Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsInterior Warna Cerah Bikin Kabin Terkesan Lapang, Tapi Bagaimana Perawatannya?

    Interior Warna Cerah Bikin Kabin Terkesan Lapang, Tapi Bagaimana Perawatannya?

    Soal pemilihan warna interior mobil memang selalu bergantung pada selera masing-masing orang. Ada yang lebih suka pilih warna gelap sebagai warna favorit interiornya dengan alasan lebih mudah merawatnya dan jika kondisinya kotor tidak akan terlalu kelihatan.

    Tapi tidak sedikit juga yang memilih warna terang dan memilih jenis warna ivory dan beige sebagai warna favorit interior karena memberikan kesan kabin yang lapang. 

    Tapi sayangnya, interior berwarna cerah ini butuh sedikit perawatan ekstra, karena kalau kurang cermat menanganinya, bakal cepat terlihat kusam dan kotor bahkan terkesan jorok. 

    Nah, jika diperhatikan warna interior mobil yang terang umumnya terdapat pada bagian jok, panel pintu, dasbor, dan plafon. Semua bagian ini memerlukan perawatan lebih. Tapi jangan khawatir karena Anda bisa melakukan perawatan sendiri untuk menjaga warna interior tetap terlihat bersih dan menjaga kenyamanan semua penumpang selama berada di dalam kabin. 

    Kita mulai bahas bagian per bagian :

    Plafon

    Secara umum bahan plafon ada dua, pertama yang terbuat dari vinyl serta bahan kedua menggunakan bahan beludru.

    Jika plafon terbuat dari bahan vinyl, cara merawatnya sedikit lebih mudah. Cukup siapkan sikat nylon, kain lap majun, serta cairan pembersih. 

    Sebagai awalan, semprotkan cairan pembersih yang sudah dicampur air ke bagian yang terdapat noda kotor, kemudian gunakan sikat nylon untuk membersihkan bagian tersebut. Nah, cara menyikatnya searah, jangan maju mundur seperti menyikat cucian baju kotor agar kotoran terangkat.

    Setelah disikat, bersihkan dengan lap bersih untuk menghilangkan sisa kotoran yang sudah terangkat. 

    Tapi ada juga hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses pembersihan plafon tersebut, yakni model plafon yang diaplikasikan, model gantung ataukah model cetak. Kalau model gantung, cara di atas bisa dilakukan. 

    Sebaliknya jika menggunakan plafon model cetak, maka harus dijaga tidak terlalu basah agar lem perekat plafon tidak cepat rusak. Karena kalau terlalu basah, kain plafon bisa saja lepas dari cetakan dan menggantung. Plafon model ini biasanya diaplikasikan pada mobil Toyota Avanza. 

    Selanjutnya kita bahas bagaimana cara merawat plafon yang berbahan beludru. Biasanya bahan plafon ini diaplikasikan pada model-model kendaraan middle up, kalau di Toyota seperti Kijang Innova. 

    Untuk jenis ini sebaiknya hindari penggunaan sikat untuk membersihkannya, cukup pakai kain lap saja. Tapi kalau memang ada kotoran yang membandel alias susah hilang, silahkan menggunakan sikat dengan material bulu yang halus dan sikatnya juga pelan-pelan saja agar serat halus di beludru tidak rusak. 

    Jok

    Bagian interior kedua yang juga menawarkan dominasi warna cerah adalah bagian jok. Namun kebanyakan jok standar mobil keluaran pabrik berbahan fabric, kalau kita bicaranya mobil dengan harga middle low. Kalau model middle up biasanya sudah menawarkan bahan leather.

    Untuk bahan fabric ini punya karakter mudah menyerap kotoran karena memiliki pori-pori yang cukup lebar. Jika ada kotoran yang menempel di bahan ini, segera bersihkan agar tidak melekat dan menyebabkan proses pembersihannya semakin susah. 

    Prosesnya mirip saat kita membersihkan plafon berbahan vinyl, semprot cairan pembersih dan sikat sesegera mungkin. 

    Kalau yang dihadapi adalah bahan jok leather, prosesnya sedikit lebih mudah, cukup dengan menggunakan kain lap dan leather cleaner, maka kotoran akan dengan mudah terangkat. 

    Tapi untuk bahan jok leather, sebaiknya perawatan atau proses pembersihannya dilakukan berkala, minimal sebulan sekali dibersihkan agar kulit tidak cepat terlihat kusam. Gunakan conditioner dan leather cleaner.

    Hindari pembersih jok kulit berbahan silikon, karena hanya awal saja memberikan kesan kilap dan bersih. Dalam jangka waktu lama bisa membuat lapisan kulit mengeras dan pecah-pecah.

    Dasbor & Door Trim

    Terakhir kita bicara bagian interior yang berwarna cerah, yakni dasbor mobil dan panel trim door. Biasanya jika memilih mobil dengan interior warna ivory atau beige, dasbor dan trim door-nya juga akan mengikuti warna yang sama.

    Bahan dasbor ada yang terbuat dari vinyl dan juga soft touch. Tapi pada dasarnya kedua bahan tersebut bisa dibersihkan dengan cairan vinyl cleaner. Penanganannya tidak usah pakai sikat jenis apapun, cukup dengan kain microfiber yang sebelumnya disemprotkan cairan tersebut, kemudian diseka sampai bersih dan kering.

    Nah, hal yang terakhir yang harus diperhatikan adalah penggunaan pewangi kabin. Sebaiknya pilihlah pewangi dengan kemasan yang anti bocor, karena jika sampai menetes pada dasbor, akan timbul noda permanen yang tentunya sulit dibersihkan. 

    Semoga tips ini berguna bagi pemilik dan pecinta mobil dengan warna interior yang cerah. Pada intinya, warna interior cerah punya kelebihan namun sekaligus butuh perhatian ekstra agar selalu terjaga kebersihannya. (Source : Press Room Toyota)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here