baru, nggak ada salahnya jual mobil lamamu di OLX Autos selama ajang GIIAS 2021. Adapun OLXer Anda juga bisa melakukan booking sekarang untuk bisa mendapatkan gift card hingga Rp 5 juta. Untuk yang ingin booking bisa klik Di SINI.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here