Kamis, April 25, 2024
Lainnya
    EventGIIAS 2024Inspeksi Mobil Bisa Dilakukan Sendiri, Lakukan Agar Harga Jual Mobil Anda Tetap...

    Inspeksi Mobil Bisa Dilakukan Sendiri, Lakukan Agar Harga Jual Mobil Anda Tetap Tinggi

    TANGERANG – Memastikan kondisi kendaraan bermotor Anda tetap bagus dan bebas dari masalah merupakan salah satu faktor penting bagi Anda yang ingin menjual mobil ataupun ingin memastikan kendaraan awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

    Namun demikian, banyak yang beranggapan bahwa mengecek kondisi kendaraan mobil merupakan hal yang sulit dan hanya dapat dilakukan oleh para ahli. Meskipun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, Sony Susmana, perwakilan dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) pada acara OLX Autos Spot GIIAS 2022 mengungkapkan bahwa ada beberapa proses inspeksi yang dapat Anda – pengguna kendaraan mobil – lakukan sendiri untuk menjaga harga jual mobil tetap bagus.

    Berikut adalah 17 tips & trick inspeksi kendaraan yang dapat Anda lakukan sendiri:

    Periksa bagian luar / eksterior 

    Perhatikan apakah bodi mobil Anda memiliki baret atau penyok. Periksa dan pastikan semua bagian eksterior mobil Anda seperti bumperspoiler, dan lainnya sudah terpasang dengan baik dan tidak longgar. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

    Periksa lampu depan dan belakang 

    Cek kondisi lampu depan dan belakang Anda seperti lampu low-beam, high-beam dan sein apakah dalam kondisi baik, tidak berkedip, redup, ataupun mati. 

    Periksa mesin

    Periksa kondisi mesin kendaraan Anda, buka kap mesin dan periksa apakah mesin berfungsi dengan normal dan tidak ada suara atau getaran yang dapat mengindikasikan adanya komponen yang longgar pada bagian mesin.

    Periksa V-belt 

    Selaras dengan poin sebelumnya, Anda dapat memeriksa kondisi V-Belt mesin Anda. Jika Anda mendengar adanya suara bising pada mesin mobil Anda saat menyala, maka mungkin penyebabnya ada di bagian V-Belt dari mesin. V-belt ini biasanya dapat ditemukan di bagian samping atau depan mesin dan kerap sekali tertutup oleh penutup plastik mesin. 

    Anda dapat memeriksa kondisi V-Belt saat mesin menyala dan memerhatikan apakah ada pergerakan yang tidak normal saat v-belt berputar. 

    Periksa Oli mesin 

    Anda dapat melakukan pemeriksaan volume oli mesin. Anda perlu mencari letak dipstick yang terletak di dekat mesin, lalu tarik keluar dipstick tersebut. Bersihkan dipstick dari sisa oli yang menempel, kemudian masukkan kembali untuk mengecek kondisi volume oli mesin kendaraan Anda. 

    Jika Anda melihat sisa oli terletak di bagian tengah dipstick, artinya tingkat volume oli mesin Anda berada di batas normal. Jikalau sisa oli ditemukan dibagian atas artinya volume oli mesin terlalu banyak, dan jika ada di bagian bawah dipstick, berarti volume oli mesin terlalu sedikit. 

    Periksa air radiator 

    Anda bisa memeriksa air radiator pada tabung cadangan yang terletak di bagian kap depan. Pastikan ari radiator berada di batas penuh dan tidak berkurang.  Jika saat Anda berkendara dan merasakan bahwa AC mobil Anda terasa kurang dingin, mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya air radiator. 

    Departure angle, break over angle, approach angle 

    Memeriksa approach angle, break over angle, dan departure angle juga bisa Anda lakukan sendiri dengan memerhatikan fisik mobil Anda dari luar. Approach angle adalah sudut termiring sebuah jalanan yang dapat dilalui oleh kendaraan Anda. Break over angle adalah titik tertinggi sebuah jalan yang dapat dilalui oleh mobil Anda tanpa menabrak bodi bagian depan mobil Anda. 

    Terakhir adalah departure angle adalah sudut termiring sebuah jalan yang dapat dilalui oleh mobil Anda tanpa menabrak bodi bagian belakang mobil Anda

    Periksa suspensi

    Anda dapat memeriksa apakah shockbreaker kendaraan Anda dalam kondisi yang baik atau tidak dengan memeriksa apakah ada cairan oli yang keluar dari shockbreaker tersebut. Anda juga dapat memeriksa kondisi shockbreaker saat Anda berkendara apabila Anda merasakan mobil Anda terlalu bergoyang saat melewati polisi tidur atau jalan berlubang 

    Periksa Ban Mobil 

    Periksalah tekanan ban mobil secara berkala. Selain itu juga periksalah kondisi ban mobil Anda dengan mengecek tread wear indicator (TWI) pada band Anda. Anda dapat menemukan TWI dengan melihat bentuk segitiga pada ban mobil Anda. apabila TWI sudah menonjol, maka ban sudah harus diganti. 

    Periksa Aki Mobil 

    Salah satu cara mengetahui apabila kondisi aki mobil Anda sudah bermasalah adalah jika Anda mengalami kesulitan saat starter mobil, mengalami masalah kelistrikan seperti lampu redup, suara klakson tidak nyaring. Hal hal diatas merupakan indikator aki yang bermasalah. Selain itu, umur ideal aki mobil adalah 2 tahun, jika sudah melewati waktu tersebut sebaiknya aki diganti meskipun tidak bermasalah. 

