Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJadi Merek Mobil Mahal, Seberapa Laku BMW di Indonesia?

    Jadi Merek Mobil Mahal, Seberapa Laku BMW di Indonesia?

    Sudah bukan hal aneh jika BMW jadi salah satu brand premium yang dibilang harganya cukup mahal di pasar otomotif nasional. Namun begitu, merek mobil asal Jerman itu nyatanya punya kesan tersendiri di mata konsumennya di Indonesia.

    Bahkan, melalui BMW Group Indonesia selaku perusahaan yang menaungi merek mobil BMW dan MINI di Tanah Air, mereka mengklaim penjualan selama 2019 tumbuh 11 persen atau laku terjual 3.675 unit. Oia, jumlah tersebut gabungan dari merek BMW 2,943 unit dan MINI mencapai 732 unit MINI.

    Menurut President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, keberhasilan pertumbuhan BMW pada 2019, menjadi bukti bahwa BMW Indonesia telah memilih strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya meskipun ada sejumlah halangan.

    “Ini termasuk penurunan volume industri otomotif secara keseluruhan, perubahan peraturan, dan ketidakpastian yang disebabkan oleh pemilu,” ungkap Ramesh dalam pesan tertulis, Rabu (15/1/2020).

    Namun begitu, Ramesh tak menampik, kehadiran beberapa model baru mobil BMW seperti BMW X5 dan First Ever BMW X7, kemudian New BMW X3 sDrive20i dan New BMW X1 sDrive18i xLine juga menjadi pemicu, sehingga BMW mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan dari segi harga dan spesifikasi.

    Sementara itu, untuk merek MINI juga disebut tak kalah penting. Hal ini berkat peluncuran serangkaian model MINI edisi khusus, seperti MINI Ice Blue Edition dan MINI 60th Years Edition.

    Kesuksesan MINI di 2019 sendiri nyatanya mampu mengembangkan pasar di Indonesia dengan pertumbuhan penjualan sebesar 34,6 persen dibandingkan 2018.

    Usut punya usut, keberhasilan BMW dan MINI di Indonesia tak lain berkat beberapa hal lainnya, termasuk jaringan dealer yang tersebar di 18 lokasi dan kegiatan after sales.

    MINI

    Tahun ini, MINI akan menjangkau fans di Bandung dengan membangun showroom MINI yang menterjemahkan filosofi dan nilai dari brand MINI. MINI Showroom ini akan tampilkan desain yang ekspresif, suasana premium dan fun khas MINI.

    Nah berikut ini beberapa model BMW dan MINI yang cukup laris di Indonesia, yaitu:

    BMW

    BMW X3 terbaru mencatat pertumbuhan tertinggi dari semua model dengan peningkatan 119 persen dengan penjualan 265 unit, diikuti oleh BMW X5 terbaru yang terus perkuat posisinya dengan pertumbuhan hingga 114%, dengan total penjualan 327 unit.

    Tiga model terlaris BMW pada 2019 adalah BMW X1 dengan kontribusi 26 persen dari total penjualan, diikuti oleh BMW Seri 3 mencapai 24 persen dan BMW Seri 5 17 persen.

    MINI

    Penjualan MINI bahkan mampu mencetak rekor baru pada 2019, dimana merek mobil asal Inggris ini tercatat mampu memecahkan rekor karena laku 700 unit atau mencapai 34.6 persen dari periode yang sama di tahun lalu yang hanya 520  unit.

    Selain itu, MINI Countryman juga menjadi model yang cukup menyumbangkan penjualan meningkat tajam hingga 273 unit atau naik 46.8 persen dari 186 unit tahun sebelumnya. Sementara penjualan MINI 3-Door juga naik 32 persen dari periode sebelumnya menjadi 260 unit. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here