Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    InformasiModifikasiJangan Asal Pasang, Ini Fungsi Spoiler Mobil yang Bukan Cuma Pemanis

    Jangan Asal Pasang, Ini Fungsi Spoiler Mobil yang Bukan Cuma Pemanis

    Pemilik mobil terkadang tidak mengetahui seluk beluk tunggangannya, termasuk nama atau fungsinya untuk apa. Namun begitu, mereka selalu ingin memiliki mobil dengan varian tertinggi, agar terlihat lebih keren dan berbeda.

    Nah, dari sekian banyak bagian-bagian mobil, ada salah satu yang ternyata masih kurang diketahui oleh si pemilik, yaitu Spoiler. Ya, spoiler mobil kini semakin jamak ada pada mobil-mobil baru.

    Tidak hanya itu, keberadaan spoiler mobil juga memang kerap mempercantik tampilannya, khususnya pada bagian belakang. Alhasil, jika tanpa spoiler, maka bila dilihat-lihat secara seksama, pantat mobil justru jadi terasa tepos.

    Namun yang perlu OLXer ketahui soal spoiler mobil, bagian tersebut mempunyai fungsi tersendiri yang sangat bermanfaat. Mau tahu penjelasan spoiler? Lihat uraiannya di bawah ini.

    Fungsi spoiler mobil

    Spoiler mobil belakang
    Tampak spoiler belakang mobil. (Shutterstock)

    Banyak yang menilai, bahwa spoiler mobil berfungsi sebagai ornamen aksesoris tambahan agar lebih berestetika sehingga mobil jadi lebih terlihat sporty.

    Namun fungsi spoiler mobil sejatinya bukan sekadar hiasan atau pemanis. Mau tahu apa fungsinya lihat penjelasan di bawah ini.

    Pertama, fungsi spoiler di dunia otomotif sangat berkaitan dengan rancang untuk mempengaruhi aerodinamika pada mobil agar meningkatkan performa mobil saat melaju di kecepatan tinggi.

    Ya, berkat spoiler dengan lekukannya, maka mobil dapat menciptakan gaya turun (downforce) atau tekanan ke bawah pada saat mobil melesat dengan kecepatan tinggi, sehingga komponen ini dapat mengurangi gaya angkat (lift).

    Kedua, spoiler mobil juga berguna untuk meningkatkan sistem pengendalian mobil. Dengan adanya downforce, maka dapat menghindari mobil jadi melayang, mempertahankan ban tetap menempel di jalan dan laju mobil stabil.

    Sebaliknya, jika mobil menjadi melayang, maka bukan tak mungkin dapat menyebabkan kecelakaan. Kita juga tak bisa memastikan, ketika di jalan raya, meski tak ngebut namun angin kencang bisa saja terjadi.

    Ketiga, untuk mobil MPV, SUV, dan Hatchback, spoiler mobil dapat berfungsi untuk menangkis, mengurangi debu, pasir kecil, atau air hujan yang dapat menempel pada kaca belakang akibat turbulensi udara.

    Perbedaan Spoiler dan Wing

    Wing Mobil
    Wing atau sayap mobil belakang. (Shutterstock)

    Spoiler pada mobil kerap juga disebut sebagai sayap atau wing. Namun faktanya, meski terlihat sama apalagi yang berada di posisi belakang, akan tetapi keduanya bagian tersebut berbeda.

    Seperti yang disebutkan di atas, inti dari sebuah spoiler mobil dapat menciptakan downforce dan mengurangi lift saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi.

    Sedangkan wing sendiri biasanya diterapkan pada mobil yang memiliki performa tinggi, seperti mobil balap. Ya, wing memang sengaja dirancang sesuai dengan desain mobil, sehingga secara desain, bentuknya berbeda-beda mobil yang satu dan lainnya.

    Bahan spoiler

    pembuatan spoiler mobil
    Ilustrasi pembuatan spoiler belakang berbahan fiber. (Shutterstock)

    Spoiler memang terlihat sama bentuk. Akan tetapi jika dilihat secara seksama ternyata tetap berbeda tergantung dari jenis mobilnya. Selain itu, harga spoiler untuk mobil satu dan lainnya juga tak sama, karena dipengaruhi dari material atau bahan yang digunakan.

    Ya, untuk membuat spoiler mobil ternyata material yang digunakan bermacam-macam, mulai dari bahan yang termurah sampai termahal.  

