Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaTruk Hino Siap Terapkan Bahan Bakar B30 dan Lebih Banyak Fitur

    Truk Hino Siap Terapkan Bahan Bakar B30 dan Lebih Banyak Fitur

    Kendaraan komersial di Indonesia ternyata banyak dikeluhkan soal emisi. Hal ini pula membuat Hino Indonesia mengumumkan siap dalam menghadapi program pemerintah untuk penggunaan bahan bakar biodiesel sebesar 30 persen atau B30 sesuai yang tertuang pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 12 tahun 2015 tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar lain.

    Selain penggunaan bahan bakar B30, PT Hino Motors Sales Indonesia selaku agen pemegang merek kendaraan komersial Hino di Tanah Air berinovasi dengan menerapkan sejumlah fitur pada beberapa produk unggulannya.

    Nah, apa saja sejumlah fitur terbaru yang diterapkan Hino Indonesia pada produknya, berikut penjelasannya:

    1. Hino Connect

    Salah satu fitur terbaru dari Hino yaitu Hino Connect yang merupakan sebuah fitur telematics system dan mampu memberikan efisiensi bisnis. Dimana dengan Hino Connect, customer dapat lebih mudah mengatur manajemen operasional armadanya. 

    Customer dengan mudah dapat mengetahui lokasi armadanya sehingga dapat memprediksi waktu tiba di tujuan atau Expected to Arrive (ETA) dengan demikian akan meningkatkan efisiensi armada.

    Selain soal manajemen operasional, dengan Hino Connect maka hal itu membantu dalam manajemen pengemudi, dimana dengan fitur ini dapat mengetahui perilaku sopir mengemudi, durasi waktu mengemudi, dan mendeteksi kondisi kendaraan berhenti atau bergerak. 

    Dengan manajemen pengemudi ini memberikan keuntungan bagi customer karena data – data yang dihasilkan berguna untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional seperti bahan bakar.

    Disisi lain, Customer dapat memperoleh pengingat untuk perawatan berkala armadanya, karena Hino Connect akan memberikan data jarak tempuh setiap unit, sehingga perawatan kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu dan kendaraan Hino akan terus terjaga dan terawat tanpa khawatir lupa melakukan servis kendaraan. 

    Fitur Hino Connect sudah tersemat pada kendaraan Hino di tahun produksi 2020 atau VIN 2020. Fitur ini dapat digunakan secara gratis oleh konsumen selama 5 tahun dan didukung juga oleh tenaga – tenaga supporting yang terdapat pada dealer – dealer, dimana setiap dealer memiliki Hino Telematic Officer (HTO) yang siap melayani segala kebutuhan mengenai Hino Connect.

    2. Rear Camera

    Keberadaan Rear Camera juga akan sangat penting, karena dapat membantu pengemudi melihat kondisi di belakang kendaraan, sehingga lebih aman dan mencegah kecelakaan kerja ketika loading barang.

    Fitur ini merupakan bagian improvement Hino yang diterapkan pada kendaraan bisnis cargo baik itu Hino Dutro maupun Hino Ranger. 

    3. Side Under Mirror

    Nah, khusus produk Hino Ranger kini  diaplikasikan side under mirror yang berfungsi untuk mengurangi bagian yang tidak terlihat atau blind spot.

    Masalah blind spot memang jadi PR tersendiri bagi para pengemudi truk. Padahal dengan adanya fitur ini maka hal ini dapat membantu keselamatan bagi pengendara disekitarnya dan juga keamanan pengemudi itu sendiri. 

    Khusus kendaraan Hino Ranger segmen kargo yang umumnya melakukan perjalanan jarak jauh untuk mengantar logistik ke berbagai tempat di penjuru Indonesia. 

    4. Air Seat Suspension

    Hino juga melengkapi untuk varian Ranger berupa Air Seat Suspension, sehingga pengemudi dapat mengatur sendiri kursi kemudinya untuk mendapatkan kenyamanan selama di perjalanan dan tentunya ini berguna untuk mengurangi lelah ketika mengemudi. (Her)

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here