Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsJangan Asal Pasang Busi Jika Tak Ingin Terjadi Masalah, Begini Cara yang...

    Jangan Asal Pasang Busi Jika Tak Ingin Terjadi Masalah, Begini Cara yang Benar

    OLXer tau tidak apa itu busi? Pada dasarnya busi jadi salah satu komponen paling vital pada sebuah kendaraan motor dan mobil bermesin bensin. Sebab, meski bentuknya yang mungil, tanpa busi mustahil mesin akan menyala.

    Ya, fungsi busi menjadi pemantik munculnya percikan listrik yang akan memicu efek ledakan dari campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.

    Namun OLXer harus tau, bahwa pemasangan busi tak boleh asal-asalan. Tanpa pengetahuan proses pemasangan busi yang benar akan berujung masalah.

    Oleh karena itu, wajib diketahui cara pemasangannya agar fungsi busi bisa bekerja dengan baik dan optimal. Nah, mumpung lagi di rumah aja, berikut tahapan pasang busi yang baik dan benar seperti disarankan busi NGK:

    Pertama, harus diperhatikan adalah tingkat kekencangan, karena pemasangan busi dengan nilai torsi yang tidak tepat (terlalu kencang atau terlalu kendor) dapat berakibat sangat fatal pada busi.

    Sebagai contoh, apabila memasang busi terlalu kencang dapat mengakibatkan ulir busi rusak yang tentunya akan mengakibatkan busi nantinya akan sulit untuk dilepas kembali.

    Bagian center electrode hingga terminal nut pun tidak luput dari resiko kerusakan apabila kita tidak memasang busi dengan tingkat kekencangan yang tepat sehingga akan mempengaruhi fungsi busi hingga performa mesin kendaraan.

    Rekomendasi tingkat torsi kekencangan pemasangan busi ditentukan oleh 3 hal, yaitu:

    – Tipe busi yang menggunakan gasket atau tanpa gasket

    – Ukuran diameter ulir busi

    – Tipe kepala silinder mesin yang menggunakan cast iron atau aluminium.

    Berikut ini adalah table rekomendasi standar torsi kekencangan dalam pemasangan busi berdasarkan 3 hal penentu di atas:

    Kedua, penggunaan kunci busi dengan ukuran yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan hexagonal busi. Hal ini perlu diperhatikan karena, penggunaan ukuran kunci busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat mengakibatkan kunci busi tersangkut sehingga dapat menggagalkan proses pemasangan atau pelepasan busi. Jika tidak memungkinkan menggunakan kunci torsi yang sesuai maka metode penggunaan sudut derajat pengencangan sudah mampu mewakili.

    Ketiga, pastikan mesin kendaraan sudah berada pada kondisi mati dalam jenjang waktu beberapa saat sebelum melepas dan memasang busi agar sifat logam pada busi maupun kepala silinder sudah stabil sehingga tidak memicu adanya kerusakan pada kedua komponen tersebut.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here