Sabtu, Januari 22, 2022
More
    BeritaIsuzu Pastikan Kesiapan Aftersales di Era Euro IV

    Isuzu Pastikan Kesiapan Aftersales di Era Euro IV

    Emisi gas buang dengan standar Euro IV sudah ditetapkan pemerintah Indonesia berlaku mulai 1 April 2021. Hal ini pun akan dipenuhi perusahaan PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Isuzu di Tanah Air.

    Perlu diketahui bawah semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan maka semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatile hydrocarbon, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

    Maka dari itu, untuk standar Euro IV, kandungan nitrogen oksida pada kendaraan berbahan bakar bensin kiini tidak boleh lebih dari 80 mg/km, 250 mg/km.

    Sedangkan untuk mesin diesel tak boleh lebih dari 25 mg/kg untuk diesel particulate matter.

    Menurut Aftersales Business, Inventory & Logistic Div.Head PT IAMI Budhi Prasetyo, menyatakan, dengan standar Emisi Euro IV maka latar belakangnya adalah terkait bagaimana semua menjaga lingkungan dan kelestarian lingkungan menjadi lebih baik.

    “Bagi isuzu sudah dimulai sejak 10 tahun lalu lewat Giga yang menggunakan mesin Common rail, selama ini tidak ada masalah pada teknologi mesin tersebut,” ungkap Budhi dalam keterangannya.

    Aftersales masih sama

    Ilustrasi layanan antar jemput untuk perbaikan truk Isuzu. (ISUZU)

    Penggunaan standar Euro IV ini tentu saja menimbulkan pertanyaan bagaimana dengan layanan after salesnya?

    Nah, Aftersales Strategic & CRM Dept.Head PT IAMI Theo Martinez, menyatakan konsumen tidak perlu khawatir dengan adanya standar emisi Euro IV.

    Pasalnya, secara suku cadang dan perawatan tetap sama seperti standar emisi Euro II.

    “Dengan kondisi ini, part shop tidak perlu menambah stok yang sangat besar untuk membackup karena 90 persen sparepart sama dengan model sebelumnya,” kata dia.

    Theo pun mencontohkan beberapa model Isuzu yang sudah dibuat dengan Standar Euro IV dan Euro II, namun partnya masih sama, seperti Isuzu Traga mencapai 90 persen sama, ELF 83 persen sama, dan GIGA 90 persen juga sama

    Lebih lanjut dia menyatakan,  untuk di part fast moving, perbedaan pada Isuzu GIGA hanya ada tiga saja, yaitu Air Cleaner, Fuel Filter dan Cover Clutch.

    Sedangkan untuk Isuzu ELF ada lima, yaitu Belt Cooling Fan, Element Fuel Filter, Element Oil Filter, Disc Clutch, dan Cover Clutch.

    “Jelas dengan seperti itu, konsumen tidak perlu takut soal ketersediaan suku cadang karena tidak ada bedanya,” ujarnya.

    Selanjutnya dari sisi perawatan, kata Theo juga karena 90 persen sama dengan model sebelumnya maka interval penggantian sparepart tetap sama, sehingga cost pun tidak menjadi mahal.

    “Semuanya bisa berjalan dengan baik, dan kita layani dengan maksimal. Kita juga ada 108 outlet, 70 bengkel mitra Isuzu, dan 145 unit bengkel Isuzu berjalan,” ucapnya.

    Sementara itu, untuk melakukan pemeriksaan unit Euro IV, diperlukan ada diagnostic tools dan sudah tersebar di seluruh outlet Isuzu, di mana alat tersebut akan membantu memeriksa dan merawat unit konsumen.

    Baca juga  Keren, Nenek 82 Tahun Masih Doyan Ngebut Pakai Porsche 911 GT3 RS

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here