    Seperti bahan plastik polyurethane, lalu ada juga berbahan fiberglass yang banyakan dijual di aftermarket, serta serat karbon. Namun OLXer juga perlu tahu, ada juga yang melakukan penelitian untuk membuat spoiler mobil dengan material serbuk kayu.

    Untuk material plastik, biasanya memiliki jenis biasa dan Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS). Konon untuk spoiler biasa, harganya lebih murah dan mudah pecah, sebaliknya untuk spoiler ABS lebih kuat dan mahal. Namun begitu, bahan plastik ini memang lebih lentur, ringan serta tahan lama.

    Sementara bahan fiber cukup popular karena harganya bisa dibilang terjangkau. Akan tetapi spoiler bermaterial fiber dengan tekstur berserat ini kerap dianggap lebih mudah pecah, meski hanya sekedar terkena benturan.

    Sedangkan spoiler berbahan serat karbon memang ringan dan kuat. Hanya saja jika bicara harga, spoiler karbon dibanderol cukup mahal. Tak heran kan, spoiler carbon kerap ditemui di mobil-mobil balap dan mobil super.

    Jenis Spoiler Mobil

    spoiler depan
    Salah satu bentuk spoiler depan. (Shutterstock)

    Seperti disebutkan di awal, tak semua pemilik mobil mengetahui seluk beluk mobilnya. Termasuk jenis spoiler mobil.

    Ya, kebanyakan orang hanya mengetahui spoiler mobil yang ada di belakang, padahal spoiler juga ada yang dipasang di depan. Bagaimana bentuknya? Tentu saja berbeda. Nah, secara umum spoiler mobil yang kita kenal biasanya hanya belakang dan depan.

    Spoiler Belakang (Rear Spoiler)

    Untuk spoiler belakang biasanya menempel di atas belakang mobil, atau atas pintu bagasi mobil. Spoiler belakang juga kerap disebut spoiler atap (roof spoiler).

    Adanya maka mampu menahan gaya lift-up atau gaya dorong ke atas di bagian belakang yang timbul ketika mobil  dipacu dengan kecepatan tinggi.

    Spoiler Depan (Front Spoiler)

    Untuk spoiler tentu adanya di bagian depan mobil. Biasanya dipasang di bagian bawah bumper depan untuk lebih mendekatkan jarak bodi ke tanah.

    Keberadaan spoiler depan juga dapat mengurangi hambatan yang dapat dibuat spoiler belakang. Dengan adanya spoiler depan memperkecil aliran udara dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi mengurangi potensi limbung akibat mobil sedikit terangkat.

    Maka dari itu, jika menggunakan spoiler belakang, harus diimbangi dengan spoiler depan.

    Alasan jangan asal pasang spoiler mobil

    Spoiler belakang
    Ilustrasi bentuk spoiler dan wing mobil bagian belakang. (Shutterstock)

    Jika OLXer ingin mobilnya terlihat indah dan lebih sedap dipandang, sebaiknya jangan asal-asalan melakukan penambahan aksesoris atau variasi mobil.

    Sebaliknya bertanya terlebih dahulu di bengkel fungsi dan manfaat sebuah spoiler. Sebab, spoiler bawaan pabrik dan aftermarket biasanya bisa beda peruntukannya.

    Hal ini juga berlaku pada penggunaan spoiler. Kenapa? Karena sejatinya untuk memasang spoiler harus dilakukan di dua tempat, depan dan belakang.

    Lalu bagaimana hanya di satu bagian saja? Hal ini bisa berisiko mobil menjadi tidak stabil seperti lari ke kanan dan ke kiri pada kecepatan tinggi.

    Tidak hanya itu, untuk memasang spoiler juga harus menggunakan perekat yang kuat. Alasanya, jika pemasangan spoiler sangat lemah, bukan tak mungkin lama kelamaan akan copot dan terlepas, sehingga sangat membahayakan pengendara yang ada di belakang kita.

    Oia, pemasangan spoiler juga harus disesuaikan dengan mobil yang kita gunakan. Sebab, jika asal pasang, maka bukan tak mungkin spoiler mobil yang kita pakai ternyata tidak cocok dan aneh.

    Oleh karena itu, jika mobilnya belum memiliki spoiler, maka pastikan spoiler mobil yang dipilih sudah sesuai standar pabrikan, lakukan di bengkel berpengalaman, serta pilih spoiler asli untuk menjamin kekuatan dan garansinya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here