Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPSBB Jakarta Diperpanjang, Kendaraan Pribadi Bisa Angkut Satu Keluarga, Asal..

    PSBB Jakarta Diperpanjang, Kendaraan Pribadi Bisa Angkut Satu Keluarga, Asal..

    Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengumumkan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibukota diperpanjang. Adapun, Juni 2020 sebagai masa transisi untuk menuju aman, sehat dan produktif kembali. 

    Kendati demikian, melalui press conference di Balaikota, Jakarta, Kamis (4/6/2020), Anies juga mengatakan dalam masa transisi ini ada beberapa kegiatan yang kembali dibuka namun dengan penjadwalan.

    Selain itu, Anies menyatakan, untuk pergerakan mobilitas masyarakat yang menggunakan kendaraan umum atau pribadi baik mobil atau sepeda motor harus sesuai dengan protokol kesehatan. 

    “Kendaraan-kendaraan umum juga bisa beroperasi, dan kendaraan umum ini beroperasi dengan 50 persen kapasitas dengan menggunakan prinsip jaga jarak,” ungkap Anies yang juga bisa diakses secara langsung di YouTube Pemprov DKI Jakarta.

    Untuk kendaraan pribadi, kata Anies, sudah bisa dioperasikan secara penuh. Bahkan jika sebuah mobil berisi satu keluarga, maka bisa digunakan 100 persen. Hal ini juga berlaku pada sepeda motor diperbolehkan berboncengan dengan suami atau istri atau anak. 

    Artinya, berbeda dengan aturan saat PSBB sebelumnya, dimana pengendara mobil dan penumpangnya harus tetap menjaga jarak. Bahkan pengendara dan penumpang sepeda motor juga harus sesuai dengan KTP.

    “Kemudian taksi dan lain-lain beroperasi dengan protokol Covid-19, angkutan umum 50 persen kapasitas, MRT dan TransJakarta akan beroperasi jam normal dengan headway singkat tapi kapasitasnya per gerbong hanya 50 persen. Juga dengan stasiun dan halte tempat menunggu dibuat jarak antrian satu meter,” ucapnya. 

    Kendati demikian, Anies menuturkan bahwa masa transisi di fase 1 yang berakhir Juni akan dilakukan evaluasi kembali, apakah indikator tersebut menunjukan aman atau tidak. 

    “Bila aman, kita akan melanjutkan fase 2, tapi bila di tengah jalan ada masalah, seperti tanda merah, gugus tugas bisa menghentikan masa transisi. Artinya kembali seperti semula bila di tengah jalan menemukan angka yang mengkhawatirkan,” tuturnya.  

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here