Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJalanan Kosong Saat PSBB Bukan Berarti Aman Untuk Kebut-kebutan

    Jalanan Kosong Saat PSBB Bukan Berarti Aman Untuk Kebut-kebutan

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang merupakan kebijakan pemerintah di tengah pandemi virus corona memang membuat kondisi jalanan tak sepadat seperti biasanya.

    Lebih lengang, begitulah kondisi sejumlah jalanan. Apalagi jika saat malam hari dan juga akhir pekan. Hal ini pula membuat sejumlah pecinta kecepatan rupanya memanfaatkan jalan raya yang kosong.

    Nah, jika melihat kondisi jalanan saat PSBB, maka bukan berarti OLXer dapat memanfaatkannya dengan membejek pedal gas mobil untuk menguji akselerasi mobil atau balapan liar.

    Sebab menurut Direktur SDCI Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, jalanan tol yang kosong memang enak untuk menguji mobil, apalagi semasa PSBB yang sepi. Hanya saja, kebut-kebutan di jalan raya atau jalan tol merupakan tindakan yang tidak bijak karena sangat beresiko.

    “Karena kalau dia punya SIM (Surat Izin Mengemudi) harusnya dia sudah tahu peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini Polisi ya. Jadi ketika dia ngebut dia pikir itu sepi, justru di situlah bahayanya tinggi,” ungkap Sony saat video conference beberapa waktu lalu.

    Kata Sony, meski kondisi jalanan sepi, sebaiknya pengemudi tetap bijak menyesuaikan kecepatan dengan aturan lalu lintas yang berlaku, baik di jalanan perkotaan yang memiliki banyak gang, masyarakat berlalu lintas, sepeda motor, serta jalanan bebas hambatan.

    “Artinya ketika sepi, jangan pernah merasa aman lah,” ucapnya.

    Sony mengatakan, jalanan sepi atau kosong akan sangat beresiko terjadinya kecelakaan jika melakukan kebut-kebutan.

    Ya, pakar keselamatan berkendara ini juga menyebutkan, bahwa selama PSBB ini beberapa kendaraan dengan performa tinggi mengalami kecelakaan tunggal karena kehilangan kendali, mulai dari sosok mobil mewah BMW dengan plat nomor B 8587 YV, lalu Nissan GTR, kemudian terakhir sebuah hypercar McLaren MP4-12C.

    Parahnya, kecelakaan mobil-mobil mahal tersebut terjadi di jalur tol Jagorawi selama PSBB berlangsung.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here