Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJakarta Siapkan Sistem Integrasi Pembayaran untuk Transportasi Publik

    Jakarta Siapkan Sistem Integrasi Pembayaran untuk Transportasi Publik

    Transportasi umum menjadi alat mobilitas yang banyak digunakan masyarakat di Ibu Kota. Hal ini pula membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk berinisiatif menyiapkan transportasi massal yang mudah dan murah serta terintegrasi.

    Tak hanya dan jenis transportasinya saja yang dibuat, tetapi sistem pembayaran juga akan dilakukan dengan mudah dan terintegrasi.

    Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, alasan membuat karena penduduk Jakarta saat ini harus mengeluarkan biaya hidup yang cukup tinggi. Selain itu, dia mengatakan, tak hanya armadanya saja yang dikembangkan, tetapi juga tarif serta sistem pembayarannya yang sebisa mungkin harus bisa lebih efisien.

    “Dan salah satu komponen besar adah biaya transportasi. Ketika biaya transportasi bisa turun, maka rakyat kita bisa saving lebih banyak, bila mereka bisa saving lebih banyak, maka kemandirian mereka akan lebih tinggi,” ungkap Anies seperti dalam akun Youtube resmi Pemprov DKI 

    Untuk membuat hal ini Pemprov DKI Jakarta menggandeng sejumlah badan usaha milik daerah (BUMD), mulai dari PT MRT Jakarta (MRTJ), PT Transportasi Jakarta (TJ), dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bersama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

    Hasilnya, muncul penandatanganan Head of Agreement (HOA) Penyelenggaraan Sistem Integrasi Pembayaran Antar Moda Transportasi.

    Oleh karena itu, nantinya akan ada kolaborasi MRT, TransJakarta, Jakpro, dan MITJ akan menghasilkan integrasi pembayaran, dimana satu alat pembayaran dapat digunakan untuk berbagai moda transportasi. Hal itu dapat memudahkan masyarakat mengakses dan mendorong penggunaan transportasi publik lebih banyak lagi. 

    Anies juga berharap dengan adanya integrasi pembayaran, maka hal ini mewujudkan subsidi tepat sasaran, sehingga tarif lebih ekonomis dan pengguna moda transportasi umum di Jakarta jumlahnya akan meningkat.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here