Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsJangan Asal Membersihkan Kaca Film, Ada Aturannya!

    Jangan Asal Membersihkan Kaca Film, Ada Aturannya!

    News.OLX.co.id – Kebanyakan pemilik mobil memandang kebutuhan akan kaca film yang tertempel di seluruh panel kaca yang ada di mobil hanya untuk menjaga privasi. Asal gelap dan tidak kelihatan dari luar dianggap sudah cukup.

    Padahal fungsi utama adanya kaca film lebih dari itu. Kaca film berfungsi untuk menahan panas yang masuk ke dalam kabin dan membuatnya sejuk, sehingga mobil nyaman untuk dikendarai.

    Sampai disini, akhirnya pemilik mobil banyak yang lupa untuk tetap menjaga kaca film bisa terus menjalankan fungsinya dengan baik. Merawat kaca film dianggap bukan sebuah hal yang penting, padahal pemikiran tersebut salah besar.

    Kaca film kalau tidak dirawat akan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman saat berkendara. Bisa saja kotor bahkan terjadi flek yang susah hilang dan mengganggu pandangan saat berkendara.

    Tips Merawat Kaca Film

    Merawat kaca film bisa dilakukan sendiri, tapi hal yang paling utama adalah detail saat melakukan pemasangan pertama. Ini adalah kunci utama sebuah kaca film, apapun mereknya, bisa memberikan kinerja yang optimal.

    Dengan proses pemasangan yang benar, rapi dan sesuai prosedur, risiko kaca film untuk rusak akan sangat kecil kemungkinannya. 

    Jadi hal yang paling benar untuk dilakukan adalah memilih produk kaca film terbaik serta dikerjakan sepenuhnya oleh tenaga ahli. Hal ini untuk menghindari timbulnya gelembung udara di permukaan antara kaca film dan kaca mobil. Sekaligus untuk memastikan pinggiran kaca film melekat dengan kuat sehingga tidak mudah mengelupas. 

    Jika langkah awal ini sudah benar dan sesuai harapan, tidak ada gelembung dan melekat dengan kuat, tinggal bagaimana menjaga kondisi kaca film tersebut tetap awet dan terawat sebagaimana mestinya.

    Terkait soal perawatan kaca film, ini bisa dilakukan sendiri dengan cara yang cukup sederhana. Namun balik lagi, merawat dan membersihkan kaca film tidak bisa juga secara asal dan sembarangan.

    Tidak bisa disamakan dengan membersihkan permukaan kaca biasa, yang akan membuat kaca menjadi kinclong dan jernih menggunakan glass cleaner, sebaliknya untuk membersihkan kaca film harus menghindari penggunaan cairan pembersih kaca karena kandungan kimia yang terdapat di cairan pembersih tersebut sangat kuat untuk menggerus permukaan kaca film dan berpotensi merusaknya.

    Untuk membersihkan kaca film yang kotor karena debu atau bekas tangan, cukup dengan mencucinya dengan air biasa kemudian di lap menggunakan kain microfiber.

    Menyeka permukaan kaca film juga harus dilakukan dalam gerakan searah agar tidak baret. 

    Jika ada kotoran yang menempel, gunakan kain chamois atau kanebo serta air secukupnya. Setelah terangkat, bersihkan kembali menggunakan kain microfiber. Pastikan permukaan kaca film sudah kering sehingga tidak ada noda air yang ujung-ujungnya akan menimbulkan jamur.

    Kalau kotoran yang menempel tersebut susah terangkat dengan cara di atas tadi, boleh dibantu menggunakan shampoo dengan ph balance atau minim kandungan kimia berbahaya. 

    Proses pengerjaannnya sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggunakan air dan kanebo. Setelah terangkat langsung bilas dan keringkan permukaan kaca film menggunakan kain microfiber.

    Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada bagian karet di bagian kaca jendela yang biasa dinaik-turunkan. Pastikan tidak ada kotoran di sela-sela karet tersebut dengan cara di lap pakai kain microfiber. Hal ini untuk menghindari kaca film rusak saat jendela dioperasikan. 

    Terakhir, hati-hati saat membawa benda tajam ke dalam kabin mobil, jangan sampai menggores permukaan kaca film tersebut.

    Buat kalian pemilik mobil Toyota, untuk urusan pemasangan kaca film bisa dipercayakan ke Auto2000. Karena main dealer terbesar Toyota ini menjamin ketersediaan kaca film yang kualitasnya terjamin serta proses pemasangan yang sangat rapi dan detail. 

    Apalagi saat ini Auto2000 punya promo pemasangan kaca film yang bisa dimanfaatkan melalui menu AKSESORIS via Auto2000 Digiroom

    Untuk biaya pemasangan kaca film di Toyota Rush yang normalnya harus bayar Rp 6.380.000, di diskon menjadi Rp 5.742.000. Sementara untuk Toyota Calya harga normal Rp 6.241.400, di diskon menjadi Rp 5.618.000.

    Toyota Rush

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here