Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJaguar Land Rover Kini Bergabung Dengan Grup Indomobil

    Jaguar Land Rover Kini Bergabung Dengan Grup Indomobil

    Jaguar Land Rover (JLR) merek mobil premium ini sempat dikabarkan hengkang dari pasar otomotif nasional. Bahkan aktivitas ketiga merek mobil asal Inggris ini sejak 2020 sampai pertengahan 2021 tergolong sepi.

    Namun kabar hengkangnya JLR dari Indonesia rupanya hanya isapan jempol semata. Pasalnya, mereka hanya mengalami pergantian bendera dari PT Wahana Auto Ekamarga kini menjadi PT JLM Auto Indonesia sebagai distributor resmi kendaraan dan suku cadang JLR.

    Perlu diketahui, sebelumnya penjualan Jaguar dan Land Rover memang sempat ditangani PT Wahana Auto Ekamarga. Bahkan pergantian kepemilikan merek JLR  di Indonesia sempat terjadi sampai 2016 yang masih dioperasikan PT Grandauto Dinamika.

    Adapun saat ini PT JLM Auto Indonesia berada di bawah payung PT Indomobil Sukses Internasional atau dikenal dengan nama Grup Indomobil ditunjuk langsung oleh Jaguar Land Rover Asia Pacific dan berlaku mulai Agustus 2021.

    Menurut Managing Director JLR Asia Pacific Alistair Scott, penunjukan PT JLM Auto Indonesia sebagai distributor merupakan komitmen perusahaan untuk memperkuat kehadiran JLR di salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Pacific.

    “Bekerjasama dengan Inchcape, bisnis otomotif internasional terkemuka, dengan mitra lokal terbaik dan sangat dihormati menciptakan kombinasi sempurna dari keahlian distribusi, ritel, dan lokal,” ungkap Scott dalam keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021).

    Scott mengatakan, JLR Asia Pacific dan Indomobil Group merupakan perusahaan multinasional yang memiliki berbagi prinsip guna memberikan layanan pelanggan yang terbaik.

    “PT JLM Auto Indonesia, dengan jaringan lokal yang kuat, adalah mitra yang tepat untuk membangun warisan jangka panjang bagi Jaguar Land Rover,” jelas Scott.

    Sementara itu, Inchcape Motors sendiri memang turut andil dalam kemitraan ini karena diketahui sudah berpengalaman, lantara telah lama dan sukses menghadirkan JLR secara global dan di kawasan Asia-Pasifik.

    “Jaguar Land Rover dan Inchcape telah menjalin hubungan global yang kuat selama lebih dari lima dekade. Kami senang sekarang dapat memperluas hubungan ini ke Indonesia yang merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN dan bagian penting dari rencana ekspansi APAC Inchcape,” ucap Business Development Director, Asia di Inchcape Motors Pte Ltd dan Managing Director Inchcape Indonesia Khoo Shao Tze.

    Kata Khoo Shao Tze, bermitra dengan Indomobil Grup yang merupakan pembangkit tenaga otomotif mapan, membuat Inchcape berada dalam posisi terbaik untuk terus meningkatkan standar layanan bagi pelanggan Jaguar Land Rover, termasuk memperkenalkan jajaran model luar biasa mulai hari ini dan tahun-tahun mendatang.

    Dia juga mengatakan, Grup Indomobil merupakan pilihan tepat karena perusahaan ini dikenal sebagai produsen mobil dan kendaraan bermotor yang berlokasi di Jakarta, membawa jaringan yang luas dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan lokal Indonesia untuk kemitraan.

    Adapun menurut Presiden Direktur PT JLM Auto Indonesia Gerry C. Kertowidjojo, dirinya merasa terhormat memiliki kesempatan untuk meningkatkan distribusi dan layanan Jaguar Land Rover di Indonesia, di mana merek dan portofolio produk mewah tetap banyak dicari dan dicintai.

    “Menciptakan pengalaman yang akan disukai pelanggan seumur hidup adalah semangat merek kami, dan kami berkomitmen untuk memastikannya ada di setiap aspek perjalanan pelanggan,” tuturnya.

    “Kami pun secara berkelanjutan akan memperkenalkan berbagai inisiatif maupun kegiatan-kegiatan yang revolusioner dalam beberapa bulan mendatang, untuk memberikan pengalaman baru yang bermanfaat bagi semua pemilik dan calon pemilik Jaguar Land Rover di Indonesia,” sambung dia.

    Sedangkan menurut Network Development Director, JLR Asia Pacific. Royston Low, Indonesia adalah salah satu pasar mobil terbesar di kawasan Asia Pasifik, yang memiliki basis pelanggan dan pengikut merek kuat.

    “Ini adalah pasar yang penting bagi kami dan oleh karena itu, penting bagi kami untuk menemukan mitra yang tepat yang dapat membawa merek kami ke tingkat berikutnya. Setelah berbulan-bulan mencari, kami yakin kami telah menemukannya,” terang Royston.

    Strategi Jaguar Land Rover

    Konsumen yang ingin memiliki Jaguar Land Rover bisa dapat mengunjungi bengkel sementara yang berlokasi di Halim, Jakarta Timur, serta showroom dan workshop sementara di TB Simatupang pada September 2021.

    Meski disebutkan sementara, nantinya JLR diharapkan pada awal 2022, memiliki fasilitas khusus baru dengan luas 2.913 meter persegi dan dibangun sesuai dengan standar global Jaguar Land Rover, akan siap di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

    Di fasilitas ini, pelanggan dapat menelusuri delapan model mobil baru yang terdiri dari dua merek. Fasilitas baru akan dilengkapi untuk kategori kendaraan berdaya listrik JLR, menawarkan berbagai pilihan kepada pelanggan mulai dari mesin bensin dan mild hybrid hingga plug-in hybrid dan kendaraan listrik sepenuhnya.

    Sejalan dengan strategi global baru perusahaan, Reimagine, PT JLM Auto Indonesia berupaya mendorong konsep ulang kemewahan modern yang kaya akan keberlanjutan dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh Indonesia.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here