    Cek kebersihan kabin mobil 

    Pastikan kondisi interior mobil Anda baik. Periksa apakah ada bau yang tidak sedap di dalam mobil, tidak ada sisa-sisa makanan yang dapat mengundang kecoa. Pastikan juga karpet mobil sudah terpasang dengan baik dan benar agar tidak terjadi slip. 

    Periksa kondisi transmisi mobil 

    Anda dapat melakukan pemeriksaan kondisi transmisi mobil dengan melakukan perpindahan gigi dan melihat apakah perpindahan gigi tersebut terasa halus. Untuk transmisi otomatis, Anda juga dapat memeriksa dengan cara memasukkan tuas ke drive dan melihat apakah mobil Anda berjalan sendiri. 

    Periksa pedal rem 

    Periksa pedal rem kendaraan Anda dengan cara menginjak pedal rem dan melihat apakah tekanan menginjak rem terlalu dalam atau terlalu pendek. Jika terlalu dalam atau pendek, hal tersebut dapat menyebabkan pengereman kendaraan yang terlalu cepat atau lambat. 

    Kenali fitur PRS & SRS 

    Kendaraan mobil modern sudah dilengkapi dengan PRS dan SRS. PRS adalah primary restraining system sedangkan SRS adalah supplementary restraint system. PRS pada kendaraan mobil adalah sabuk pengaman, SRS pada kendaraan mobil adalah airbag. Pastikan kondisi sabuk pengaman Anda dalam kondisi baik dan terkunci dengan benar saat terpasang.

    Cek bahan bakar 

    Bahan bakar harus sesuai dengan nomor oktan. Karena banyak pengemudi tidak sadar menggunakan bahan bakar dengan nomor oktan dibawah ketentuan, mengakibatkan jangka panjang performa mesin dapat menurun.

    Cek kaca spion 

    Periksa apakah motor penggerak elektrik kaca spion bekerja dengan baik dengan menggerakkan kaca spion ke segala arah dan melihat apakah pergerakkan kaca spion bekerja dengan normal. Periksa juga apakah fungsi melipat kaca spion kendaraan Anda bekerja dengan baik atau tidak.  

    Periksa ketersediaan apar & P3K 

    Periksalah alat pemadam kebakaran mobil Anda. Alat pemadam kebakaran biasanya ditemukan di bagian bawah jok penumpang depan. Pastikan kondisi alat pemadam kebakaran dalam kondisi baik, dan juga periksa ketersediaan P3K mobil Anda yang biasanya terletak di bagian bagasi kendaraan. 

    Melakukan inspeksi kendaraan merupakan hal yang sangat penting guna untuk mengetahui kondisi kendaraan yang sebenarnya. Dengan mengetahui kondisi kendaraan yang sebenarnya maka kita pun dapat mengetahui valuasi yang akurat untuk kendaraan tersebut. 

    “Adapun inspeksi dapat dilakukan oleh semua pengemudi mobil, termasuk pengemudi perempuan. Tips tambahan yang perlu diketahui, seperti mengenali kendaraannya, merawat secara berkala, melihat kejanggalannya, serta melaporkan untuk perbaikan. Dengan tips sederhana ini, dapat membantu penjual mobil untuk bisa mendapatkan harga terbaik ketika menjual mobil mereka,” tambah Sony.

    Bagi mereka yang ingin menjual mobilnya tanpa harus pusing memikirkan inspeksi kendaraan yang harus dilakukan sendiri, OLX Autos menawarkan layanan inspeksi yang dilakukan secara menyeluruh dan juga diperiksa oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Otomotif Profesional Indonesia (LSP-TOP Indonesia). 

    OLX Autos memberikan proses inspeksi yang aman dan nyaman bagi pelanggan yang ingin menjual mobil. Selanjutnya para penjual hanya perlu melakukan 3C yaitu cek harga, cek kondisi mobil, dan cek rekening saja untuk dapat menjual mobil dengan cepat dengan harga terbaik sesuai dengan kondisi mobil. 

    COO OLX Autos Indonesia, Hendri Tadjuni menambahkan bahwa menjual mobil di OLX Autos dalam ajang GIIAS 2022 dapat dilakukan secara instan “Melalui 3C, OLX Autos senantiasa memberikan peace of mind kepada konsumen saat proses menjual mobil dengan proses inspeksi yang menyeluruh sehingga mobil bisa cepat laku dalam 1 kali kunjungan ke inspection center di area GIIAS dengan penentuan harga terbaik sesuai kondisi mobil, dan juga proses pembayaran cepat.”

    OLX Autos Hadir di GIIAS 2022

    OLX Autos melanjutkan perjalanannya di Indonesia dengan kembali bekerja sama dengan GAIKINDO menjadi official trade in partner pada event GIIAS 2022. 

    Upaya ini merupakan bentuk komitmen OLX Autos untuk memperkuat industri otomotif, dengan mempermudah calon pembeli mobil baru mendapatkan mobil idamannya dengan cara menjual mobil lamanya. 

    Selama gelaran GIIAS 2022 yang berlangsung pada 11-21 Agustus 2022, OLX Autos menghadirkan OLX Autos Spot yang hadir di beberapa titik, yakni di OLX Autos Spot di Hall 9, OLX Autos Information Booth di Hall 1, Hall 3A, Hall 5, dan Hall 10, serta Inspection Center di Area Parkir Hall 10 untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.Jual mobil lamamu di OLX Autos GIIAS 2022 sekarang dan dapatkan penawaran harga terbaik dari hasil pengecekan secara menyeluruh.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait