Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    BeritaInovasi Canggih yang Akan Ada di Mobil Masa Depan

    Inovasi Canggih yang Akan Ada di Mobil Masa Depan

    Sudah bukan jadi rahasia lagi jika di masa depan teknologi akan semakin canggih. Termasuk hadirnya berbagai teknologi yang diterapkan pada sebuah kendaraan di masa depan. Setidaknya hal ini juga dipersiapkan perusahaan teknologi terkemuka asal Jerman, Bosch.

    Ya, di era serba canggih, Bosch mengembangkan berbagai inovasi guna mendukung internet of things (IOT) saat ini dan solusi apa saja yang dapat mempermudah kehidupan sehari-hari di masa mendatang, termasuk di jalan raya.

    Bosch juga meyakini, komputasi yang canggih untuk rancangan elektronik di masa depan seperti pada sebuah komputer kendaraan, mampu meningkatkan elektrifikasi, otomatisasi, dan konektivitas membuat permintaan perancangan elektronik di kendaraan semakin tinggi.

    Bahkan menurut mereka, salah satu kunci mobil masa depan terletak pada unit kontrol kendaraan berkinerja tinggi yang baru. Karena itu, komputer kendaraan Bosch akan meningkatkan kekuatan komputasi pada kendaraan sebesar 1.000 kali lipat pada awal dekade berikutnya.

    Bosch telah memproduksi komputer dengan kemampuan ini untuk pengemudian otomatis, power train, dan penggabungan sistem infotainment dan fungsi bantuan pengemudi.

    Nah, OLXer mau tau inovasi apa yang dibuat Bosch untuk mobil-mobil di masa depan apalagi mobil tersebut sudah mengusung teknologi listrik, berikut ulasannya:

    1. Battery in the Cloud

    Baterai yang satu ini bukan sembarangan baterai. Sebaliknya Battery in the Cloud diyakini dapat memperpanjang usia pakai aki di mobil listrik. Fungsi perangkat lunak pintarnya akan menganalisis status aki berdasarkan data real time dari kendaraan dan sekelilingnya.

    Perangkat lunak tersebut akan mengenali faktor-faktor yang memberatkan penggunaan aki, seperti pengisian daya secara cepat. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, perangkat lunak kemudian memperhitungkan langkah-langkah yang dapat melawan penuaan sel baterai, seperti proses pengisian ulang daya yang lebih optimal – lewat pengurangan keausan aki.

     2.   Convenience Charging

    Inovasi yang satu ini juga disebut sebagai solusi pengisian ulang daya dan navigasi terintegrasi dari Bosch. Dengan  Convenience Charging, maka inovasi ini dapat mengetahui prakiraan jarak yang tepat, perencanaan rute yang melewati stasiun pengisian ulang daya, serta proses pengisian ulang daya dan pembayaran yang nyaman.

    3. Mobile fuel cells

    Inovasi ini yang dibuat Bosch lainnya adalah mobile fuel cells  atau sel bahan bakar yang ringan dan mudah dipindahkan dengan jarak tempuh yang jauh, waktu pengisian daya yang singkat, serta pengoperasian kendaraan yang bebas emisi.

    Kecanggihan dari inovasi Mobile Fuel Cells ini adalah kemampuannya mengubah hidrogen dan oksigen menjadi energi listrik. Bosch berencana mengomersialkan sel bahan bakar ciptaannya yang telah disempurnakan bersama perusahaan Swedia, Power cell.

    Selain itu, Bosch juga sedang mengembangkan seluruh komponen utama sistem sel bahan bakar ke tahap siap produksi. 

    4.   Help Connect

    Inovasi Help Connect merupakan produk terhubung yang mampu menyelamatkan nyawa, seperti ketika mengalami kecelakaan.

     Ya, ketika terjadi kecelakaan memang membutuhkan bantuan secepatnya baik di rumah, ketika sedang bersepeda, berolahraga, di dalam mobil, atau sedang mengendarai sepeda motor. Untuk kondisi-kondisi seperti itu, dan situasi darurat lainnya, Bosch menawarkan solusi pelindung dalam wujud “Help Connect”.

    Menariknya, inovasi ini sudah terkonektivitas melalui aplikasi smartphone, dimana nantinya OLXer dapat mengirimkan informasi penyelamat kepada layanan darurat melalui pusat-pusat layanan Bosch.

    Solusi ini membutuhkan deteksi kecelakaan yang terotomatisasi, misalnya melalui sensor smartphone atau sistem bantuan kendaraan. Untuk itu, Bosch telah menambahkan algoritma tubrukan pintar pada sensor akselerasi di sistem kontrol stabilitas sepeda motor MSC-nya.

    Bila sensor mendeteksi adanya kecelakaan, sensor akan langsung melaporkan kejadian tersebut ke aplikasi – yang segera mengatur proses penyelamatan. Setelah terdaftar, solusi untuk penyelamatan nyawa ini dapat diaktifkan kapan dan di mana saja – secara otomatis di piranti terhubung, atau cukup dengan menekan satu tombol.

    Setidaknya, inovasi yang dilakukan Bosch akan dipamerkan di ajang Bosch Connected World 2020, yang berlangsung di Berlin, Jerman, 19-20 Februari 2020. 

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait